web analytics

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Jerawat memang memalukan! Seringkali dengan seenaknya dia memilih tempat sehingga membuat muka kita tampak lucu (apalagi bila nempel di ujung hidung atau bibir!). Anda bisa seharian menutup diri di kamar.

Jerawat disebabkan oleh aktivitas kelenjar minyak di bawah kulit yang memproduksi minyak secara berlebihan dan bersama sel-sel kulit yang mati menutupi pori-pori. Hal ini mengundang bakteri sehingga mengakibatkan peradangan (inflamasi). Aktivitas kelenjar minyak meningkat karena rangsangan hormon-hormon yang mulai aktif selama masa pubertas. Itulah sebabnya mengapa jerawat kebanyakan terjadi pada remaja, meskipun tidak setiap remaja memiliki “bakat jerawat” yang sama.Mademoiselle D.photo © 2010 Ulisse Albiati | more info (via: Wylio)

Mencegah jerawat

Tidak ada kiat-kiat untuk mencegah jerawat, yang bisa dilakukan hanyalah mengurangi risiko kemunculannya:

  • Basuh kulit Anda dengan teratur untuk menghilangkan minyak dan sel kulit yang mati sehingga tidak menyumbat pori-pori. Namun, jangan berlebihan karena dapat membuat kering kulit dan mengiritasi jerawat yang ada. Jangan lupa untuk membasuh diri setelah berolah raga, karena keringat dapat menutupi pori-pori dan memperparah jerawat.
  • Sebaiknya hindari pemakaian produk perawatan muka yang dapat menutupi pori -pori.

Mengatasi atau Menghilangkan Jerawat

  • Jangan memencet-mencet atau mencabut butir jerawat! Tindakan tersebut dapat menekan kuman infeksi masuk ke bawah kulit, sehingga justru memperluas infeksi dan menimbulkan bekas permanen.
  • Coba gunakan produk anti jerawat yang dapat dibeli bebas di toko dan apotik. Mungkin perlu beberapa kali percobaan sampai Anda menemukan yang cocok. Setiap produk anti jerawat berisi bahan aktif yang berbeda-beda kekuatannya, yang paling populer adalah benzoil peroksida dan asam salisilat. Gunakan sabun/lotion anti jerawat tersebut pada pagi dan malam hari. Jangan berlebihan pemakaiannya, karena justru akan membuat kulit kering dan merangsang aktivitas kelenjar minyak.
  • Coba gunakan masker madu ke muka sekali dalam seminggu. Madu memiliki zat anti bakteri yang dapat menghilangkan infeksi pada jerawat dan mempercepat regenerasi sel yang mati.
  • Pada saat memakai hairspray atau minyak rambut, jauhkan dari muka. Minyak pada kedua produk tersebut dapat memperparah jerawat.
  • Bila Anda memiliki jerawat di dada atau belakang badan, hindari pakaian yang terlalu ketat karena dapat menyebabkan iritasi dan gesekan.
  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral. Beberapa nutrisi berikut dapat memperbaiki keseimbangan tubuh yang mengurangi jerawat:
    • Vitamin A (beta karotin). Vitamin A bermanfaat bagi pemeliharaan dan peremajaan kulit, serta berfungsi sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun tubuh. Vitamin A banyak terdapat pada wortel dan tomat.
    • Kromium. Selain dikenal sebagai suplemen penurun berat badan, kromium juga bermanfaat mencegah dan menghilangkan infeksi kulit. Brokoli, bawang dan kentang adalah makanan yang kaya kromium.
    • Zinc (seng). Sebagai zat yang diperlukan untuk pembentukan kelenjar kulit, zinc bermanfaat menekan timbulnya jerawat. Daging sapi, susu, dan kerang banyak mengandung zinc.
  • Perbanyak minum air. Air bermanfaat bagi kulit dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.
  • Bila jerawat tetap bertahan dan menjadi semakin parah, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Jangan dibiarkan jerawat tetap merajalela di kulit Anda, karena dapat meninggalkan bekas luka permanen. Sesuai dengan keahlian dan pengalamannya, dokter dapat memberikan obat yang cocok bagi jerawat Anda. Selesaikan konsumsi obat tersebut sampai habis, walaupun kulit Anda sudah kembali bersih. Penghentian obat jerawat terlalu dini dapat membuatnya muncul kembali.

