web analytics

Pantangan dan Anjuran bagi Penderita Asam Urat

asam uratPenyakit asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

Daftar

Makanan Tinggi Purine

Makanan

Asam Urat

(mg/100g)

Teobromin (kafein cokelat) 2300
Limpa domba/kambing 773
Hati sapi 554
Ikan sarden 480
Jamur kuping 448
Limpa sapi 444
Daun melinjo 366
Paru-paru sapi 339
Kangkung, bayam 290
Ginjal sapi 269
Jantung sapi 256
Hati ayam 243
Jantung domba/kambing 241
Ikan teri 239
Udang 234
Biji melinjo 222
Daging kuda 200
Kedelai & kacang-kacangan 190
Dada ayam dg kulit 175
Daging ayam 169
Daging angsa 165
Lidah sapi 160
Ikan Kakap 160
Tempe 141
Daging bebek 138
Kerang 136
Udang Lobster 118
Tahu 108

Pantangan Asam Urat

Perubahan gaya hidup, konsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat. Berikut adalah makanan tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. (Ingat bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya).

  • Alkohol dan soft drink
  • Melinjo dan emping
  • Kacang-kacangan
  • Jamur, bayam matang, dan sawi
  • Daging kambing
  • Jeroan dan gajih (lemak)
  • Kerang-kerangan
  • Bebek dan kalkun
  • Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya
  • Krim dan Es krim

Anjuran

Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat:

  • Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)
  • Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
  • Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti:
    • Sayuran dan buah-buahan
    • Kentang
    • Alpukat
    • Susu dan yogurt
    • Pisang
  • Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
  • Aktif secara seksual (Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat).
  • Konsumsi salah satu produk alami yang dapat menyembuhkan asam urat seperti sidaguri, habbatussauda, brotowali, teh hijau, dll.

Photo credit: fanboyk

Rekomendasi:

Puratik adalah herbal berbentuk kapsul yang terbuat dari ekstrak sidaguri (sida rhombifolia), brotowali (tinospora cordifolia), kunyit (curcuma rhizoma), sambiloto (andrographis herba) dan jahe (zingiberis rhizoma) yang diramu dengan komposisi tepat untuk membantu menurunkan asam urat dalam darah dan mengurangi nyeri sendi.

Puratik adalah solusi alami pilihan bagi Anda yang ingin mencegah, mengobati dan mengelola asam urat.

364 Komentar

  1. ronald
    31 Desember 2007    

    lebih manjur minum jus sirsak

  2. dr Salma
    2 Januari 2008    

    Sirsak (Anona muricata) menurut beberapa literatur memiliki efek diuretik (melancarkan air seni) sehingga mungkin cukup baik bagi penderita asam urat. Yang jelas, kandungan vitamin C nya cukup tinggi.

  3. 3 Januari 2008    

    wah Thanks banget ya buat sehatbugar, sangat membantu infonya… :)

  4. Ratih
    7 Januari 2008    

    Apa asam urat bleh dipijit? Kl tidak kenapa? Sayuran apa saja yg boleh dimakan penderita asam urat.

  5. dr Salma
    8 Januari 2008    

    Penyakit asam urat (gout) disebabkan oleh hiperurikemia (terlalu banyak asam urat dalam darah). Cara paling tepat untuk mengendalikan asam urat adalah pengobatan. Banyak jenis obat yang cukup efektif mengendalikannya. Diet makanan hanyalah untuk membantu menghilangkan pencetusnya.

    Pijat tidak bermanfaat bagi penderita asam urat, karena yang diserang bukanlah otot. Nyeri asam urat disebabkan oleh adanya kristal pada persendian. Sebagai “olah raga pasif”, pijat mungkin ada manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah. Namun, sebaiknya tidak dilakukan. Pijat justru dapat memperparah peradangan asam urat.

    Hampir semua sayuran (selain asparagus, bayam, jamur, dan mlinjo yang disebut di atas) aman bagi penderita asam urat. Namun, untuk mengetahui sensitivitas masing-masing penderita asam urat terhadap setiap jenis sayuran, tidak ada cara lain kecuali “trial and error.” Coba saja dulu, bila ternyata ada reaksi, lain kali hindari.

    Sayuran dan buah-buahan sangat baik bagi penderita asam urat. Jadi, sebaiknya jangan dihindari. Justru harus diperbanyak konsumsinya.

  6. Itadz
    17 Januari 2008    

    Waduh, ternyata asam urat juga bisa menyerang wanita 39 tahun. Apa benar nyemil tempe goreng garit yang uenak bisa meninggikan asam urat. Saya pernah nyemil sambil lembur, tahu-tahu kejang-kejang. Itu asam urat atau apa? Asam urat saya sebelum 6,5 trus 7. Makasih, ya Dok?

  7. hanum fitriyah
    18 Januari 2008    

    Saya seorang wanita berusia 37 th tetapi sudah menderita kolesterol tinggi (351) dan asam urat tinggi (7,9). saya sdh ke dokter dan di beri beberapa obat tetapi sudah hampir 2 minggu dan obat hampir habis juga, persendian tangan sebelah kanan saya masih terasa sakit terutama bangun tidur pagi. saya sering baca beberapa referensi tentang pantangan-pantangannya, tetapi setelah baca referensi tersebut, saya jadi bingung sendiri lantas apa yang bisa dan boleh saya makan……… terlalu banyak yang dilarang untuk dimakan. tolong beri contoh makanan yang baik buat penderita hipercolesterol dan hiper uric acid seperti saya ini ?????

  8. dr Salma
    20 Januari 2008    

    Itadz,

    Asam urat memang lebih banyak diderita pria dibandingkan wanita (perbandingannya 4: 1 pada usia di bawah 65 th dan 3:1 pada usia di atas 65 tahun. Kadar asam urat Anda 6,5 – 7, cukup tinggi. Namun, bukan berarti penyebab “kejang-kejang” itu adalah asam urat Anda.

    Untuk memastikannya, perlu pemeriksaan lebih lengkap oleh dokter. Untuk amannya, lebih baik Anda hindari makanan yang memicu “kejang-kejang itu” dan mulai menjauhi diet tinggi kadar purin– termasuk yang berbahan kedelai dan kacang-kacangan lainnya yang “uenak” dan “maknyus” :-)

  9. dr Salma
    20 Januari 2008    

    Hanum,

    Wah, kalau mau daftar makanan lengkap yang cocok dan tidak cocok bagi Anda yang punya kolesterol dan asam urat tinggi, perlu merujuk pada ahli gizi. Mereka yang punya ilmu lengkap mengenai masing-masing jenis makanan dan kadar gizinya. Beberapa buku dengan resep khusus yang rendah kolesterol dan aman bagi penderita asam urat juga tersedia di toko buku. Coba Anda cari di sana.

    Yang jelas, memang Anda harus ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi makanan, agar hiper kolesterol dan uric tadi tidak berlanjut menganggu organ penting tubuh dan menimbulkan komplikasi. Target Anda: mengurangi total kolesterol (HDL+LDL) hingga di bawah 200 mg/dl dan asam urat di bawah 6 mg/dl. Lebih baik mencegah dengan menjaga diet daripada mengobati penyakit.

    Mengenai obat yang belum efektif menangani keluhan, harus kembali dikonsultasikan ke dokter yang menangani. Obat yang diberikan biasanya ada beberapa macam, ada yang untuk menghilangkan nyeri dan peradangan (berbentuk pil/kapsul atau disuntikkan ke persendian, bila kasusnya akut), ada juga yang untuk menurunkan kadar asam urat (jenisnya tergantung penyebab, apakah karena over produksi atau kurang pengeluaran).

    Tetaplah bersabar menjalani pengobatan dan terus berdoa agar cepat sembuh :-)

  10. iwan susanto
    26 Januari 2008    

    dok saya baru selesai MCU hasilnya asam urat saya 9.5 saya mohon saran dari dokter apa yang harus saya lakukan,agar bila saat MCU ulang asam urat saya normal?

  11. jordan
    26 Januari 2008    

    apakah asam urat itu?

  12. dr Salma
    28 Januari 2008    

    Asam urat adalah asam yang ada dalam air seni dan darah sebagai limbah pengolahan purin (protein). Tingginya kadar asam urat dalam darah menunjukkan gangguan metabolisme tubuh, baik karena produksi berlebihan maupun kesulitan dalam pembuangan lewat air seni.

  13. roni
    4 Februari 2008    

    dok saya pria usia 24 thn, sudah sekitar 1 tahun lutut kiri saya terasa agak nyeri sedikit, sekarang malah sendi lutut kiri itu terasa panas, dan yang sebelah kanan juga mengalami hal yg sama. beberapa jari tangan dan kaki juga terasa seperti ini, ngilu dan agak panas. kadang2 siku tangan juga.

    waktu kuliah dulu saya memang jarang sekali berolah raga, kabanyakan duduk, sampai suatu saat lutut saya itu mulai sakit.

    saya sudah memerikasakan ke dokter terdekat, katanya coba olah raga teratur dan makan makanan sehat dulu.

    apakah ini menunjukkan saya penderita asam urat? apakah usia saya memungkinkan untuk mendita asam urat? sekarang sebaiknya apa yg harus saya lakukan dok? thanks.

  14. dr Salma
    4 Februari 2008    

    Penyakit asam urat adalah satu jenis penyakit degeneratif, jadi memang agak jarang yang masih muda seperti Anda sudah terkena. Namun, tidak menutup kemungkinan. Untuk memastikannya, harus dilakukan tes kadar asam urat dalam darah (kadar normal 2-6 mg/dl). Banyak penyakit yang memberikan gejala yang sama, jadi tidak mudah untuk langsung mengambil kesimpulan tanpa pemeriksaan yang memadai.

