web analytics

Konsultasi

Obat Asma untuk Anak 1,5 Th


  Diposting tgl: 18 Maret 2013

  Pertanyaan

Dok, saya punya anak berusia 1,5 tahun baru 2 kali terserang asma, yang saya tanyakan adakah obat inhaler yang bisa digunakan pada anak seusia anak saya ketika terjadi serangan asma? Mohon penjelasannya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

(Eko Wahyudi Sachlan, Sumenep)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Bapak Eko Wahyudi yang baik,

Diagnosis asma agak sulit ditegakkan pada anak di bawah usia 6 tahun, dan biasanya diagnosisnya disebut “Reactive Airway Disease”.

Pada usia 1,5 tahun tersebut lebih sering terjadi proses infeksi Bronchiolitis (saluran pipa udara kecil dalam paru-paru) yang gejalanya mirip asma. Memang di kemudian hari ada kemungkinan akan menjadi asma, apalagi bila memiliki riwayat kelurga dengan alergi/atopy.

Untuk penanganannya dapat diberikan nebulisasi dengan Ventolin (salbutamol). Dapat juga diberikan Ventolin inhaler tetapi tentu perlu dengan menggunakan alat babyhaler yang cukup sulit dijumpai di Indonesia.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.