14 Komentar

  1. wawan
    25 January 2008    

    saya ingin tau bagaimana menyembuhkan jerawat dengan obat obatan alami dan medis, tolang anda kirimkan beberapa informasi yang adnda tau tentang pengobatan jerawat melalui obat alami dan medis

  2. 29 January 2008    

    saya wanita yg mempunyai masalah jerawat…setiap saya kedokter jerawat saya mulai membaik tp ketika obat saya habis kulit saya mulai berjerawat lagi…bagaimana saya mengatasi kulit saya yg berjerawat ni ya

    tnx

    kiki

  3. dr Salma
    30 January 2008    

    Wawan & Kiki, sebagaimana disampaikan dalam artikel, jerawat dipicu oleh aktivitas hormon dan menjadi parah karena terjadi infeksi. Bila setelah melalui berbagai obat anti jerawat yang dijual bebas dan terapi alami jerawat masih juga “membandel”, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter ahli kulit.

    Dokter ahli kulit akan memeriksa jerawat Anda, yang mungkin “khas” dan perlu penanganan khusus. Selain pengobatan topikal pada tempat yang terkena, dokter juga mungkin memberi Anda obat tertentu untuk diminum. Bila setelah terapi masih juga belum sembuh, konsultasikan lagi untuk mendapat obat yang lebih tepat.

    Mengatasi jerawat yang membandel memang harus sabar…

  4. adied
    5 February 2008    

    bagaimana agar produksi minyak diwajah tidak berlebihan ??

    terima kasih

  5. bejenk
    11 February 2008    

    saya ingin tau apa obat yang praktis dan mudah dijangkau untuk menyembuhkan jerawat ?? apa faktor usia juga berpengaruh ??? padahal saya sudah lebih dari 3 tahun jerawatan …..konsultasi dengan dokter kulit juga sudah pernah tapi hasilnya sama juga obat abis jerawat muncul kembali..wat…wat…thank’s be4 dok !

  6. dr Salma
    12 February 2008    

    Produksi minyak di wajah dilakukan oleh kelenjar minyak di bawah kulit yang aktivitasnya dipengaruhi kerja hormon, rangsang luar dan, mungkin, makanan. Dalam kasus tertentu, dokter ahli kulit dapat memberikan obat jenis retinoid untuk menekan produksinya.

    Namun, itu merupakan langkah terakhir. Lebih baik menanganinya secara alamiah dulu. Anda bisa menjalankan tips yang disarankan, dengan membasuh muka secara teratur dua kali sehari (pagi dan sore) untuk mengurangi minyak di muka. Tetapi jangan berlebihan, karena kulit yang terlalu kering justru akan merangsang produksi minyak yang lebih besar lagi.

    Keringkan muka dengan handuk atau kain halus setelah selesai dibasuh. Bila perlu, gunakan pelembab kulit agar tidak terlalu kering. Jenis pelembab kulit yang cocok bervariasi, tergantung karakteristik masing-masing orang. Bila Anda sudah menemukan yang cocok, jangan berganti-ganti.

  7. 12 February 2008    

    dok, kapan jerawat mulai hilang dengan sendirinya dan gimana cara menghilangkan noda bekas jerawat sekaligus lubang-lubang bekasnya?
    trims..

  8. dr Salma
    12 February 2008    

    Jerawat memang dapat hilang sendiri ketika masa pubertas lewat sehingga aktivitas hormonal yang memicu kerja berlebih kelenjar kulit kembali normal. Namun, jerawat yang sudah ditumpangi bakteri acne tidak bisa hilang dengan sendirinya. Harus diobati dengan antibiotik.

