Minum Kopi Tiga Cangkir Sehari Dapat Memperbaiki Fungsi Hati (Liver)

memperbaiki fungsi hati dengan kopiMeminum setidaknya tiga cangkir sehari cenderung memperbaiki enzim-enzim hati. Hal tersebut tampaknya tidak tergantung pada kandungan kafein karena mereka yang meminum kopi tanpa kafein juga mendapatkan manfaatnya.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr Qian Xiao dari National Cancer Institute di Maryland telah menganalisis data dari US National Health dan Nutrition Examination Survey (NHANES, 1999-2010) yang mencakup 27.793 peserta berusia 20 tahun atau lebih. Para peserta tidak hanya didata mengenai kebiasaan minum kopi mereka tetapi juga menjalani tes yang mengukur beberapa enzim penanda fungsi hati, termasuk alanine transaminase (ALT), aspartate transaminase (AST), alkaline phosphatase (ALP) dan gamma glutamyl transaminase (GGT). Kenaikan enzim-enzim tersebut berkaitan dengan kerusakan fungsi hati.

Tiga cangkir kopi per hari

Peserta yang mengonsumsi setidaknya tiga cangkir kopi sehari memiliki kemungkunan 20-30 persen lebih rendah untuk memiliki enzim-enzim hati yang tinggi dibandingkan peserta yang tidak minum kopi. Hal yang sama berlaku pada laki-laki maupun perempuan yang meminum kopi tanpa kafein.

“Penelitian sebelumnya menemukan bahwa minum kopi mungkin memiliki efek perlindungan pada hati. Namun, tidak jelas apakah manfaat tersebut juga diperolah dari kopi tanpa kafein,” jelas Dr Qian Xiao. “Temuan kami menemukan hubungan asupan kopi utuh maupun tanpa kafein dengan penurunan kadar enzim hati. Data ini menunjukkan bahwa bahan-bahan dalam kopi selain kafein dapat memperbaiki fungsi hati. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi apakah bahan-bahan tersebut.”

Tujuh belas juta penderita liver

Ahli kesehatan dari Divisi Hepatologi, Depatemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ali Sulaiman memperkirakan sekitar 13 juta penduduk Indonesia mengidap hepatitis B dan empat juta penduduk lainnya menderita hepatitis C. Selain hepatitis oleh virus, alkohol dan obat-obatan, obat penghilang rasa sakit tertentu, kelebihan berat badan, keracunan aflatoxin dan lainnya juga dapat merusak fungsi hati. Seringkali kerusakan berlangsung lama tanpa diketahui hingga mencapai stadium lanjut. (CF)

———————–
Source: Xia Qian et al .: “Inverse associations of total and decaffeinated coffee with liver enzyme levels in the National Health and Nutrition Examination Survey 1999-2010”, Hepatology, December 2014 DOI: 10.1002 / hep.27367

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!