web analytics

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Berbicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpendapat bahwa kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Kopi, asalkan dikonsumsi secara bijak, sebenarnya justru bermanfaat bagi kesehatan. Apa pun, bukan hanya kopi, bila dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik.

Manfaat Kopi

'Coffee Club' photo (c) 2009, anthony_p_c - license: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

  • Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
  • Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
  • Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
  • Penyakit Parkinson. Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.
  • Penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. ¬†Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
  • Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Efek Negatif Kopi

Namun demikian, kopi juga memiliki efek negatif. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk–misalnya karena kekurangan tidur– disarankan agar konsumsinya disebar sepanjang hari.

Riset mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam. Tetapi, untuk amannya ibu hamil disarankan tidak minum lebih dari satu cangkir kopi sehari.

Photo credit: Cak-cak

29 Komentar

  1. alhy
    8 Oktober 2010    

    kopi mempunyai banyak sekali mamfaat tp perlu diingat bahwa segala sesuatu yang ada di dunia mempunyai pasangan dan hanya satu yang tidak mempunyai pasangan yaitu tuhan “ALLAH”

  2. daf
    27 November 2010    

    kembali ke pribadi masing2, tp menurut sy segala sesuatu yg berlebihan akan kurang baik. Tp saya jg penikmat kopi lhoo… :D

  3. rizki
    4 Desember 2010    

    saya kok minum kopi malah ngantuk ya? makin banyak makin ngantuk…

  4. M.Kamil
    6 Desember 2010    

    Saya suka kupi

  5. mila
    23 Desember 2010    

    kopi memang banyak manfaatnya,tp perlu diketahui dibalik manfaat itu ada jg kerugiannya…..jd mnum sekadarnya aza lah…gag usah terlalu over….

  6. 15 Januari 2011    

    saya ko minum kopi tapi ngantuknya ga mau ilang sihhhhhhhhhhhhhh kenapa yahhhhhhhhhhhhhhhhhh????????????????

  7. 16 Januari 2011    

    copy membuat tenang. . ntah apa yang dikandungnya. . ntah itu perasaan saja atau memang benar2 ada. . tolong cariin dunk? apakah ada kandungan didalam kopi yang membuiat hati tenang. . :D

  8. Iyan
    17 Januari 2011    

    Saya pnikmat kopi sjati hehe…

  9. 28 Januari 2011    

    kopii… temen lembur TOP

  10. Moh Amin Syafrudin
    29 Januari 2011    

    wah,,,saya nggak berani minum kopi tuh. takut aja, maag saya kumat.. padahal nek lihat orang minum kopi rasanya nikmat buanget……..

  11. Nardi
    1 Februari 2011    

    asik join kopi sma tmen2…

  12. dani
    1 Februari 2011    

    Dimana ada negatif pasti ada positif..
    bagi anda yg gk tau manfaat ny jng pernah blng klao ngopi itu gk baik.
    kalo blm tau manfaat ny…

  13. hendrik
    2 Februari 2011    

    berbagi pengalaman aja nii, diluar konteks “Kesehatan” ya. menurut saya kopi bisa menumbuhkan rasa solidaritas. kalian semua bisa merasakanya jika kalian ditempatkan dalam suatu komunitas. gak ada loe (kopi) gak rame.. :))

  14. mustofa
    3 Februari 2011    

    da lalangan para bisnis management training kopi merupakan menu sitiap start aktifitas ….eks csu purwokerto

  15. 9 Februari 2011    

    saya rasa kopi memang banyak mengandung manfaat
    terliat dari ayah saya yang mengonsumsi kopi,,,
    Tapi biar bagaimana semua itu karena yang diatas

  16. inf
    9 Februari 2011    

    kopi menemani di saat belajar tengah malam

  17. 15 Februari 2011    

    sayang x saya bukan orang yang doyan KOPI,,,,,,,,,,,,,
    tapi kalau sudah tau manfaat dari KOPI Hemmmmmmmmm,,,,
    jadi naksir ne !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  18. ashadi
    16 Februari 2011    

    kopi bukan obat ngantuk, kalo ngantuk y tidur.

  19. jun
    4 Maret 2011    

    pokokx ga ada kopi ga rameeeeeeeeeeeeeeeeee

  20. Buang alexander
    4 Maret 2011    

    Mudah2an benar yaaaa……alnya aku penikmat kopi juga nich.

  21. vina
    6 Maret 2011    

    Kopi it’s Oke… i like That :D

  22. airuani
    7 Maret 2011    

    ? kata sebagian orang kebanyakan ngopi ga bisa tidur..klo yg saya rasa in..klo kebanyakan tidur malah saya ga bisa ngopi…heheh selamat menikmati kopi nya…

  23. wahono
    23 Maret 2011    

    kopi juga bisa untuk menghilangkan bau sepatu anda

  24. pipink
    26 Maret 2011    

    saya kalo tidak ngopi, kepala jadinya pusing. kopinya pun harus kopi hitam. kalo kopi susu atau creamer, ga ngaruh…

  25. arjuna
    31 Maret 2011    

    kopi…terasa nikmat di lidah apalagi di buat kental..siiiip

  26. akmal khairi
    13 April 2011    

    coppii is very best the from by healty to all people………..

  27. wahono
    14 April 2011    

    kalau masalah kopi jangan tanya deh kopi habat solusinya

  28. she_am
    30 April 2011    

    setidak nya sehari ngopi 2x….segelas kopi susu….

  29. 2 Mei 2011    

    Wah, saya penggemar kopi juga, yang kalo kpi susu gimana ya ? yang dibahas kopi hitam kan?

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Kumis Kucing - 27 harga produk
    27ribu
    Kumis Kucing