web analytics

Ketiak Anda Hitam? Ketahui Sebab dan Cara Menghilangkannya

Ketiak hitam, tidak indah bukan? Banyak orang, khususnya kaum wanita, merisaukan ketiak mereka yang berwarna hitam. Untuk memutihkan atau mencerahkan kembali ketiak Anda, Anda harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab

Berikut adalah tiga penyebab ketiak berwarna hitam:

1. Mencabut dan mencukur bulu ketiak

Penelitian telah membuktikan bahwa mencabut dan mencukur bulu atau rambut ketiak adalah penyebab utama ketiak menghitam. Kulit di ketiak sangat tipis dan sensitif. Setiap kali Anda mencukur atau mencabut bulu ketiak, Anda menyebabkan lecet mikro. Luka ini akan membuat kulit berwarna gelap setelah sembuh. Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tapi cobalah Anda siramkan alkohol di ketiak Anda setelah mencabut atau mencukur. Kulit ketiak Anda pasti terasa sakit membakar karena lecet. Mencukur bulu ketiak juga dapat menyebabkan folikel rambut membesar, sehingga ketiak Anda menjadi kasar seperti kulit ayam. Sedangkan mencabutinya akan menarik akar rambut, meninggalkan bekas pecah dan bengkak.

2. Kehamilan

Setelah melahirkan, kulit di ketiak dan beberapa bagian tubuh lain seperti leher, perut, dan pinggang dapat berwarna gelap. Hal ini normal karena aktivitas hormon di tubuh Anda saat sedang hamil memungkinkan pelepasan terlalu banyak melanin (pigmen coklat yang menentukan warna kulit) sehingga kulit di beberapa bagian tubuh itu mengalami hiperpigmentasi atau menjadi hitam. Hiperpigmentasi ini tidak bisa dihindari, namun umumnya akan menghilang dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

3. Penyebab lain

Beberapa deodoran dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit yang mengakibatkan kulit ketiak menghitam. Ada juga penyebab lain yang kurang umum, seperti jamur dan asma kulit. Kegemukan juga dapat memperburuk pigmentasi dan menggelapkan beberapa daerah tubuh, termasuk tengkuk, ketiak, dan belakang lutut.

Cara Memutihkan ketiak

1. Pencegahan

Agar ketiak Anda tidak berwarna hitam, langkah pertama adalah menghindari penyebabnya. Ahli kulit menyarankan tindakan pencegahan termasuk membasahi atau melembabkan kulit sebelum mencukur. Jangan mencabuti bulu ketiak Anda. Menghilangkan rambut dengan metode waxing atau sugaring lebih disarankan. Bila Anda memiliki alergi terhadap deodoran tertentu, hentikan pemakaiannya.

2. Perawatan profesional

Bila ketiak Anda sudah berwarna hitam karena sebab lain di luar kehamilan, langkah terbaik adalah mengunjungi dokter kulit Anda. Anda perlu seorang ahli untuk mengetahui apa yang menyebabkan ketiak Anda menghitam dan cara paling efektif untuk memutihkan nya. Pengupasan (peeling) adalah salah satu perawatan yang biasanya dilakukan oleh dokter kulit. Dalam terapi tersebut, lapisan luar kulit ketiak dilepaskan/dikupas. Setelah itu, Anda harus mengoleskan bahan pemutih di ketiak setiap malam di rumah.

Beberapa orang langsung menggunakan bahan pemutih sendiri di rumah tanpa melalui pengupasan. Hal ini tidak dianjurkan ahli kulit karena kurang efektif. Selain itu, jenis pemutih yang diresepkan oleh dokter kulit biasanya lebih kuat dan sesuai kebutuhan Anda dibandingkan dengan yang tersedia bebas di pasaran.

3. Perawatan alami

Ada pengobatan rumah tertentu yang dapat menghilangkan atau setidaknya memudarkan warna hitam ketiak. Jika Anda ingin menggunakan pemutih alami yang murah, Anda dapat menggunakan pepaya mentah atau jeruk nipis. Selain kaya vitamin C, bahan-bahan itu dapat bekerja untuk mengontrol keringat dan meregenerasi kulit. Tapi gunakanlah dengan hati-hati karena dapat mengiritasi kulit beberapa wanita:

  • Ambil pepaya yang tidak terlalu masak (mengkal), lalu parutlah sampai halus.  Terapkan parutan di ketiak Anda setiap selesai mandi dan biarkan untuk beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Sifat dan kandungan unik pepaya menjadikannya sebuah pemutih alami.
  • Iris jeruk nipis, buang bijinya. Gosokkan ke ketiak setiap kali Anda setiap selesai mandi. Lalu bilaslah dengan air bersih setelah beberapa menit. Untuk efek yang lebih baik, Anda bisa mencampur irisan jeruk nipis dengan bubuk tawas dan madu. Tawas, sebagaimana kita ketahui, adalah pemutih kulit alami.
  • Alternatif lainnya, Anda bisa memeras jeruk nipis. Campurkan 1 sdt jeruk nipis dengan 1 sdt jus mentimun dan sejumput bubuk kunyit. Campurkan ketiganya untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada ketiak Anda menjadi masker dan bilas setelah 20 menit.

image: source

Artikel/Konsultasi Terkait


3 Komentar

  1. nanda
    15 February 2011    

    eemt,,adha gug cara menghilangkan rambut di ketiak tp menggunakan bahan yg alami.+memutihkannya.tlong krim jwbannya di nanda.ndut27@yahoo.com

  2. 27 April 2011    

    Memang kt malu dgn ketiak hitam. sy kongsi petua keluarga sy menggunakan tawas. sekarang sudah ada tawas dlm btk cecair dan 100% dijamin bagus.sy salah satu penggunanya.cuba laman ni

  3. ningsih
    5 May 2011    

    Ada cara aman gak ya untuk membuat kulit wajah nampak halus &putih ?

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Diracta - 60 harga produk
    60ribu
    Diracta