web analytics

Menghilangkan Jerawat di Belakang Badan

Jerawat bisa muncul di belakang badan, baik di punggung, lengan maupun pantat. Jerawat model ini biasa dijuluki bacne alias back acne. Bentuknya pun macam-macam, mulai dari butiran kecil biasa, benjolan kehitaman, sampai membentuk kista. Bacne bisa lebih menyakitkan dibandingkan jerawat biasa karena banyaknya pori-pori yang terkena dibandingkan dengan di bagian wajah.

Penyebab bacne tidak diketahui. Namun, sebagaimana halnya dengan jerawat muka, bacne banyak diderita oleh remaja yang baru menginjak pubertas.

Bagaimana Mengatasi Bacne?

  • Bila masih ringan, bacne bisa diatasi sendiri dengan krim benzoil peroksida 10% dan asam salisil. Namun, bila sudah berat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli kulit. Bacne yang sudah parah tidak cukup hanya ditangani secara topikal (hanya di bagian yang terkena). Anda kemungkinan harus mengkonsumsi antibiotik dan antiinflamasi tertentu untuk menghilangkan jerawat tersebut dari dalam.
  • Selalu ganti baju Anda bila berkeringat setelah olah raga atau kepanasan.
  • Sesuaikan pakaian Anda dengan yang lebih longgar sehingga tidak menimbulkan gesekan dengan jerawat Anda. Gunakan pakaian lembut dari bahan yang mengandung banyak katun.

36 Komentar

  1. David
    30 Desember 2007    

    Temen saya bilang bahwa jerawat dipunggung juga ada hubungannya dengan HIV/AIDS. Salahsatu tanda orang yang kena penyakit itu adalah adanya jerawat dipunggung katanya. Apkah hal itu betul bu ? Kalau bener bagaimana ciri-ciri jerawat di punggung orang yang mengidap HIV/AIDS ? Kebetulan saya punya jerwat di punggung…saya tidak pernah berhubungan ‘tidak betul’ dengan wanita mbak..saya juga masih single..Setelah temen saya bilang begitu, saya jadi terpikir-pikir terus…Terima kasih banyak atas responnya …

  2. dr Salma
    31 Desember 2007    

    HIV/AIDS tidak selalu menular lewat hubungan seksual. Hingga saat ini, menurut sejumlah statistik 60% penularan AIDS di Indonesia terjadi lewat jarum suntik narkoba. Namun, yang jelas orang tidak akan terkena AIDS tanpa ada kontak seksual, tranfusi darah, penggunaan jarum suntik dengan penderita AIDS. (Tidak lewat kontak biasa dengan penderita, seperti bercakap-cakap atau duduk semeja)

    Gejala penyakit AIDS berbeda-beda, karena AIDS menyerang sistem imun tubuh. Bagian yang terlemah dalam tubuh yang pertama kali terkena (opportunistic infection). AIDS bisa menampakkan gejala berupa sakit kulit. Namun, AIDS hanya bisa dipastikan lewat tes HIV. Penyakit kulit juga sangat banyak macamnya dan sulit didiagnosa tanpa melihat langsung secara visual.

    Untuk informasi dan konsultasi lebih jauh mengenai HIV/AIDS, silakan kunjungi Yayasan AIDS Indonesia di http://www.yaids.com/

  3. lisa
    11 Februari 2008    

    cara hilangin jerawat di wajah yang sensitif

  4. RAHMA
    1 Desember 2010    

    Di belakang badan saya dan di bawah dada saya ada seperti beberapa daging yg menonjol dan mengeras. Apakah itu termasuk jerawat? apakah berbahaya?
    Terimakasih.

  5. RAYN
    13 Januari 2011    

    SALAM,,,,SAYA MAHU TANYA BAGAIMANA HENDAK MENGUBATI JERAWAT BADAN
    SAYA MALU DENGAN KAWAN TENTANG HAL INI..
    SAYA HARAP MENDAPAT BANTUAN DARI PIHAK YANG SEPATUTNYA..

  6. dr Salma
    13 Januari 2011    

    @rayn, penyakit kulit sangat beragam. Boleh jadi yang Anda sangka jerawat bukanlah jerawat, tetapi penyakit kulit yang lain, misalnya dermatitis atau alergi pada kulit. Masalah kulit Anda perlu diperiksa langsung oleh dokter spesialis kulit. Salam.