    Coba berolah raga dan jaga pola makan, terutama bila Anda kegemukan. Bila masih terus ada keluhan, kembali ke dokter untuk ditegakkan diagnosisnya melalui tes laboratorium dan pemeriksaan lainnya.

  15. 13 Februari 2008    

    apakah aman bagi penderita asam urat yang sendinya masi kemerahan melakukan aktifitas olahraga?

  16. dr Salma
    14 Februari 2008    

    Sebaiknya jangan dulu. :-)

  17. korry
    22 Februari 2008    

    Yth dr. Salma,

    Saya seorang perempuan bekerja, berumur 34 tahun, menikah, beberapa bulan lalu saya merasakan yeri di lutut sebelah kiri saya, terutama saat menaiki tangga dan berlutut, lutut saya terasa nyeri sekali…apakah ini merupakan gejala asam urat atau memang saya udah menderita asam urat (meskipun saya belum memeriksa rasa nyeri lutut saya ke dokter). Saya senang kangkung….bolehkah penderita asam urat makan kangkung?

  18. dr Salma
    22 Februari 2008    

    Untuk memastikan asam urat atau bukan, harus diperiksa di lab. Kalau memang betul asam urat, konsumsi kangkung harus dikurangi/dihentikan.

  19. tri widyanto
    11 Oktober 2010    

    dok. saya laki2 32 th,,, beberapa bulan terakhir ini lutut saya terkadang terasa nyeri luar biasa, biasanya pd malam hari ketika tidur,, apa ini gejalaasam urat.tks..

  20. dr Salma
    11 Oktober 2010    

    Anda harus memeriksakan diri ke dokter, tidak bisa diagnosis tanpa melakukan pemeriksaan diagnostik dan pendukungnya. Salam.

  21. titik harjati
    15 Oktober 2010    

    dok apa asam urat kl kita rutin berobat bs sembuh total,atau obat hanya menyembuhkan sementara sj? salam

  22. dr Salma
    15 Oktober 2010    

    Ya, tapi pengobatan rutin saja tidak cukup, harus ada perubahan gaya hidup (pola makan, berolahraga, dll) agar tingkat asam urat dapat terus terjaga dalam batas normal.

  23. sakti
    15 Oktober 2010    

    dok, apakah ada pengaruh pada kandungan untuk seorang penderita asam urat yang sedang hamil?

  24. dr Salma
    15 Oktober 2010    

    Kehamilan memang pada beberapa kasus bisa membuat tubuh memproduksi asam urat berlebihan. Sejauh yang saya tahu, asam urat tidak menimbulkan komplikasi kehamilan. Konsumsi obat apa pun selama hamil, terutama di trimester pertama, harus sangat berhati-hati. Untuk mengurangi serangan asam urat sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan kecuali yang sudah terbukti aman bagi kehamilan (harus dengan petunjuk/resep dokter).

  25. 19 Oktober 2010    

    dok kalau bunga rosela kering yang diseduh apakah boleh dok ???

  26. benny
    20 Oktober 2010    

    dok saya mau tanya apakah sayuran brokoli dan susu kedelai boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena asam urat saya 7.2. terima kasih,.

  27. dr Salma
    21 Oktober 2010    

    boleh

  28. dr Salma
    21 Oktober 2010    

    Brokoli biasanya aman bagi asam urat. Respon orang berbeda-beda, makanya sering ada simpang siur informasi mengenai makanan yang dilarang dan diajurkan. Brokoli banyak yang menganjurkan dapat meredakan asam urat (karena bersifat basa/alkalin seperti umumnya sayuran). Namun, ada juga yang melaporkan menjadi pemicu serangan asam urat. Kalau ragu, ya tinggalkan aja. Kan masih banyak pilihan makanan lain? Susu kedelai juga sebaiknya dihindari.

  29. riki
    22 Oktober 2010    

    halo dok, saya mau tanya..ayah saya terkena asam urat, dan sudah di periksa ke dokter.. yang saya mau tannya, apakah penderita asam urat boleh makan-makanan vegetarian yang terbuat dr jamur? dan apakah baik bila mengkonsumsi obat TCN (Obat asamurat) terus menerus pada saat kambuh???

  30. dr Salma
    25 Oktober 2010    

    Saya belum pernah mendengar ada pasien yang mengeluhkan kambuh asam urat karena makan jamur (note: koreksi, setelah melihat daftar makanan tinggi purine, beberapa jenis jamur ternyata termasuk di dalamnya. Jadi, mungkin saja bila asam urat kambuh setelah mengkonsumsi jamur.) Mengenai obat, boleh dikonsumsi kalau memang kambuh, tapi kalau sudah sembuh sebaiknya dihentikan atau dikurangi dosisnya hanya untuk mengelola kadar asam urat tetap normal. Paling baik mengendalikan asam urat dengan berpantang makanan tinggi purin dan meningkatkan kualitas kesehatan melalui olah raga dan menjaga berat badan.

  31. rika
    27 Oktober 2010    

    dok saya usia41th kalau sy habis duduk rilek setelah sy bangun pergelangan kaki bagian belakang terasa sakit,berat dan kaku sehingga kalau jalan hrs tergopoh2 dulu tetapi setelah beberapa langkah kembali normal dan kadang tangan dan kaki terasa linu kira2 penyakit apa ya dok? dan bgm cara menanggulanginya?

  32. dr Salma
    28 Oktober 2010    

    @Rika: Kelihatannya bukan asam urat. Sebaiknya diperiksa dokter secara fisik dan dengan diagnostik penunjang di lab. Bisa saja gangguan saraf di punggung (sciatica), masalah sendi, atau lainnya. Saya tidak bisa membuat kesimpulan tanpa memeriksa.Semoga membantu.

  33. Siti
    28 Oktober 2010    

    Dok, saya sering ngalamin datang benjolan dan berasa gatal dan nyeri secara tiba-tiba setiap titik seperti tangan, telapak kaki, kira2 penyakit apa ya dok dan bagaimana cara penyembuhannya?????
    Tapi saya sudah periksa kedokter, tp kata dokter tidak ada penyakit apa2 yang serius… Lalu bagaimana dok????

  34. PUTRI
    30 Oktober 2010    

    dOK, APA bedanya asam urat dengan rematik……?
    kenapa yang saya rasakan selaMa ini adalah seperti asam urat, tetapi seperti nya penyebab nya di karenakan sering Mandi Malam! jadi, penyakit yang saya rasakan itu asam urat atau reMatik ya dok????
    TriMs…

  35. dr Salma
    30 Oktober 2010    

    @Putri: Asam urat dan rematik sama-sama menyerang sendi, bedanya rematik biasanya dimulai di sendi lutut, jari tangan, pergelangan, dan terus lainnya. Asam urat dimulai di bawah, terutama pada jari kaki, karena faktor gravitasi pada kristal asam urat. Tapi selain persamaan itu, keduanya beda sekali sebab dan penangannya. Rematik disebabkan gangguan autoimun sedangkan asam urat disebabkan penumpukan asam urat yang merupakan buangan hasil metabolisme. Serangan asam urat biasanya tidak dipicu oleh mandi malam, tapi oleh makanan. Kita hanya tahu Anda terkena penyakit apa setelah pemeriksaan medis menyeluruh, termasuk dengan dukungan lab. Semoga membantu.

  36. dr Salma
    30 Oktober 2010    

    @Siti: Kalau dokter Anda yang memeriksa langsung saja tidak dapat mengetahui, apalagi saya :). Mungkin alergi, mungkin infeksi, mungkin juga yang lainnya. Coba mencari second opinion dari dokter lain. Banyak penyakit yang tidak ada indikasi medisnya dan penyebabnya adalah kejiwaan (psikosomatis).

  37. Lin
    2 November 2010    

    Pak Dok,

    Setelah usia yang ke-51, kemarin saya didakwa sebagai penderita asam urat (high), kalau dari keterangan di atas saya ada pertanyaan, apakah dengan sering menahan kencing akan berakibat asam urat? Karena saya sering sekali menahan kencing jika tempatnya tidak representative dan saya memilih menahan kecing sampai pulang ke rumah dan itu bisa memakan waktu kurang lebih 12 jam (orang normal, biasanya sudah 2 atau 3 kali ke kamar kecil).

    APakah gejala asam urat itu juga dirasakan dengan ujung-ujung jari yang terasa panas dan seperti luka dalam yang tertumbuk batu, dan akan terasa gatal jika terkena air dingin, misalnya jika sehabis mandi, ujung-ujung jari akan terasa panas, kesakitan dan gatal sekali sehingga saya harus menggosok-gosok kan ujung jari-jari saya ke handuk sampai permukaan kulit terasa agak hangat, baru rasa nyeri dan dan gatalnya itu meredah.

    Apakah asam urat juga mempengaruhi keseimbangan tubuh? ketika kita berjalan rasanya mau jatuh ke arah kanan atau kiri, dan kalau saya rasanya ingin doyong ke sebelah kanan terus..

    Demikian dari saya.

    hormat
    Lin

  38. Lin
    2 November 2010    

    Tambahan info Dok, dari Lin.

    Bersama dengan pemeriksaan asam urat saya juga memeriksakan kolesterol dan gula tapi untuk kedua jenis ini saya dinyatakan normal sedangkan tensi darah saya 130/70.