    Bekas jerawat yang dalam tidak bisa hilang (permanen), kecuali dengan bedah kosmetik. Itulah mengapa penting sekali untuk segera meminta bantuan dokter bila jerawat Anda sudah tidak lagi dapat disembuhkan sendiri. Penyembuhan jerawat secara dini dapat mencegah timbulnya bekas permanen di wajah.

  9. dr Salma
    12 February 2008    

    Tidak ada “obat cespleng” untuk semua jenis jerawat. Ada banyak sekali jenis jerawat dan bakteri kulit yang menumpanginya. Karakteristik kulit, usia, aktivitas hormonal dan respon obat dari masing-masing orang juga berbeda. Bila jerawat parah dan membandel, tidak ada cara lain kecuali berkonsultasi dengan ahli kulit (dermatolog). Dengan ilmu dan pengalaman mereka–yang memang secara khusus mendalami bidang itu, mereka dapat memeriksa jerawat Anda dan memberikan pilihan terapi yang paling tepat.

    Jerawat menahun biasanya tidak cukup hanya diobati dengan obat bebas. Dermatolog bisa memberikan alternatif obat resep, bila obat resep tertentu tidak bereaksi positif. Masing-masing obat memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, selain efek samping yang perlu diwaspadai. Kini bahkan tersedia terapi tindakan dengan sinar laser, penyinaran dan dermabrasi.

    Efek obat jerawat membutuhkan waktu, bisa 6-8 minggu baru terasa. Namun, kini sebenarnya hampir semua jenis jerawat bisa diobati secara efektif. Tidak ada alasan lagi untuk memiliki jerawat membandel selama bertahun-tahun.

    Terapi dermatologis memang mahal. Seringkali kita merasa sayang mengeluarkan banyak uang “hanya” untuk mengobati jerawat. Namun, bila jerawat menahun walaupun Anda sudah mencoba banyak obat bebas, obat/jamu alternatif, dan berbagai terapi lainnya, mungkin kalau dihitung-hitung biayanya lebih besar.

    Intinya, Anda boleh mencoba mengobati sendiri jerawat Anda. Namun, bila terus-menerus tidak ada hasilnya, tidak ada cara lain: konsultasikan dengan ahlinya, dermatolog. Beri feedback kepadanya kalau obat sebelumnya tidak memberikan pengaruh agar mengganti dengan yang lebih sesuai. Boleh jadi Anda memiliki resistensi terhadap antibiotik dan obat lain yang diresepkannya.

  10. aji
    8 March 2011    

    oh gtu

    sya coba deh…sip sip

    kata ibu saya juga gtu
    tapi saya gk percaya :D

  11. Bella
    14 March 2011    

    Saya ingin tau gmn cara mengatasi jerawat, akan tetapi dgn umur saya yg masih dini?? Mama saya melarang saya untuk memakai produk anti jerawat, katanya sih masih terlalu kecil untuk memakainya. bagaimana ya dok??? trims …

  12. dr Salma
    15 March 2011    

    @Bella, kebanyakan jerawat di masa remaja akan hilang sendiri kalau masa pubertas sudah lewat. Yang penting menjaga kebersihan dan jangan memencet-mencet atau overtreatment yang justru membuat infeksi dan meradang.

  13. Anita
    13 April 2011    

    dokter, saya mempunyai bekas jerawat di punggung dan juga area sekitar dada. bagaimana cara mkenghilangkan bekas tersebut? terima-kasih.

  14. dr Salma
    13 April 2011    

    @Anita, bekas jerawat berbentuk skar yang dalam tidak bisa dihilangkan tanpa operasi kosmetik. Mungkin bisa disamarkan dengan perawatan, tapi tidak bisa dihilangkan.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Mengkudu - 27 harga produk
    27ribu
    Mengkudu