  7. romza
    31 Januari 2011    

    saya punya jerawat d bdan.jerawat ini lama lama membesar mjd sperti daging.penyakit apakah yg sya derita ini.dan apa obatnya.jujur saya malu mau ke dokter.trima kasih

  8. dr Salma
    31 Januari 2011    

    @romza, penyakit yang Anda keluhkan mungkin tumor. Tapi itu hanya dugaan. Kondisi kulit tidak dapat didiagnosis tanpa pemeriksaan langsung. Sebaiknya Anda mengalahkan rasa malu Anda untuk ke dokter, semakin cepat semakin baik.

  9. Ramdani
    3 Februari 2011    

    lengan saya berjerawat dan rasanya semakin tumbuh banyak dan menyebar
    apa ada obat yang bisa saya beli di apotik??
    trims

  10. dr Salma
    3 Februari 2011    

    @Ramdani, ada banyak merek obat jerawat yang bisa dibeli bebas di apotik. Saya tidak bisa menyebut merek. Tapi kalau jerawat Anda parah, Anda butuh yang mengadung dosis zat aktif lebih kuat yang harus melalui resep dokter. Pada kasus tertentu misalnya jerawat dengan infeksi sekunder, jerawat yang penyebarannya luas dan kronis, obat luar saja tidak cukup. Anda perlu mendapat obat sistemik melalui oral.

  11. alisa
    18 Februari 2011    

    saya hampir putus asa. sudah lebih dari 3 tahun punggung, dada dan paha saya berjerawat parah. bahkan belakangan ini sampai ke tangan. saya sudah berkonsultasi, tapi obat yg diberikan membuat ketergantungan. saya harus bagaimana??

  12. dr Salma
    18 Februari 2011    

    @alisa, apakah sudah memeriksakan diri ke spesialis kulit?

  13. alisa
    19 Februari 2011    

    belum sih.
    tapi itu kenapa ya dok?

  14. dr Salma
    19 Februari 2011    

    @alisa, seperti jerawat di muka dan tempat lain, jerawat di badan disebabkan oleh kelenjar sebasea yang terlalu aktif memproduksi minyak. Pori-pori menjadi tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan keringat sehingga membentuk komedo, jerawat, pustul, atau bahkan kista yang menjadi kemerahan dan meradang bila ditumpangi bakteri penyebab infeksi. Selain pengaruh hormon, jerawat dapat dipicu oleh stres dan kosmetik buruk.

    Jerawat yang sudah derajat berat dan menyebar di tubuh tidak bisa diobati sendiri dengan obat-obat bebas di pasaran (yang zat aktifnya rendah). Selain itu, biasanya juga tidak cukup dengan perawatan topikal (krim, bedak, dll), harus dengan obat oral yang sistemik. Obat topikal yang kuat dan spesifik sesuai dengan jenis jerawat yang ditangani serta obat oral itu hanya dapat diperoleh dari dokter kulit (dermatolog) yang ahli menanganinya.

  15. alisa
    19 Februari 2011    

    makasih dok..

  16. Neza
    22 Februari 2011    

    Dok utk menghilangkan jerawat dibadan ada obatnya tidak di apotik? klo ada nama obat/krimnya apa? makasih

  17. dr Salma
    22 Februari 2011    

    @Neza, banyak obat jerawat OTC (obat bebas) yang tersedia di apotik dengan berbagai merek yang umumnya mengandung zat aktif benzoyl peroxide, triclosan dan salicylic acid (asam salisil). Obat jerawat untuk muka juga bisa dipakai untuk jerawat di badan.

  18. ria
    11 Maret 2011    

    dok, saya sudah hampir stress dg jerawat yg tumbuh hampir di seluruh bdn saya .
    Apa dg bertambah nya umur jerawat bisa hilang dengan sendirinya dok ?
    Bisa tidak dg obat2 alami utk menghilangkan jerawat ??

  19. dr Salma
    11 Maret 2011    

    @ria, jerawat yang disebabkan pengaruh hormonal saat pubertas akan hilang setelah melewati masa pubertas, dengan catatan tidak ada infeksi sekunder. Kalau sudah ada infeksi dan menyebar ke seluruh badan, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit. Pengobatannya perlu sistemik dengan obat-obatan poten sesuai karakteristik jerawat yang tidak tersedia secara bebas.

  20. ria
    12 Maret 2011    

    saya sdh 2x ke dokter kulit yg berbeda, dan jerawat sy makin bertambah ketika tidak mengkonsumsi obatnya, akhirnya sya memutuskan utk tdk berobat ke dokter lagi, tetapi jerawat sya makin bertambah dok. Jadi saya harus gimana ??

