web analytics

Minyak Ikan dan Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok

Oleh: Tim AhliHerbal.com

Rambut rontok? Tentunya tidak ada di antara kita yang menginginkannya, bukan? Akan tetapi, ternyata tetap saja banyak orang yang menderita masalah yang satu ini. Bagaimana solusinya?

Penyebab dan solusi rambut rontok

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai sebab seperti karena masalah genetik, pemakaian obat yang salah, kekurangan nutrisi, masalah kelenjar tiroid, sirkulasi udara yang buruk, masalah hormon dan juga penuaan dini.

Namun jangan khawatir. Masalah rambut rontok tidaklah sulit untuk dilawan, karena sebenarnya cukup dengan meningkatkan kesehatan tubuh kita secara umum akan dapat membantu mencegah kerontokan tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan minyak ikan dan minyak Zaitun dalam daftar diet harian Anda. Kedua minyak yang mengandung banyak vitamin dan juga bersifat anti-inflamasi ini dapat membantu untuk mencegah kerontokan rambut.

Minyak ikan (fish oil)

Berbagai jenis ikan, terutama salmon, sarden, herring dan mackarel mengandung banyak nutrisi yang membantu untuk membuat rambut menjadi lebih kokoh dan tidak mudah rontok, salah satunya adalah vitamin A yang bersifat antioksidan dan membantu memproduksi sebum yang sehat di kulit kepala. Tidak hanya itu, ikan dan minyak ikan secara umum mengandung mengandung Omega-3 yang tinggi, yang juga dapat membantu untuk menutrisi folikel rambut dan mempercepat tumbuhnya rambut. Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh Anda sekaligus membuat jantung menjadi lebih sehat, Omega-3 dapat juga membantu Anda mendapatkan hal tersebut.

Minyak ikan diketahui mengandung zat yang bersifat anti-inflamasi, yang akan membantu untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi-sendi tubuh. Efek anti-inflamasi tersebut dapat membantu untuk menghambat kerontokan rambut. Hal tersebut dikarenakan inflamasi pada folikel rambut adalah salah satu faktor yang menyebabkan berbagai masalah kerontokan rambut, dan nutrisi yang bersifat anti infamasi dapat membantu untuk mencegah kerontokan.

Minyak zaitun (olive oil)

Minyak zaitun memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu untuk membuat rambut menjadi lebih subur sekaligus mencegah kerontokan rambut. Minyak zaitun antara lain mengandung banyak vitamin E yang membantu untuk menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala, yang membawa berbagai nutrisi yang diperlukan oleh folikel rambut. Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun secara rutin akan membantu Anda untuk mendapatkan tambahan vitamin D. Vitamin D berperan sebagai hormon steroid yang bekerja untuk mencegah kerontokan rambut yang diakibatkan masalah hormonal.

Selain itu, seperti halnya minyak ikan, minyak zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyuburkan rambut dan menyehatkan folikel rambut, sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Cara penggunaan

Untuk menggunakan kombinasi minyak zaitun dan minyak ikan ada dua cara yang dapat Anda lakukan:

  • Cara yang pertama adalah dengan mengonsumsinya bersama makanan/minuman lainnya yang biasa Anda konsumsi setiap hari. Cara ini mudah dilakukan dan sekaligus membantu kesehatan jantung Anda.
  • Cara yang kedua adalah dengan menggosokkan minyak ikan dan minyak zaitun pada kepala Anda secara langsung. Untuk cara yang kedua ini, campurkan kedua minyak tersebut di dalam mangkok, lalu pijat kepala Anda dengan kedua minyak tersebut supaya menyerap ke dalam kulit kepala. Setelah itu, tutup kepala Anda dengan plastik penutup kepala dan biarkan 30 menit sampai meresap. Setelahnya, silakan dibilas dengan shampoo supaya tidak meninggalkan bau yang tidak sedap.

 

Tentang Penulis:
AhliHerbal.com adalah situs informasi dan jual-beli herbal alami yang amanah (terpercaya). Kami menjual berbagai herbal yang halal, terdaftar legal, dan secara klinis serta empiris terbukti bermanfaat.

——————————
Referensi :

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Kunyit Putih - 30 harga produk
    30ribu
    Kunyit Putih