    Padahal dari muda tensi saya akan selalu berkisar 90/70 atau 100/70
    bahkan sekitar 2 bulan lalu tensi darah saya mencapai 80/63

  39. dr Salma
    2 November 2010    

    Yth Ibu Lin, menahan kencing tidak menyebabkan asam urat, walaupun demikian tetap saja kebiasaan menahan kencing itu tidak baik karena sering menimbulkan masalah-masalah lain di saluran kencing misalnya ISK/Infeksi Saluran Kencing dan batu ginjal. Asam urat 90 % disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal untuk membuang asam urat secara tuntas dari dalam tubuh melalui air seni (bisa karena ada masalah/penyakit di ginjal atau penyebab lain yang sampai sekarang belum diketahui). Adapun keluhan yang ibu rasakan di ujung-ujung jari saya anjurkan untuk diperiksa lebih lanjut, karena gejala asam urat didominasi rasa nyeri dan bengkak di persendian. Tensi sangat mungkin untuk naik turun bu, tapi tensi 130/70 masih termasuk normal.

  40. 7 November 2010    

    Cara tercepat atasi asam urat dengan bekam ( kop / hijamah ) dan lanjutkan dengan mengkonsumsi jamu yang berfungsi untuk menyehatkan ginjal dan meluruhkan asam urat.

  41. posmaria
    10 November 2010    

    Dokter yang baik,
    suami saya (38 th) sangat takut dengan hasil labnya terakhir (1 minggu lalu). Kadar asam urat 7.3; kolesterol > 205. Masalahnya kami tidak mendapat sumber tepat mengenai pantangan dan anjuran tentang makanan bagi kondisi tersebut. Berbagai buku sudah kami baca (beli) namun tidak ada yg secara jelas menyatakan mana yg boleh dan tidak. Satu contoh ttg kacang, ada buku mengatakan boleh asal dibatasi agar kadar asam urat menurun, tp kacang tidak boleh untuk kolesterol. Bagaimana ini Dokter?

  42. dr Salma
    10 November 2010    

    @posmaria, bisa dimaklumi bila suami Anda cemas. Langkah Anda mempelajari mengenai seluk-beluk penyakit juga bagus. Mengenai simpang-siur pantangan, memang begitu adanya. Makanan yang memicu serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan masalah bagi orang lain. Yang paling aman ya kalau ragu sebaiknya dihindari.

  43. Tha
    18 November 2010    

    Dok, mau tanya, saya ibu2 usia 41, asam urat 6,3, kolesterol 209, IMT 38,5, merasakan sakit di dengkul kanan saya sejak 4 bln terakhir, kalau duduk kelamaan terasa nyeri dan tidak bisa langsung berjalan. Dengkul atas sakit spt bengkak dan lipatan kaki di belakang dengkul rasanya nyeri seperti ketarik. Diet apa yang cocok utk saya, saya paling suka makan ikan, tidak makan daging sapi. Saya suka minum susu cair lowfat. Saya juga suka sayur bayam dan kangkung, yg ternyata tidak boleh, kalau sayur sawi putih atau yg hijau besar (+sambal) boleh tidak dok. Terima kasih.

  44. khamim
    18 November 2010    

    docter salma,
    doct apakah asam urat bisa bikin nyeri dada,karna saya sering nyeri didada baik kanan/kiri pernah saya ekg dan rongten tapi hasilnya alhamdulillah jantung paru2 ginjal sehat,trus tahu tempe amankah buat penderita asamurat,kadar asam uratku 8,2,trus jus jipang(labusiam)katanya bagus sekali buat asamurat benarkah

  45. tom
    20 November 2010    

    Dok,sy mau tanya apakah kalau makan sayuran kol itu bisa memicu penyakit asam urat?thx

  46. 21 November 2010    

    Dok,umur sy 21 tahun tapi sy sudah mengidap penyakit asam urat (kata dokter yg telah memeriksa sy).Hampir 1 bulan lutut saya nyeri,panas,disertai bengkak.Paha saya smakin mengecil..Dokter hanya memberi sy obat..Tapi sampai sekarang masih nyeri dan bengkak..Apa yg harus sy lakukan dok ?

  47. sansan
    22 November 2010    

    dok umur saya baru 28 th, tapi persendian saya suka sakit” terutama di bagian lutut, atas lutut, sikut dan atas sikut… apakah gejala itu merupakan gejala asam urat? tolong petunjuknya dok..
    terima kasih

  48. dr Salma
    22 November 2010    

    @Tha, khamim, hasbi, sansan dan lainnya… mohon maaf sekali saya tidak bisa berkomentar mengenai penyakit Anda tanpa memeriksa langsung. Mengenai makanan apa saja yang memicu asam urat, saya akan usahakan untuk menulis artikel khusus mengenai diet dan pengobatan asam urat. Informasi di sini hanya umum sifatnya. Karena setiap tubuh kita mengolah dan merespon makanan secara berbeda, sensitivitas terhadap masing-masing makanan juga berbeda.Ingat juga bahwa penyakit asam urat bukan hanya disebabkan oleh memakan makanan tinggi purin, tapi juga kegagalan tubuh mengeluarkan asam urat secara cepat. Salam.

  49. 23 November 2010    

    Dok saya lelaki 35 th, punya asam urat tinggi 7.8, cholertyerol 214 melakukan aktivitas sepakbola resiko dak dok,

  50. dr Salma
    23 November 2010    

    Ngga papa, olah raga bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh, asalkan jangan terlalu bersemangat sehingga terforsir.

  51. NURAINI
    24 November 2010    

    saya perempuan berusia 32 tahun, saya sudah periksa ke lab, tenyata saya menderita asam urat dengan 7,6, lalu saya harus bagaimana, sekarang lutut saya sering sakit. tq

  52. martadi
    24 November 2010    

    dR Salma yth,

    saya penderita asam urat sudah adak lama +/- 1.th
    saya selama ini tidak ada pantangan makan.
    apabila terasa ruas jari kaki dan tangan pegal2,saya langsung minim daum “TAPAK DEWA” yng direbus,tidak berapa lama sakit2 tsb hilang/macam tak ada penyakit.
    yang ingin saya tanyakan: berbahayakah bila minum 2hari sekali,apakah ada efek samping?? dan juga kebal thd khasiat daun tsb??

    makasih dokter.salam

  53. dr Salma
    24 November 2010    

    @martadi, secara umum jamu tidak memiliki efek samping bila prosesnya higienis dan Anda tidak memiliki penyakit tertentu yang kontra-indikasi dengan khasiat zat aktif jamu tersebut. Bila sudah membaik cukup lama, mungkin sebaiknya minum jamunya dihentikan saja.

  54. martadi
    24 November 2010    

    Mat malem dr Salma,,
    mohon maaf nambah lagi pertanyaanya,tadi lupa,hehe,,,

    penyakit ASAM URAT itu bisa sembuh total atau si pasien hanya bisa menghindari pantangan,dg kata lain hanya bertahan untuk tidak lebih parah.

    Matur nuwun Buk dokter.salam

  55. dr Salma
    24 November 2010    

    Penyakit asam urat termasuk jenis penyakit degeneratif, seperti diabetes, hipertensi, dll. Penyakit semacam itu hanya bisa dikelola, tidak bisa disembuhkan. Bila gaya hidup diperbaiki, termasuk pola makan, aktivitas fisik, dll maka bisa saja penyakit tidak akan kambuh selama bertahun-tahun atau seterusnya (meski tidak bisa disebut sembuh, karena kemungkinan timbul lagi selalu ada). Semoga membantu. salam.

  56. effie
    26 November 2010    

    dok, apa pantangan makanan bagi penderita asam urat yang paling rawan terutama bagi penderita asam urat mencapai >7. dan apakah kacang hijau dan kedelai beserta produk olahannya aman bagi penderita asam urat. trims.

  57. Hamdillah
    29 November 2010    

    Pd tahun 2002 sy terserang gout, pinggang rasanya sakit sekali, melalui pengobatan dan diet asam urat saya turun dari 9 menjadi 7. Saya periksa lagi Pd thn 2009 kadar asam urat saya 9 lagi, tetapi alhamdulillah saya tdk merasakan apa2 ? Mengapa demikian dok ? saya aktif berolahraga 2 x seminggu dan senang minum air putih dan tdk ada pantangan dlm makan, tetapi kadang2 membatasi juga.Terima kasih atas penjelasan dokter.

  58. Siska
    30 November 2010    

    Dok,

    terakhir saya cek kira2 minggu lalu dan saya kaget karena asam urat saya 11, dan itu tinggi banget setahu saya, tapi kenapa saya cuma ngilu-ngilu ditangan saja yah , tidak sampai bengkak seperti orang2 lain , karena saya lihat saudara saya sampai tidak bisa jalan.
    kolesterol saya 111, gula darah saya 117 , apa itu pemicu juga yah ? thanks

  59. saidah
    3 Desember 2010    

    dok,saya wanita umur 53 thn..belakang lutut sebelah kiri saya bengkak .kalau dibuat jalan nyeri sekali tp kalo di buat tiduran tidak terasa sakit.ini gejala rematik apa asam urat dok??trims

  60. dr Salma
    4 Desember 2010    

    @saidah, Anda perlu mendapatkan diagnosis untuk mengetahui penyebabnya. Bila bukan salah satu penyakit di atas, bisa juga sebab lainnya.

  61. dr Salma
    4 Desember 2010    

    @Siska, saya sudah menulis cukup banyak mengenai asam urat dalam beberapa artikel. Coba Anda lihat infromasinya di sana. Salam.

  62. dr Salma
    4 Desember 2010    

    Asam urat tidak bisa disembuhkan karena bukan penyakit infeksi. Yang bisa dilakukan, dikelola sehingga tidak kambuh lagi (kadarnya tidak meningkat dalam darah).

