Melatih Kreativitas dan Ketekunan Anak dengan Gelang “Loom Bands”

melatih kreativitas anak dengan loom bandsOleh: Jessica Susanto

Anak-anak tidak dapat dapat terlepas dari mainan. Oleh karena itu banyak sekali produsen mainan di seluruh penjuru dunia yang menciptakan mainan dari berbagai macam bahan dengan berbagai bentuk. Mainan seperti apakah yang aman bagi anak?

Setiap anak memiliki ciri yaitu bertumbuh dan berkembang. Sudah sepatutnya orangtua mengetahui mainan yang sesuai dengan usia anak. Pemberian mainan yang tidak sesuai dengan usia anak dapat berisiko bahaya.  Salah satunya terjadi pada seorang anak laki-laki berusia 3 tahun di Amerika yang menelan 37 buah magnet berbentuk bulat sehingga menyebabkan sobeknya organ pencernaannya. Beberapa jenis mainan mengandung zat berbahaya bagi kesehatan anak, misalnya mengandung zat pewarna yang beracun.

Loom bands

Saat ini mainan yang sedang tren di kalangan anak-anak adalah karet gelang loom bands. Loom bands adalah karet berwarna-warni yang terbuat dari plastik untuk dirangkai sebagai aksesoris fashion seperti gelang, kalung, tas, casing ponsel bahkan dapat disulap menjadi pakaian.

Mainan ini pada mulanya diciptakan pada tahun 2011 oleh Ng Choon Cheong di Novi, Michigan. Pada September 2013, ia telah menjual lebih daripada 1,2 juta unit. Loom band telah menjadi tren di kalangan artis luar negeri, bahkan digunakan oleh tokoh-tokoh terkenal seperti pasangan Pangeran William – Kate Middleton, Julia Robert, dan lainnya.

Namun beberapa waktu yang lalu marak beredar kabar bahwa mainan loom bands di luar negeri ada yang mengandung zat karsinogenik yaitu zat phthalates yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, sebelum membeli mainan, orangtua perlu memperhatikan kandungan komposisi material yang tertera pada kemasan mainan.

Dampak positif pada anak-anak

Sejauh tidak mengandung zat karsinogenik, mainan ini dapat memberikan dampak positif pada anak-anak. Menurut Psikolog dari Klinik Tumbuh Kembang “Kancil”, Ratih Zulhaqqi, MPsi, mainan karet loom bands dapat memberikan dampak positif pada anak yaitu melatih kreativitas dan ketekunan, konsentrasi, kemampuan entrepreneur, membangun rasa percaya diri serta kemampuan sosial anak. Anak-anak dapat memilih warna dan merajut sendiri karet loom bands menjadi aksesoris fashion yang mereka inginkan. Pada umumnya karet loom bands dirajut menjadi aksesoris gelang melalui beberapa metode rajut antara lain fishtail, starburst, taffy twist, flower power, confetti criss cross, diamond with rings, starfish, dan sebagainya.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, orangtua berkewajiban untuk memerhatikan kebersihan dengan mencuci tangan anak setelah bermain, agar anak tidak langsung melanjutkan dengan aktivitas lain seperti makan, minum, beristirahat sebelum membersihkan diri. Selain itu, alangkah baiknya untuk membeli mainan di toko yang tepat dan terpercaya, walaupun harganya relatif lebih mahal, namun mainan yang dijual lebih aman daripada mainan yang dijual di toko-toko pingggir jalan yang harganya relatif lebih murah.

image source: nottinghampost

———————————

Tentang Penulis:
Jessica Susanto adalah mahasiswi Program S1 Desain Interior Universitas Kristen Petra, Surabaya. Artikel ini dimaksudkan untuk membantu para pembaca mengenali mainan yang aman dan berdampak positif bagi anak.

 

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!