web analytics

Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Kulit

kulit sehatSemua orang mendambakan kulit yang bersih dan sehat. Sejak lama para dokter tahu bahwa vitamin berperan penting dalam kesehatan kulit. Kulit kering, berkerut dan mengelupas umumnya bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi cukup vitamin. Bahkan sebelum ada obat-obatan modern, manusia hanya mengandalkan vitamin dan zat alami lainnya untuk merawat kulit.

Vitamin A

Vitamin A yang dioleskan secara topikal (dalam krim atau lotion yang disebut retinol) terbukti secara klinis membantu pemulihan kondisi kulit dari parut jerawat, mengurangi kerutan dan menormalkan pori-pori kulit. Tubuh kita biasanya cukup mendapatkan vitamin A dari makanan sehari-hari seperti wortel, bayam, mangga, susu dan kuning telur sehingga kita tidak membutuhkan suplemen vitamin A. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A bahkan dapat berbahaya bagi tubuh.

Vitamin B

Vitamin B6 dan B12 berperan penting dalam kesehatan kulit dan rambut. Suplemen vitamin B6 banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, dermatitis seboroik, psoriasis, jerawat dan rambut rontok. Riset baru menunjukkan bahwa penambahan Vitamin B5 (asam pantotenik) dan B3 (niasin) dalam produk perawatan kulit juga membantu melembabkan dan mempercantik kulit. Pisang, brokoli, jamur, kedelai, ikan, ayam, dan daging adalah makanan yang kaya vitamin B.

Vitamin C

Selain berperan penting dalam penyembuhan luka, Vitamin C membantu mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari berlebihan. Cukup mengkonsumsi vitamin C membantu mencegah pecahnya pembuluh kapiler dan sariawan. Vitamin C yang dioleskan secara topikal sebagai tambahan produk perawatan kulit dapat merangsang produksi kolagen yang berperan menjaga kulit tetap segar dan lentur.

Vitamin E

Konsumsi harian suplemen vitamin E sebanyak 400 IU dapat mengurangi kerutan dan menghaluskan tekstur kulit Anda. Puting susu yang meradang atau pecah-pecah karena menyusui juga dapat disembuhkan dengan mengoleskan vitamin E secara teratur di area yang sakit. Makanan yang kaya vitamin E di antaranya adalah alpukat, tauge, kacang-kacangan, ikan tuna, minyak zaitun dan lobster.

image source: roguel

Arsip Artikel
    Kunyit Putih - 30 harga produk
    30ribu
    Kunyit Putih