  63. Lisa
    7 Desember 2010    

    Dr Salma yth, saya ibu rmh tangga umur 45 thn,sudah hampir 10 thn saya menderita sakit2 pada sendi2 semua,kalo duduk lama waktu bangun lututnya sakit,bangun tidur semua jari2 tangan sakit,kalo lagi kambuh berat semua jari kaki, sendi2,lutut pada sakit semua, sampai susah jongkok,tapi sudah bolak balik ke dokter ,periksa di lab asam urat ????? rematik saya tidak pernah tinggi, asam urat selama ini saya periksa paling tinggi 5 aja, tapi kog bisa sakitnya setengah mati semua urat2nya, kalo saya baca di artikel semua gejala2 hampir seperti yang menyerang saya, tapi saya cek darah asam urat tdk pernah tinggi,terakhir cek cuma 5, menurut dokter apakah penyakit saya, terima kasih

  64. dr Salma
    7 Desember 2010    

    @Lisa, saran saya ibu perlu memeriksakan diri ke ahli rematologi (rematolog) yang mengkhususkan diri pada penyakit yang Anda keluhkan. Perlu pemeriksaan menyeluruh untuk memeriksa penyebabnya bila memang kadar asam urat normal dan RA negatif.

  65. yossar
    12 Desember 2010    

    dok,lutut saya terasa ngilu n sakit sekali.klw sya bca artikel kyak y mirip asam urat lalu apa yg harus saya lakukan?apa klw sering saya bawa jalan bs mengurangi?

  66. Retno Satuti
    13 Desember 2010    

    Dokter,sdh 2 mnggu terakhir ini telapak kaki kiri saya terasa sakit utk berjalan, lalu sy tes drh dan hasilnya kdr asam urat saya tinggi skli 12,7 dan kolesterol 243. blm lagi sy susah BAB dan bibir kering pecah2. Apakah sudah sangat berbahaya penyakit saya ini dok ? Terimakasih..

  67. anis
    14 Desember 2010    

    Suami saya 35 th asm urat 7 tp kolestrol normal, dan trigliseridax yang tinggi makanan apa saja yang berpantang utk suami???

  68. WIlli
    14 Desember 2010    

    dok, saya pria usia 22 thn. kemarin tes kesehatan dan asam urat saya cukup tinggi. Apakah asam urat saya bisa turun dengan waktu yang singkat bila saya mengikuti smua anjuran yang di jelaskan diatas + mengkonsumsi obat? kira2 brp hari baru saya bisa tes kesehatan kembali?

  69. dr Salma
    14 Desember 2010    

    @wili, tidak ada yang tahu seberapa cepat asam urat Anda turun bila melaksanakan anjuran di atas dan mengkonsumsi obat. Respon tubuh setiap orang berbeda terhadap perubahan gaya hidup dan efektivitas obat. Namun, dalam usia Anda yang masih muda saya kira akan cukup cepat responnya. Asam urat tinggi (hiperurikemia) baru akan menjadi masalah dalam jangka panjang. Sejauh Anda memiliki gaya hidup yang sehat, tidak perlu terlalu dicemaskan.

  70. dr Salma
    14 Desember 2010    

    @retno, gejala-gejala yang Anda sampaikan tidak terlalu saling berhubungan. Saya harap Anda tidak terlalu mencemaskan kondisi kesehatan Anda. Tetaplah berpikiran positif karena hanya dengan berpikiran positif saja dapat membuat diri Anda lebih baik. Ikuti nasihat dan petunjuk dari dokter serta banyak berdoa, mudah-mudahan Anda akan sehat kembali.

  71. 17 Desember 2010    

    kuaci putih dari biji buah labu bereksiko ke asam urat nga Bu??????

  72. dr Salma
    17 Desember 2010    

    @andha, wah kurang tahu kalau itu.

  73. Sitanggang
    21 Desember 2010    

    Dokter,
    Apakah mengkonsumsi buah alpukat pantang buat asam urat dan kolesterol?
    Karena asam urat dan kolesterol saya tinggi.
    Terima kasih

  74. dr Salma
    21 Desember 2010    

    Alpukat biasanya tidak meningkatkan kolesterol darah ataupun asam urat karena asam lemak yang dikandungnya termasuk jenis “monounsaturated fat”, yaitu jenis lemak yang baik dan bahkan, berpotensi menurunkan kolesterol. (Silakan baca artikel di situs ini mengenai jenis-jenis lemak).

  75. 22 Desember 2010    

    Dokter,
    Istriku umur 47 sakit akut pada lutut kanan dan kiri sampai paha atas sdh 2,5th, saya sudah berobat keDoter Ortopedy setelah dironsen hasilnya normal, sdh banyak makan obat dari Dokter tapi rasa sakit akutnya juga blm ada perubahan, pada hal asam urat normal,kolesterol normal, yang saya mau tanyakan apa sih Dok penyebabnya dan obat apa yang dapat menyembuhkan/ menghilangkan rasa sakit akut pada lutut istri saya
    Terima kasih

  76. rahmad
    23 Desember 2010    

    saya pernah mengalami kencing batu, namun saat ini sudah berkurang walaupun masih pernah dan itu dapat dikelurkan melalui kencing normal. pada saat ini berdasarkan hasil tes lab. kadar asam urat saya 9,4. apakah ada hubungannya antara kencing batu dengan asam urat? mengingat semua bermasah dari ginjal. apa abat medic yang baik dan obat tradisonal untuk penderita asam urat?

  77. dr Salma
    23 Desember 2010    

    @suparmin. Mungkin yang dimaksud bapak adalah rasa sakit kronis, karena sudah berlangsung 2,5 tahun? Mohon maaf sekali saya tidak bisa memberi saran atau penilaian karena tidak memeriksa istri Anda secara langsung. Selain itu, keluhan istri Anda sudah harus ditangani spesialis yang memang mengkhususkan diri di bidang itu. Cobalah untuk mencari informasi ahli rematologi (rematolog) di wilayah sekitar Bapak yang bisa mendiagnosis dan memberikan saran perawatan untuk istri Anda. Mudah-mudahan di tangan ahlinya, akan diketahui penyebab yang mendasari. Semakin cepat, semakin baik agar tidak menimbulkan komplikasi. Salam.

  78. dr Salma
    23 Desember 2010    

    @rahmad. Memang ada kaitan antara kencing batu/batu ginjal dengan asam urat. Salah satu konsekuensi jangka panjang hiperurikemia (kelebihan asam urat dalam darah) adalah pembentukan batu ginjal. Silakan baca artikel terkait di situs ini mengenai batu ginjal. Pengobatan tradisional dan medis untuk asam urat juga sudah dikupas dalam beberapa artikel lain di situs ini. Semoga membantu.

  79. mutki
    25 Desember 2010    

    dokter, mau nanya, kakak saya punya kenalan memiliki penyakit asam urat dan sudah pernah operasi karena sudah sampai pengapuran. saat ini kakak saya bingung untuk menerimanya sbg suami atau tidak. apakah penyakit tsb berbahaya atau menurun? selain itu stlh operasi bisa sembuh? sulitkah cara pengobatannya? usianya sekitar 45th.mohon jwbn

  80. dr Salma
    25 Desember 2010    

    @mukti, pengapuran (tofi) di sendi yang harus dioperasi biasanya terjadi karena proses hiperurikemia menahun yang lama dan tidak terkontrol. Namun, setelah dioperasi mestinya tidak berulang dalam waktu cepat. Apalagi bila semua terapi dan anjuran dokter dijalankan. Penyakit asam urat bisa saja disebabkan faktor keturunan di mana secara genetik memiliki kecenderungan memproduksi uric acid tinggi atau kesulitan mengeluarkannya dari tubuh secara cukup cepat. Namun, saya kira tidak perlu dicemaskan. Dengan gaya hidup yang sehat dan pengendalian penyakit yang tepat (bila sudah terkena), penyakit asam urat tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Kita semua secara genetik pasti punya kelemahan, kalau bukan kerentanan terhadap asam urat tinggi, mungkin yang lainnya. Berpikir positif terhadap tubuh kita adalah salah satu cara untuk menjadi sehat setiap saat.

  81. vian
    3 Januari 2011    

    dr Salma, usia sya 29th mengalami rasa nyilu d smua persendian & setelah
    membaca dari bbrp artikel rasa yg sya
    alami ini cocok dg gejala asam urat. Ada
    dari sbuah artikel mnyebutkan bhw btas
    normal purin 2-6, stelah saya cek d sbuah
    apotik kandungan dari darah saya cuma 3,9 tetapi dokter d apotik tsb mengatakan
    bhw btasnya adalah 4. Yang ingin saya
    tanyakan dok:
    1. Apa smua alat ukur asam urat tidak
    memiliki ukuran yg sama?
    2. Brp batas normal yg sbenarnya? 3. Apabila saya tidak terkena asam urat,
    apakah rematik bisa d periksakan melalui
    lab.?
    Mohon d jwb y dok. Trimakasih…

  82. siti
    3 Januari 2011    

    Dokter,saya umur 29 tahun 2 minggu ini lutut saya,jari2 kaki dan tanggan,pergelangan dan persedian terasa nyeri apalagi klo bangun tidur rasanya nyeri sampai-sampai buat jalan susah,saya sudah priksa kedokter dikasih obat axopen ibu profen,meloxicam,neurosanbe setelah minum obat diatas biasanya hilang nyeri sy tp klo habis kambuh lagi,mau tanya juga dok obat-obat diatas aman tidak untuk ibu menyusui karena skrg sy masih menyusui.terimakasih

  83. dr Salma
    3 Januari 2011    

    @vian, 1. Memang alat ukur asam urat yang digital perlu sesekali dikalibrasi untuk mengecek keakuratannya. Pengukuran yang lebih akurat dilakukan di laboratorium dengan peralatan dan tenaga profesional yang lebih lengkap.
    2. Batas normal laki-laki dan perempuan berbeda. Asam urat dikatakan tinggi pd laki-laki >7, pada perempuan>5. Tetapi masing-masing lab bisa memiliki batas normal yang sedikit berbeda tergantung alat yang digunakan.
    3. Bisa. Anda bisa meminta pemeriksaan rematoid artritis di lab.

