Konsultasi

Madu untuk Bayi


  Diposting tgl: 29 Desember 2012

  Pertanyaan

Selamat sore dok

Dok, saya mau tanya, apakah madu itu baik untuk bayi, dan apa manfaatnya?

(Fallah Cinthiani, Jakarta)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Fallah Cinthiani yang baik,

Sebenarnya kandungan madu adalah sangatlah baik. Tetapi mengingat kemungkinan terjadinya infeksi karena kuman Clostridium botulinum akibat mengkonsumsi madu yang tidak diolah atau dikemas dengan baik, maka tidak dianjurkan pemberian madu pada bayi / anak kecil.

Gejala klasik botulism ini berupa penglihatan menjadi kabur, kelopak mata tertutup, bicara tidak jelas, sulit menelan, mulut kering, kelemahan otot. Sedang pada bayi biasanya terlihat lemah, kurang mau minum susu, sulit BAB, menangis lemah, kekuatan otot menurun. Hal ini disebabkan kelumpuhan otot karena racun/toxin dari bakteri tsb. Jika tidak ditangani dengan segera, maka dapat berlanjut dengan kelumpuhan otot pernapasan, tangan, kaki dan badan dan akan berakibat fatal.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.