web analytics

Penyakit Menular Seksual

Kutil Kelamin


  Diposting tgl: 26 April 2012

Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin berbentuk datar atau menonjol dengan tangkai (pedunkulata) seperti kembang kol, biasanya tumbuh pada alat kelamin dan daerah sekitar dubur.

Virus HPV penyebab kutil terdiri dari beberapa subtipe. Beberapa subtipe lebih sulit diberantas daripada yang lain dan ada pula yang berhubungan dengan perkembangan lesi serviks dan kanker alat kelamin. Penyakit ini terutama mempengaruhi anak muda berusia 20-an.

Nama Lain : Kondiloma, kondiloma akuminata, jengger ayam.

Gejala

Kutil kelamin muncul sekitar 2-4 minggu setelah infeksi, tetapi seringkali perlu beberapa bulan sampai terlihat nyata. Kutil biasanya tidak menyakitkan, tetapi dapat menyebabkan gatal-gatal. Penampilan kutil bervariasi, dari benar-benar datar sampai kasar seperti kembang kol. Kutil bisa begitu datar sehingga tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi dapat menyebabkan nyeri dan gatal. Mereka dapat muncul secara sendiri-sendiri atau berkelompok. Pada pria, kutil kelamin biasanya muncul di penis atau di bawah kulup. Kutil kelamin juga dapat muncul di dalam uretra, biasanya hanya pada meatus uretra (pembukaan uretra di kepala penis). Pada wanita, kutil kelamin terlihat pada vagina, labia atau uretra. Baik pada pria maupun wanita, kutil dapat muncul pada rektum dan daerah sekitarnya.

Diagnosis

Seringkali kutil kelamin mudah terlihat dengan mata telanjang. Untuk deteksi kutil yang tidak terlihat, dokter menggunakan larutan asam asetat encer yang diterapkan pada kulit. Daerah yang memiliki kutil kelamin akan menjadi nyata berwarna keputih-putihan. Larutan yang sama juga digunakan dalam skrining kanker serviks yang dikenal sebagai IVA  (inspeksi visual asam asetat).

Cara Penularan

Kutil kelamin ditularkan terutama melalui hubungan seksual. Dalam kasus yang jarang, penularan dapat terjadi secara tidak langsung setelah menggunakan handuk yang terkontaminasi. Bayi juga dapat terinfeksi selama proses kelahiran.

Pengobatan

Kutil kelamin lebih mudah untuk  dihapus ketika masih kecil dan sedikit. Pengobatan yang utama adalah dengan podophyllotoxin. Dalam kasus yang membandel, dokter merujuk Anda ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin yang dapat menghilangkan kutil kelamin dengan operasi, pembekuan atau perawatan laser. Pasien transplantasi organ dan pasien imunosupresi lainnya yang memiliki kutil kelamin dan kutil lainnya harus menghubungi dokter, karena kutil pada kelompok pasien ini harus ditangani secara agresif untuk mencegah menjadi keganasan (kanker).

Prognosis

Jika Anda pernah terinfeksi kutil kelamin, kadang-kadang kutil dapat muncul kembali setelah pengobatan. Namun, hal ini jarang terjadi. Jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin belum tentu sama dengan jenis (subtipe) HPV yang berkembang menjadi  kanker. Namun, vaksin dapat efektif mencegah kutil kelamin maupun kanker.

Pencegahan

Pencegahan kutil kelamin dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
  • Bila Anda mencurigai pasangan memiliki kutil kelamin, gunakan kondom. Kondom melindungi dari kutil kelamin. Jika ragu, hubungi dokter Anda untuk memeriksa dan merawat Anda dan / atau pasangan Anda.
  • Hindari mencukur daerah intim. Mencukur kutil kelamin dapat menyebarkannya ke area yang jauh lebih besar di kulit.
  • Dapatkan vaksinasi. Vaksin dapat melindungi terhadap dua jenis virus yang paling umum menyebabkan kutil kelamin (HPV 6 dan 11) dan kanker leher rahim (HPV 16 dan 18). Vaksin ini sekarang tersedia luas di klinik dan rumah sakit. Pria juga dapat divaksinasi untuk mencegah kutil kelamin dan melindunginya terhadap kanker yang disebabkan oleh HPV.

Efek Kehamilan

Kutil kelamin tidak menyebabkan komplikasi kehamilan.