  84. dr Salma
    3 Januari 2011    

    @siti, obat-obatan itu aman untuk ibu menyusui.

  85. wulan
    5 Januari 2011    

    Dok,usia saya 21 th.saya sering mengalami nyeri2 di persendian, apalagi setelah mengangkat barang2 berat, tangan terasa ngilu2.Dan setelah memakan makanan yang menjadi pantangan asam urat pasti nyeri2 dipersendian kambuh.Pertanyaannya,apakah saya menderita asam urat??apakah asam urat bisa menyerang anak muda, seusia saya???trims

  86. dr Salma
    5 Januari 2011    

    @wulan, nyeri persendian tidak selalu disebabkan oleh asam urat,bisa juga disebabkan artritis rematik, osteoartritis, dll. Cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk didiagnosis penyakitnya.

  87. tio
    5 Januari 2011    

    Dok, mo tanya. Purin itu di kluarkan dr dlm tbuh apa cm mlalui urine saja..? Thx. Salam

  88. dr Salma
    5 Januari 2011    

    @tio, sekitar dua pertiga purin dikeluarkan dari ginjal lewat air seni (urine) setiap hari, sepertiga sisanya dikeluarkan lewat tinja.

  89. noenx
    7 Januari 2011    

    dok saya sudah general check up,dan kadar asam urat saya tinggi 9,2 sdang batas max pria 7,2…apa saya perlu berobat dok?

  90. dr Salma
    7 Januari 2011    

    @noenx, asam urat tinggi yang tidak menimbulkan gejala (hiperurikemia asimptomatik) tidak perlu perawatan kecuali sangat tinggi melampaui batas max atau perlu segera dibuang dari ginjal (dua kasus yang rentan artritis gout dan kolik ginjal). Anda lebih baik menjaga berat badan, mengendalikan diet, dan kebiasaan lain yang bisa menurunkan asam urat secara alami.

  91. maya
    12 Januari 2011    

    untuk wilayah makassar,tempat terapi penyembuhan rematik di mana dokter?

  92. dr Salma
    12 Januari 2011    

    @maya, wah kalau itu saya kurang tahu. Coba hubungi RS Unhas, sebagai rumah sakit pendidikan tentunya memiliki poliklinik lengkap yang juga mencakup rematologi. salam.

  93. tary
    13 Januari 2011    

    dok, saya mau bertanya.. Ayah saya usia 50th. Dia punya penyakit asam urat.. Kalau udah kumat dia tidak bisa berjalan.. Dan melakukan segala aktivitasnya di tempat tidur.. Masalahnya ayah saya memilik asam lambumg yang cukup tinggi. Sehingga kalo dia mengkonsumsi obat asam urat dari dokter membuat dadanya sesak.. Bagaiman sebaiknya ya dok? Tolong dibantu..

  94. dr Salma
    14 Januari 2011    

    @tary, sebagian besar obat artritis gout (asam urat) memang memiliki efek ke lambung. Jadi, sebaiknya sebelum meminum obat tersebut lambung dilindungi dulu dengan meminum obat maag sekitar 1 jam sebelum makan. Obat asam uratnya kemudian diminum benar-benar sesudah makan. Mudah-mudahan ayah Anda tidak lagi mengalami keluhan sesak dada.

  95. vian
    15 Januari 2011    

    dr. Salma, saya mo nanya lagi, pergelangan tangan saya kalo digerakkan memutar trasa nyilu, pangkal jari terasa kaku bila d buat menggenggam otot trasa tertarik bgitu pula pada telapak kaki saya, ditambah pembengkakan tapi empuk d samping kedua mata kaki sebelah luar, klo bngun tidur trasa kaku smua dan klo dingin breasa nyilu. Saya kira itu asam urat, saat cek ke lab. Saya minta asam urat dan rematik tp kata petugasnya itu sama saja, dan akhirnya yang saya cek: Asam urat, gula darah, hemoglobin, lekosit, trombosit, hematokrit, eritosit, LED dan urine reduksi semua normal. Lalu gejala apa nih dok? Tolg anjuran dari dokter…terima kasih.

  96. ali
    15 Januari 2011    

    GENJER, adakah manfaat mengkonsumsi atau tidak, bagi pengindap asam urat.

  97. herman albryanto
    16 Januari 2011    

    Saya herman Albryanto umur 56 th,saya penderita asam urat yang ingin saya tanyakan apakah olah raga seperti lari di sore hari salah cara utuk penyembuhan penyakit saya mohon solusi atau saran yang bermanfaat buat kami penderita asam uarat terima kasih

  98. marihot
    16 Januari 2011    

    dok, saya teridentifikasi asam uratnya 6,8 padahal saya baru berumur 20 tahun. kira-kira penyebabnya apa dan bagaimana penanganannya?

  99. endah
    18 Januari 2011    

    saya mau tanya kenapa ya lutut kiri saya terasa sakit jika selesai duduk atau apa saja yang menekuk lutut jika berdiri pasti terasa sakit,apa itu termasuk asam urat atau sakit apa ya?

  100. dr Salma
    18 Januari 2011    

    @vian, kemungkinan labnya tidak memiliki fasilitas lengkap, tidak mencakup tes RA. Sebaiknya bapak jangan langsung ke lab sendiri tapi ke dokter spesialis penyakit dalam. Dia akan memberikan rujukan tes-tes yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Saya masih curiga bapak terkena rematoid artritis. salam.

  101. dr Salma
    18 Januari 2011    

    @ali, mohon maaf saya belum memiliki referensi mengenai apakah genjer bermanfaat atau memperparah gout.

  102. dr Salma
    18 Januari 2011    

    @herman, olah raga memperbaiki kesehatan umum, termasuk memperlancar metabolisme untuk pembuangan asam urat dari tubuh. Untuk penderita asam urat, apalagi yang seusia Bapak, sebaiknya memilih low impact training dengan intensitas yang tidak terlalu berat. Jalan kaki (cepat) lebih disarankan daripada lari.

  103. dr Salma
    18 Januari 2011    

    @marihot, jawaban umum pertanyaan Anda ada pada artikel-artikel yang telah saya tulis. Untuk kondisi spesifik diri Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. semoga membantu.

  104. dr Salma
    18 Januari 2011    

    @endah, saya kira masalah Anda bukan asam urat karena pemicunya bila menekuk lutut.

  105. 18 Januari 2011    

    DOK, JARI KAKI SAYA SERING MELEPUH DIDALAMNYA ADA AIRNYA BILA DISUDAT AIRNYA TIDAK BAU DAN ANEHNYA TIDAK MERASA SAKIT RASANYA AGAK BAAL ,APAKAH ASAM URAT ? …..TRIMS SARANNYA

  106. dr Salma
    19 Januari 2011    

    @Tinawaty, keluhan Anda bukan karena asam urat. Mungkin karena memakai sepatu terlalu sempit?

  107. udin
    19 Januari 2011    

    kalau jari tangan sudah terlanjur bengkak dan bengkok akibat asam urat, apakah ada cara untuk menyembuhkan atau menormalkan kembali?

  108. dr Salma
    19 Januari 2011    

    @udin, kalau sudah bengkak dan bengkok artinya sudah ada penumpukan kristal asam urat (tophi). Pembedahan biasanya diperlukan untuk mengeluarkan kristal tersebut, mengembalikan fungsi persendian dan menormalkan deformitas (perubahan bentuk).

  109. aries
    20 Januari 2011    

    dok, suami saya asam urat sampe 11,3, sering kambuh….apa boleh makan sate kambing dan makanan siap saji..?
    obat apa yg bisa bnyak mengurangi rasa cenut2nya
    dan maaf kadang2 kalau sperma berdarah itu apakah karena asam uratnya..? bahayakah itu…
    terima kasih

  110. dr Salma
    20 Januari 2011    

    @aries, sate kambing dan ayam memiliki kadar purin sedang, di atas 100 mg/ons. Masih aman kalau dikonsumsi terbatas. Hindari jeroan ayam/kambing/sapi karena berkadar purin tinggi. Makanan siap saji tergantung jenisnya. Obat untuk mengurangi nyeri bisa memakai analgesik, (lihat pembahasannya http://majalahkesehatan.com/obat-obatan-untuk-penyakit-asam-urat/). Cairan sperma berdarah tidak ada hubungannya dengan asam urat, biasanya karena luka di vena penis atau mengenakan celana terlalu ketat. Penyebab lain adalah kanker prostat, tapi jarang terjadi. Bila pendarahan terus berlanjut, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

  111. edy haryono
    21 Januari 2011    

    Trimakasih tulisan ini bagus dan bermanfaat bagi saya yang kebetulan hasil tes lab menunjukkan angka 7,00 untuk asam urat. Apakah pada anga itu sudah memungkinkan pengkristalan ?, trimakasih.

  112. dr Salma
    21 Januari 2011    

    @edi, terima kasih pak edi sudah berkunjung. Hasil tes anda di borderline, masih aman tapi sebaiknya mulai menjaga diri. Pengkristalan mudah2an tidak terjadi. Penumpukan kristal (tofi) bahkan pada mereka yang hiperurikemia cukup parah tidak terjadi dalam waktu singkat, perlu bertahun-tahun, kebanyakan di atas dua tahun.

  113. widi nugroho
    22 Januari 2011    

    angka asam urat saya sudah 9, dapatkah dinormalkan, bagaimana caranya?

  114. aly faza
    23 Januari 2011    

    tks dok atas ilmu yang bermanfaat ini. memperhatikan pantangan, dan gejala, nampaknya saya terkena asam urat dan (curiganya) juga kolesterol. saya akan ikut anjuran dokter, periksa lab untuk memastikan. sementara ini dieet dulu ah. i love u dok!

