web analytics

Konsultasi

Kelainan Jantung Anak


  Diposting tgl: 11 January 2013

  Pertanyaan

Anak saya mengalami kelainan jantung dok sejak lahir, setelah di Echo kardiograph, kelainan anak saya adalah PS, ASD dan VSD, tetapi kulitnya tidak biru, badannya sehat, hanya kadang-kadang muntah. Saya bawa ke RSUD Dr. SOETOMO setiap tiga bulan, tetapi tidak pernah dikasih obat. Bagaimana menurut dokter?

(Muhammad Salam, Gresik)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Bapak Muhammad Salam yang baik,

Pada pulmonary stenosis (PS), bila penyempitan katub jantungnya cukup berat maka biasanya akan menyebabkan biru pada jari-jari, bibir dan wajah. Kecuali bila penyempitannya ringan maka tidak akan terlalu menyebabkan masalah berarti. Untuk ASD dan VSD yang berukuran kecil, terkadang masih dapat menutup dengan sendirinya. Tetapi yang berukuran besar perlu dilakukan tindakan operasi karena dapat menyebabkan kegagalan jantung.

Memang seharusnya Bapak membawa anak Bapak berkonsultasi dengan dokter spesialis anak – ahli jantung (Pediatric Cardiologist).

Bapak dapat mengirimkan scan dari hasil echocardiography terakhirnya, sehingga saya dapat analisa lebih mendalam dan dapat membantu memberikan saran untuk penanganan selanjutnya.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.