web analytics

Konsultasi

Lendir di Hidung


  Diposting tgl: 9 December 2012

  Pertanyaan

Anak saya berusia 4 bulan di hidung kayak ada lendir (bukan ingus) ketika hawa dingin atau ketika tidur sering terdengar, atas jawabannya disampaikan terima kasih.

(Istiasih, Mojokerto)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Istiasih yang baik,

Kemungkinan anak Ibu menderita alergi hidung (allergic rhinitis) ataupun vasomotor rhinitis. Bila pencetusnya adalah suhu yang dingin, maka suhu kamar perlu diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlalu dingin. Bila di kamar menggunakan AC / kipas angin, maka perlu sering dibersihkan – minimal 3 bulan sekali. Pada usia tsb sebaiknya tetap diberikan ASI eksklusif, karena susu formula dari sapi sering pula menyebabkan gejala alergi. Untuk membersihkan kamar/rumah, sebaiknya menggunakan cara basah, jadi langsung dilap basah agar debu tidak berterbangan di kamar.

Selalu diusahakan waktu memberikan minum/susu, posisi kepala lebih tinggi dari badan , dan perlu disendawakan sekitar 10 menit setiap kali sehabis minum susu.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.