  115. 23 Januari 2011    

    baru tahu kalau aktif secara seksual dapat menurunkan kadar asam urat.

  116. dr Salma
    23 Januari 2011    

    @aly, sama-sama :)

  117. dr Salma
    23 Januari 2011    

    @widi, dengan menghindari pantangan, olahraga dan diet penurun asam urat, bisa normal kembali. Bila hiperurikemia masih persisten, mungkin perlu obat.

  118. oktary
    24 Januari 2011    

    dok,, saya ingin bertanya lg.. ayah saya asam uratnya uda mencapai 13. dia tidak mengkonsumsi obat kimia lg, karena takut dgn asam lambung yg dideritanya..
    Dia skarang hanya mengkonsumsi jellly gamat gold. udah hampir dua botol kakinya masih bengkak lg..saya juga uda hampir putus asa untuk pengobatan ini. Awalnya saya berharap sembuh dgn produk itu.
    Bagaimana ya sebaiknya?? Dan saya jg mau bertanya.. Apakah ikan bawal.gembung.senangin bisa di konsumsi asam urat?? Saya khawatir karena ikan tsb ikan laut juga..
    Mohon penjelasannya kembali ya dok…

  119. dr Salma
    24 Januari 2011    

    @oktary, sebaiknya obat dari dokter masih tetap diminum karena asam uratnya termasuk sangat tinggi. Obat herbal bisa tetap dilanjutkan sebagai pendamping saja, dengan diberikan jarak kurang lebih 2 jam dari obat dokter. Perlu diketahui obat herbal, termasuk jelly gamat, dll, memang baru bisa dirasakan manfaatnya setelah diminum lama. Saya bisa sarankan, ada pasien saya yang asam uratnya turun meskipun sudah mengalami pembengkakan dengan meminum secara teratur air rebusan daun salam, yang bisa dibuat sendiri. Sampai saat ini sudah lama sekali beliau tidak kambuh lagi. Mungkin bisa dicoba. Mengenai ikan kembung, bawal, dll saya kira cukup aman bila dikonsumsi moderat.

  120. Vittorio Dwison
    26 Januari 2011    

    saya mau konsul dok, di telapak kaki bagian belakang/tumit serta pergelangan kaki saya terasa nyeri, saya sudah pernah ronsen, namun tidak ditemukan kelainan pada tulang, mungkinkah ini gejala asam urat? umur saya 31th, tinggi 170 cm, berat 82kg.3 tahun lalu saya pernah tes asam uarat di labolatorium,namun tidak ditemukan gejala penyakit asam urat tersebut.trimakaasih dok.

  121. yanti
    26 Januari 2011    

    mau tanya dr salma,apakah senam dapat jg memicu asam urat,sbb saya 2 bln terakhir lg giat2nya senam,karena saya gemuk takutnya diabet klw kurang olahraga,tp setelah 2bln saya senam tumit saya terasa sakit banget….trus kata temen biasanya klw sakit ditumit gitu asam urat,karna sebelumnya saya gak senam gak ada keluhan sakit ditumit gitu,mohon petunjuknya ya…thank’s

  122. David Spener Sihombing
    27 Januari 2011    

    dr Salma yg baik hati dan telaten, saya yg umur 62 thn telah mengalami penyakit asam urat ini sejak 1983 yg awalnya krn selalu minum air putih yg didinginkan dlm kulkas. Memang benar kl saya mengkonsumsi makanan yg berkadar tinggi purin maka pasti akan kambuh terutama di matakaki atau pergelangan tangan bergantian. Thn 1985 ada kawan saya Dr Diehl mengoperasi/mengikis/membuang kristalnya pd mata kaki yg kanan, yg selanjutnya tk pernah kambuh disana lg sampai skrg. mohon penjelasan apa mngkn terapi itu dpt dilakukan lg? Maaf kawan saya itu sdh kembali ke Jerman dan kabarnya sdh meninggal. Terimakasih dok

  123. Ati / Suryoati
    27 Januari 2011    

    Saya usia 51 tahun dan tadi pagi divonis sakit radang sendi.
    Blog ini dan info dari dr.Salma sangat bermanfaat untuk saya lebih mawas diri dan mengikuti anjuran di blog ini. Semoga dr.Salma dan kelg. selalu mendapat rizki dan rahmat dari Allah SWT.
    Terimakasih banyak

  124. dr Salma
    27 Januari 2011    

    @ati, terima kasih doanya, mudah2an ibu sekeluarga juga diberi kesehatan, rizki dan rahmat yang berlimpah. amien.

  125. dr Salma
    28 Januari 2011    

    @david spener, terimas kasih atas kunjungan Bapak. Mengenai keluhan asam urat Bapak, kalau sekedar bengkak karena peradangan sendi sebenarnya tidak perlu dioperasi, cukup dengan pengobatan. Tapi, bila sudah timbul timbunan kristal (tofi atau tofus), operasi mungkin direkomendasikan untuk membuangnya. Namun, mengingat usia Bapak dan apalagi bila yang dioperasi adalah bagian yang sama, dokter pasti akan berhati-hati untuk merekomendasikan tindakan. Operasi pada mereka yang berusia lanjut secara umum memerlukan waktu lebih lama untuk penyembuhan.

  126. dr Salma
    28 Januari 2011    

    @yanti, asam urat bukan karena senam. Nyeri tumit yang ibu rasakan kemungkinan karena peradangan sendi osteoartritis yang seringkali disebabkan oleh obesitas akibat sendi-sendi penumpu berat badan tidak kuat menahan bobot berat tubuh. Tapi untuk mengetahui penyebab pastinya, harus dengan pemeriksaan diagnostik , tidak cukup dengan dugaan-dugaan.

  127. dr Salma
    28 Januari 2011    

    @Vittorio, seperti halnya Ibu Yanti, saya lebih curiga Anda terkena osteoatritis yang terkait dengan kelebihan berat badan.

  128. David Spener Sihombing
    28 Januari 2011    

    Dok terimakasih atas advisnya, mmg pada saat ini saya sehat2 saja, sampai sekarang saya trus minum Zyloric (allopurinol) 100mg setiap hari, apa ada effek sampingnya dok? Krn saya msh aktif bekerja dan bnyk kegiatan, kdg kl naik tangga (kantor di tkt 3) nafas sdh mau ngos2an dan kaki gemetar. Trims

  129. dr Salma
    28 Januari 2011    

    @David, sama-sama pak. Allopurinol cukup aman untuk dikonsumsi jangka panjang karena memang merupakan salah satu obat gout andalan yang telah dikembangkan cukup lama. Olah raga sangat baik untuk menjaga kesehatan umum dan memperlancar metabolisme asam urat. Untuk mencegah efek samping obat, pastikan untuk minum cukup air setiap hari (6-8 gelas) dan tidak mengkonsumsi suplemen vitamin C berlebihan. Kelebihan vitamin C yang dikombinasi dengan efek alolopurinol membuat urin lebih asam dan meningkatkan risiko batu ginjal.

  130. martu
    29 Januari 2011    

    dok saya pria usia 30 tahun setelah diperiksa kadar asam urat 7,2 sendi kaki dan tangan nyeri dan pinggang sebelah kiri sakit apakah asam urat yg menyebabkannya apakah saya bisa sembuh total

  131. dr Salma
    29 Januari 2011    

    @martu, kemungkinan bukan asam urat dari keluhan, usia, dan kadar asam urat Anda. Ada sebab lainnya yang perlu diperiksa lebih lanjut.

  132. romi pakaya
    29 Januari 2011    

    ass, bu dokter saya mau tanya nich, umur saya baru masuk 30 tahun tapi akhir2 ini saya jarang sekali melakukan olah raga, sehingga kaki kanan saya bengkak disertai dengan rasa ngilu atau nyeri pada jari2 kaki dan terasa tebal terus yang lebih parah lagi kedua kaki saya sebatas kaos kaki kulitnya menjadi bulat2 hitam semacam luka memar,apakak itu termasuk gejala asam urat atau bgmana dok.

  133. may
    31 Januari 2011    

    bu dokter mamah saya usia sekitar 45thn dia sering mengeluhkan sakit/nyeri dari lutut sampai pergelangan kaki,,dia memprediksi dia terkena asam urat,,tapi setelah saya baca artikel dokter,gejala yg dirasakan mamah saya berbeda berbeda dg gejala asam urat…menurut dokter rasa sakit yg dirasakan mamah saya itu ada kemungkinan berasal dari tulang atau dari penegangan urat?????

  134. dr Salma
    31 Januari 2011    

    @may, nyeri persendian banyak sekali sebabnya. Sebaiknya mamah Anda memeriksakan diri ke dokter.

  135. dr Salma
    31 Januari 2011    

    @romi, kalau nyeri karena aktivitas dan menyebar di kulit kaki, bukan gejala asam urat. Untuk memastikan apa sebabnya, harus dengan pemeriksaan diagnostik secara langsung.

  136. iis khaeriyah
    31 Januari 2011    

    asam urat insya allah efektif bgt pengobatannya dengan bekam dan obat habbatussauda. saya sudah buktikan sendiri. dan hal ini sudah dikuatka penelitian di jerman dan inggris.

  137. Budy
    31 Januari 2011    

    Salam.. malam dokter sudah seminggu ini persendian jari kanan saya sakit kalo digerakan dan sangat terasa di pagi hari setelah bangun tidur.. persendian kaki dan lutut jg terasa sakit walau gk sesakit pergelangan tangan! saya suka mengkosumsi jeroan apa saya terkena asam urat dokter?

  138. dr Salma
    31 Januari 2011    

    @budy, ada kemungkinan asam urat, tapi kecenderungannya tidak ke sana. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter/lab agar tidak menduga-duga.

