web analytics

Konsultasi

Leher Bayi Kemerahan


  Diposting tgl: 20 November 2012

  Pertanyaan

Selamat Pagi Docter, saya mau tanya, anak saya yang pertama sewaktu bayi, pada lehernya muncul merah-meah yang menimbulkan bau, seperti kurang ada udara yang masuk pada daerah leher tsb. Apakah ada bakat alergi atau karena memang kondisinya yang gemuk sehingga udara sulit masuk pada daerah tsb? Apakah ada solusi, atau ada obat yang dapat mengobatinya? Karena ini juga dialami oleh adiknya yang berat badannya sama dengan Kakak sewaktu bayi. (Umur 4 bln, berat BB : 8 Kg.)

Saya mohon saran dari docter. Atas jawaban & saran tsb saya ucapkan terima kasih.

(Yustika, Riau)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Yustika yang baik,

Sayang sekali Ibu tidak mengirimkan foto bercak-bercak merah pada leher bayi Ibu, karena untuk penyakit di kulit – penting bagi dokter untuk melihat jenis bercak-bercaknya (minimal dari foto) untuk dapat menentukan jenis penyakitnya.

Secara umum bercak-bercak merah pada leher dapat disebabkan infeksi ataupun reaksi alergi. Sementara Ibu perlu sering membersihkan daerah lehernya dengan air hangat, dan setelah itu harus dikeringkan.

Bila tidak ada perbaikan yang berarti, Ibu sebaiknya membawa bayi Ibu ke spesialis kulit untuk mendapat pemeriksaan langsung dan diberikan pengobatan yang sesuai.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.