  21. dr Salma
    12 Maret 2011    

    @ria, mungkin penyebab jerawat tumbuh lagi karena putus obat. Bila obat mengandung komponen antibiotik, putus obat berbahaya karena sisa bakteri yang masih hidup akan bermutasi sehingga tidak mempan lagi dengan antibiotik yang diberikan. Kalau dibiarkan terus tanpa terapi, jerawatnya ya tidak sembuh?

  22. ria
    13 Maret 2011    

    terapi jerawat itu contohnya seperti apa dok ??
    Berarti saya harus ketergantungan obt seumur hdp dong ??

  23. ria
    13 Maret 2011    

    bisa ga dok terapi dengan bahan alami tanpa perawatan dokter ??

  24. dr Salma
    13 Maret 2011    

    @ria, bahan alami sebaiknya sebagai pelengkap saja. Yang utama, harus mendapatkan perawatan medis dulu untuk didiagnosis secara tepat dan diterapi sesuai sumber dan tingkat masalahnya. Jerawat yang sudah ditumpangi bakteri sehingga terjadi inflamasi/peradangan harus diterapi dengan antibiotik

  25. dr Salma
    13 Maret 2011    

    @ria, terapi jerawat bisa dengan kombinasi obat topikal/oral, laser, penyinaran, modifikasi diet, dermabrasi, dll untuk menghilangkan jerawat dan menghilangkan skar yang timbul. Pengobatan jerawat tidak seumur hidup, meskipun bisa berjangka panjang kalau persisten.

  26. ria
    15 Maret 2011    

    baiklah ..
    Terima kasih banyak dok ..

  27. neka
    20 April 2011    

    kenapa ya dok..jerawat asyik saja numbuh d belakang sy???

  28. jenny
    20 April 2011    

    aduh dok…kenapa sih sudah sering kali sy bjumpa sma byk dokter tp jerawat sy makin byk ya dok..kok nggak bisa ilang ya dok? gmana ni sih ya dok?? gmana bisa sy hilangkn jerawat ya dok? stress sya dong..!

  29. dr Salma
    22 April 2011    

    @neka, tidak ada yang tahu mengapa jerawat tumbuh pada satu orang dan tidak pada yang lainnya.

  30. dr Salma
    22 April 2011    

    @jenny, ya memang jerawat bisa persisten karena umumnya dipicu masalah hormonal yang kita tidak bisa mengendalikan ( setidaknya tanpa efek samping yang lebih buruk). Yang penting jaga agar tidak terjadi infeksi sekunder dengan tidak memencet-mencet, merawat dengan obat yang tidak tepat, dll. Pada saatnya nanti akan hilang sendiri.

  31. Putry
    27 April 2011    

    dr.Salma, mao tanya niech,,, muka Saya g berjerawat, tapi kox pantat saya berjerawat yuch??? tapi itu gx mnyebar, kira” biza disembuhin gx dok? khan saya malu ama suami ntar… :(

  32. dr Salma
    27 April 2011    

    @putry, kalau memang betul jerawat, mudah-mudahan bisa sembuh sendiri.

  33. irma
    28 April 2011    

    dok saya udah lama py jerawat d bag punggung, lengan atas, dan dada atas, dan jmlahnya banyak.. d ujung jerawatnya ada putih sprt lmak gt, bagaimana mengatasinya yah dok???

  34. dr Salma
    29 April 2011    

    @irma, jerawat yang banyak kemungkinan harus diobati secara sistemik dengan meminum obat. Sebaiknya diperiksakan ke dokter.

  35. sasa
    2 Mei 2011    

    dok saya perempuan 20 tahun, pantat saya berjerawat dan jerawat itu akan semakin banyak ketika saya menstruasi. kulit juga menghitam karena bekas jerawat. bisakah bekas hitam itu dihilangkan? dan bagaimana menghilangkan jerawat tersebut secara permanen? terima kasih

  36. dr Salma
    2 Mei 2011    

    @sasa, bekas jerawat akan hilang asalkan hanya mengenai lapisan luar kulit (epidermis/dermis), kalau bekasnya dalam misalnya karena skar bekas garukan bisa permanen. Makanya, sebaiknya hati-hati agar tidak menggaruk jerawat dan menjaganya dari peradangan infeksi.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Yaslim - 40 harga produk
    40ribu
    Yaslim