  139. 1 Februari 2011    

    Salam Dokter
    Saya baru berumur 31 Tahun..
    Berat badan 85 Kg
    Keluhan saya adalah setiap hari saya naik Motor selalu mengalami Keram pada tangan saya.
    Apakah termasuk Asam Urat???
    Saya juga ada Darah Tinggi apakah ada efek???
    saya sudah coba dengan cara Fitnes untuk mengurangi kekemukan.
    sewaktu menggunakan alat juga selalu Keram.
    Apa solusinya Dokter….
    Terima kasih

    SALAM DAMAI

  140. dr Salma
    1 Februari 2011    

    @paulinus, kram di tangan banyak penyebabnya. Kalau Anda kurang minum dan kepanasan sehingga dehidrasi, otot bisa kram karena kekurangan magnesium dan potassium, penggunaan otot terus-menerus seperti mengendarai motor menyebabkan otot kelelahan dan bisa menimbulkan kram. Beberapa penyakit seperti masalah ginjal, saraf dan hipertiroidisme bisa menyebabkan spasme otot yang mengarah ke kram. Jadi, banyak sekali kemungkinannya. Untuk mendiagnosis penyebabnya perlu pemeriksaan diagnostik oleh dokter. Darah tinggi tidak menyebabkan kram.

  141. evi lisdianti
    1 Februari 2011    

    usia saya 34 tahun kalau kolesterol saya tinggi badan saya terasa sakit semua seperti kena asam urat dan terasa panas/demam apa kolesterol tinggi bisa memacu asam urat dokter? dan kalau untuk olah raga rutin badan terasa segar sebentar tapi setelah itu persendiannya sakit semua kira -kira olagraga yang aman untuk penderita seperti saya apa yah dokter terimakasih.

  142. 1 Februari 2011    

    Dr. Salma, saya sudah memeriksa ke dokter katanya saya sudah menderita asam urat dan diberi obat dan disarankan menghindari makanan yang banyak mengandung purin. Saya lupa tanya apa yang boleh makan, saya juga bingun semua yang saya makan sehari-hari itu mengandung purin.Yang saya mau tanyakan itu apakah menderita asam urat bisa makan daging ayam karena saya hampir setiap hari makan daging ayam. Terus sayuran dan buah2an apa yang boleh makan? Terima kasih dokter.

  143. 1 Februari 2011    

    Dokter Salma,
    Apakah menderita asam urat boleh makan makanan yang mangandung santan?
    Terima kasih.

    Dave

  144. 1 Februari 2011    

    Dr. Salma, saya sudah memeriksa ke dokter katanya saya sudah menderita asam urat dan diberi obat dan disarankan menghindari makanan yang banyak mengandung purin. Saya bingun semua yang saya makan sehari-hari itu mengandung purin.Yang saya mau tanyakan itu apakah menderita asam urat bisa makan daging ayam karena saya hampir setiap hari makan daging ayam. Terus sayuran, ikan dan buah2an apa yang boleh makan? Terima kasih dokter.

  145. Rika Yustiana
    1 Februari 2011    

    Ass, sy berusia 32 th , dalam setahun ,2x paling tidak saya mengalami nyeri di bagian dalam lutut saya yg menyebabkan tidak bsa berjalan, saya masih belum dapat berkesimpulan apakah ini penyakit asam urat atau bukan. krn terakhir kali sakit sempat pergi ke dokter syaraf , beliau tidak menyatakan bhw itu sakit asam urat.. apakah saya sebaiknya check lab saja atau bagaimana ya dok, krn sy bingung, sementara sy sdh pantang makan bbrp jenis sayuran pdhl sy suka sekali sayuran tersebut.Terima kasih.

  146. dr Salma
    1 Februari 2011    

    @Rika, Anda bisa minta pemeriksaan asam urat langsung ke lab bila ingin memastikan. Untuk diagnosis dan penanganan keluhan Anda, bisa memeriksakan diri ke dokter lain sebagai second opinion, itu hak Anda sebagai pasien.

  147. dr Salma
    1 Februari 2011    

    @Henri, daftar makanan tinggi purin sudah ada di artikel. Intinya, daging, daging ayam dan seafood sebaiknya dibatasi.
    Hindari sarden, mackerel, ikan teri, udang, hati, ginjal, otak, dan kaldu daging. Semua buah dan sayuran boleh dimakan kecuali sayuran tertentu seperti jamur, kacang polong, bayam, kembang kol, asparagus, melinjo. Makanan yang boleh dimakan secara bebas adalah nasi, beras merah, bubur, mie, kerupuk, roti putih, kentang, talas, ubi jalar, telur, dan produk bebas atau rendah lemak lainnya.

  148. dr Salma
    1 Februari 2011    

    @Dave, sebaiknya makanan bersantan dibatasi.

  149. dr Salma
    1 Februari 2011    

    @evi, kolesterol tinggi tidak memicu asam urat, tapi keduanya bisa hadir bersamaan di satu orang. Mungkin persendian Anda sakit karena belum terbiasa berolah raga? Olah raga apa saja seperti berjalan, senam, bersepeda dan permainan yang tidak menimbulkan hentakan dan tekanan berlebihan ke sendi Anda boleh dilakukan. Sebaiknya bertahap porsi latihannya, jangan tiba-tiba berat.

  150. dana
    4 Februari 2011    

    Dok,sy seorang pria berusia 25th,mungkin ini adalah asam urat,tp sy tdk tahu krn belum cek ke dokter,jadi kaki kiri saya,bagian pergelangan kaki bengkak dan nyeri sekali,tp biasanya sembuh sendiri dlm wkt 3 hari..biasanya saya minum ponstand utk mengurangi rasa sakitnya,dan baru2 ini sy terkena lg namun di pangkal ibu jari..kira2 itu asam urat ya dok?thanks

  151. dr Salma
    4 Februari 2011    

    @dana, mungkin asam urat mungkin juga bukan, mohon maaf tidak bisa mengira-ira tanpa melihat dan melakukan tes diagnostik. Sebaiknya ke dokter untuk diperiksa.

  152. pradien
    5 Februari 2011    

    dokter salma yang budiman
    saya asam urat 9
    sendi2,pada sakit semua
    obat apa untuk asam urat ini dokter
    terima kasih

  153. ucie
    5 Februari 2011    

    dok, saya perempuan usia 22th. saya sering nyeri pd lutut kanan saya, serasa bengkak n skt ketika di tekuk. jika benar ini asam urat, obat yg sesuai utk seusia saya ada dok?? atau gimana solusinya…?? karena yg saya tau asam urat hanya diderita oleh lansia. thx b’4

  154. yusuf
    5 Februari 2011    

    Dr salma yang baik, apakah susu sapi (full cream) boleh diminum oleh penderita asam urat yang kadarnya 8,12 ? Mohon penejelasan dokter salma… terima kasih…

  155. dr Salma
    6 Februari 2011    

    @ucie, harus didiagnosis dulu sebelum melakukan perawatan. Tidak ada gunanya perawatan kalau tidak tahu apa sebenarnya masalahnya, untuk itu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

  156. dr Salma
    6 Februari 2011    

    @yusuf, susu sapi aman untuk asam urat.

  157. dr Salma
    6 Februari 2011    

    @Pradien, Anda bisa mengambil obat penurun asam urat, tapi sebaiknya dengan resep dokter. Selain itu, obat-obatan herbal juga bisa membantu, meskipun dampaknya tidak langsung terasa secepat obat farmasi.

  158. 7 Februari 2011    

    saya pemuda 27 tahun…. bagian pinggang saya sebelah kiri… terasa nyeri…. apakh ini salah satu tanda penyakjit asam urat? lalu bagaimana penyembuhannya.

    salam, wahidin-palembang

  159. dr Salma
    7 Februari 2011    

    @wahidin, sakit pinggang bukan gejala asam urat.

  160. fay
    7 Februari 2011    

    selamat sore
    saya maw bertanya,gmn cara mengatasi kesemutan yg berminggu2
    terima kasih

  161. dr Salma
    7 Februari 2011    

    @fay, kesemutan berminggu-minggu menunjukkan ada yang salah dalam tubuh Anda, mungkin gangguan saraf, hipertiroidisme, keracunan, stroke, diabetes, dll. Untuk mendiagnosisnya, Anda perlu menjelaskan lebih rinci kesemutan di bagian mana tubuh, dan apakah terbatas pada satu sisi tubuh (kiri atau kanan)? Bagaimana Anda menggambarkan kesemutannya: apakah baal/hilang sensasi, menusuk, merayap, terbakar, gatal…? Kapan sensasi muncul, apakah permanen atau sementara? Apakah perubahan sensasi sepanjang hari? Gejala lainnya di bagian tubuh yang terkena: nyeri, pucat, kemerahan, bengkak, hangat, sejuk, kram, kehilangan kekuatan otot? Apakah ada gejala umum lainnya, seperti demam atau sakit kepala? Apakah Anda memiliki penyakit kronis, seperti diabetes atau rheumatoid arthritis? Apakah Anda pernah terluka atau dirawat di rumah sakit di masa lalu? Apakah pekerjaan Anda memerlukan gerakan berulang, apakah Anda dipengaruhi oleh getaran konstan, atau terkena bahan kimia tertentu seperti nitrogen oksida atau karbon monoksida? Apakah Anda stres/cemas? Apa diet Anda?

    Sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter saraf untuk mengetahui dan mengobati penyebab keluhan Anda.

  162. ammy
    8 Februari 2011    

    dokter saya mau tanya,benarkah penyakit stroke tidak hanya dialami oleh orang yg hipertensi saja?artinya,orang yg tekanan darahnya rendah jg bisa terkena stroke?bila iya,apa penyebabnya?
    terima kasih..

