web analytics

Konsultasi

Jus Tomat untuk Anak


  Diposting tgl: 2 December 2012

  Pertanyaan

Anak saya baru umur 1.5 th, pernah mengalami susah BAB terus dikasih jus tomat dengan cara direbus dan disaring airnya+ gula sedikit. BAB nya mau lancar, apakah ada efek samping kalu jus ini diberikan setiap harinya kurang lebih 1 gelas?? Saya tunggu tanggapanya dok. Terima kasih dok.

(Kadek, Denpasar)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Kadek yang baik,

Buah tomat selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin A. Kelebihan vitamin C akan dikeluarkan dari tubuh, jadi biasanya tidak ada efek sampingnya. Berbeda halnya dengan Vitamin A. Vitamin A yang berlebih dapat menimbulkan hypervitaminosis A yang berakibat kurang baik bagi kesehatan.

Walaupun buah dan sayur itu sangatlah baik bagi kesehatan tubuh kita, tetapi perlu diingat bahwa semua makanan akan bermanfaat bagi tubuh kita bila diberikan secukupnya.

Semua yang berlebih ataupun berkekurangan akan berakibat tidak baik. Maka sebaiknya sayur maupun buah diberikan secara bervariasi dengan jumlah yang secukupnya.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.