  163. dr Salma
    8 Februari 2011    

    @Ammy, stroke bisa disebabkan oleh banyak kondisi selain hipertensi, misalnya carotid stenosis (penyempitan pembuluh darah di otak), penyakit ginjal kronis, diabetes, tumor otak, penyakit lupus, dll. Tekanan darah rendah (hipotensi) tidak meningkatkan risiko stroke, tapi orang yang memiliki hipotensi dapat terkena stroke karena sebab lain.

  164. Tuti
    9 Februari 2011    

    dokter saya mo tanya tp agak menyimpang dari asam urat… suami saya kalo keluar keringat agak banyak, apa itu lemah jantung? ciri2 lemah jantung itu apa aja? makanan apa aja yg harus dihindari… terima kasih.

  165. dr Salma
    9 Februari 2011    

    @Tuti, keluar keringat banyak bukan tanda khas lemah jantung. Coba lihat artikel mengenai hiperhidrosis: http://majalahkesehatan.com/berkeringat-berlebihan-penyebab-dan-penanganannya/. Tanda lemah jantung atau tepatnya payah jantung/gagal jantung (congestive heart failure) yaitu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa darah secara efisien/memadai adalah cepat lelah, nafas pendek/tersengal-sengal bahkan saat beraktivitas yang ringan, dan edema (pembengkakan di kaki, perut, vena leher) karena penumpukan cairan di tubuh. Untuk mengurangi risiko penyakit jantung secara umum kita perlu menghindari makanan berkolesterol tinggi.

    Catatan tambahan:
    Berkeringat adalah gejala yang umum pada angina pektoris (nyeri dada karena otot jantung kekurangan oksigen). Penyebabnya adalah sistem saraf simpatik otonom simpatik diaktifkan, seperti halnya ketika orang takut atau cemas (misalnya, berbicara di depan umum).

  166. 10 Februari 2011    

    Dokter Salma,

    Saya membaca ada jawaban dari dr. Salma bahwa asam urat menyerang sendi di mulai dari bawah terutama pada jari kaki. Kenapa saya mulai dari jari tangan. Apa itu tandanya reumatik bukan asam urat? Saya setiap habis bangun jari tangan saya terasa kaku dan bengkak kalau sudah terkena air pelan2 hilang kaku nya dan bengkaknya agak lama baru hilang kadang bengkak gak hilang. Waktu saya periksa ke dokter hanya periksa darah di jari saya saja. Apa ini tanda asam urat, reumatik atau penderita yang lain? Terima kasih Dokter.

  167. dr Salma
    10 Februari 2011    

    @Henri, kalau sakitnya setelah bangun pagi atau istirahat dan mulainya di jari-jari tangan, kemungkinan bukan asam urat. Memang lebih cenderung ke rematik. Ciri lain rematik adalah nyeri dan inflamasi dialami oleh bagian yang sama di kedua sisi badan (simetris). Jadi, misalnya kalau jari-jari di tangan kanan terkena, yang kiri juga akan terkena (mungkin awalnya baru satu sisi, tapi cepat atau lambat sisi lainnya akan terkena). Lebih lanjut mengenai rematik, coba baca artikel: http://majalahkesehatan.com/yang-perlu-anda-ketahui-mengenai-penyakit-rematik/ .Untuk memastikan apakah rematik atau sebab lain, tidak ada cara lain kecuali Bapak mendapatkan pemeriksaan oleh dokter untuk menegakkan diagnosisnya. Tidak cukup hanya menduga-duga, harus didukung pemeriksaan diagnostik. Ini hal sangat penting karena tanpa diagnosis yang benar, pengobatan bisa salah sasaran. Mudah-mudahan membantu.

  168. NUR ANDRIANI
    11 Februari 2011    

    Dok, saya ibu rumah tangga berumur 38 tahun.Akhir2 ini telapak kaki saya sakit kalau dipegang dan kalau bangun tidur telapak kaki saya sakit kalau untuk berjalan. Ini saya rasakan setelah memakai sandal yang berhak tinggi. sakit ini sudah satu bulan.Apakah ini termasuk asam urat???

  169. dr Salma
    11 Februari 2011    

    @Nur andriani, menurut saya bukan asam urat, bu. Kemungkinan keseleo atau masalah otot/urat lainnya karena cedera atau pemakaian sandal berhak tinggi.

  170. Ilma
    17 Februari 2011    

    Dkter. .
    Ibu sy skrg trkena asam urat,tp bliau suka dg mkanan2 yg digoreng. .apakah itu dprblehkn bgi pnderita asam urat?
    makasi. . .

  171. Mr Abi
    19 Februari 2011    

    Matur nuwun, komentarnya sangat menarik bagi kami. Jangan pernah berhenti untuk selalu berbuat baik bagi sesama. GBU

  172. dr Salma
    19 Februari 2011    

    @Mr Abi, sami-sami pak. Terima kasih atas kunjungannya.

  173. dr Salma
    19 Februari 2011    

    @Ilma, minyak goreng cukup aman untuk asam urat, yang agak perlu diwaspadai kalau makan gorengan adalah bahan makanannya. Kedelai mengandung purin agak tinggi (sekitar 100 mg/100 gr), jadi tahu dan tempe goreng sebaiknya dibatasi.

  174. paulus tony widayanto
    19 Februari 2011    

    salam dokter salma….beberapa bulan ini sy agak cemas dengan sakit saya terutama pinggang kanan tengah yg sering pegal dan nyeri,bangun tidur tumit kedua kaki sedikit nyeri…..2minggu periksa terakhir asam urat naik sedikit,ginjal dan lainya dinyatakan baik…riwayatkesehatan 3th yg lalu operasi batu ginjal…..beberapa tahun sebelumya tulang belakang retak dekat pinggang mengalami sedikit dempet,…kira2 apa ya pemicunya , mhn petunjuk dan saran dokter…ini td sy jg membaca web. majalah kesehatan.com yg dokter asuh…..sebelumya sy ucapkan terimakasih …

  175. salim tohari
    19 Februari 2011    

    hidup teratur dan rajin olah raga adalah kunci segala permasalahan kesehatan,dan jangan lupa belajar sabar dalam menghadapi segala masalah

  176. dr Salma
    19 Februari 2011    

    @paulus, sakit pegal dan nyeri di pinggang kanan dan tumit mungkin terkait dengan masalah keretakan tulang belakang. Tapi mungkin juga masalah yang berdiri sendiri-sendiri, misalnya sakit pinggangnya akibat kambuhan batu ginjal (sekitar 40% orang yang dioperasi batu ginjal kembali mengembangkan batu ginjal dalam 5 tahun). Untuk memastikan sebabnya, Bapak harus memeriksakan diri ke dokter, bisa langsung ke dokter spesialis (saraf/ortopedi/penyakit dalam), bisa juga ke dokter umum untuk melihat terlebih dulu masalahnya dan dirujuk ke spesialis yang tepat bila perlu penanganan spesialis.

  177. Saddam
    20 Februari 2011    

    Mlm dok,mau tanya kalo baru jongkok/berdiri kira2 baru 30 menit kok sdh kesemutan,apakah itu termasuk gejala asam urat/rematik dok?trim

  178. Saddam
    20 Februari 2011    

    RALAT :Mlm dok,saya lakilaki umur 26 tahun,mau tanya kalo baru jongkok/berdiri kira2 baru 30 menit kok sdh kesemutan,apakah itu termasuk gejala asam urat/rematik dok?trim

  179. dr Salma
    20 Februari 2011    

    @saddam, kesemutan setelah jongkok/berdiri setelah 30 menit adalah hal yang cukup normal. Bukan gejala rematik atau asam urat. Ketidakseimbangan kalsium, potasium, natrium, pengaruh obat atau racun tembakau pada saraf dapat membuat orang mudah kesemutan.

  180. karyoto
    21 Februari 2011    

    Yth. Dokter

    Dengan Hormat,

    Saya Pria usia 47 tahun keluhan jika saya capek atau makan jerohan sering badan seperti sakit semua, apakah ini juga sakit/gejala asam urat ??? atau jika saya duduk lama kemudian berdiri maka akan sakit di lutut, saya mengkomsumsi kopi pada pagi hari saja, teh kadang-kadang, kemudian saya suka lambat makan siang/malam karena kesibukan dan saya baru makan jika lapar betul, apakah ini tidak baik, tekanan darah saya 140/90, berat badan 78 kg tinggi badan 172 cm, tolong dokter saran untuk saya, terima kasih.

    Karyoto
    Makassar

  181. dr Salma
    21 Februari 2011    

    @karyoto, capek dan badan seperti sakit semua bukan gejala asam urat. Pada usia seperti Bapak memang kondisi badan tidak lagi se-fit sewaktu muda, apalagi bila tidak memiliki aktivitas kebugaran yang rutin. Tekanan darah sistolik Anda agak tinggi, usahakan untuk menurunkan sampai paling tidak 120. Berat badan Anda masih dalam batas sehat (normal). Sebaiknya mulai membatasi makanan kaya kolesterol dan tinggi purin serta makan, tidur dan bekerja dalam ritme yang teratur. Untuk mengetahui tingkat kesehatan Anda secara keseluruhan, sebaiknya Bapak menjadwalkan general check up. Semoga membantu.

  182. tomi
    21 Februari 2011    

    dr salma, saya 34 tahun, sudah beberapa tahun mencoba makan sehat/ hidup sehat, ke gym rutin, makan sayur, daging tanpa lemak, dan juga kedelai banyak, membatasi sekali karbohidrat, minum omega 3 rutin, minum air putih banyak, tidak merokok dan tidak minum alkohol
    tapi sebulan ini nyeri di bagian pinggang tiba-tiba terjadi. apakah mungkin krn saya kebanyakan makan ‘pemicu asam urat’ tersebut lalu saya menjadi sakit asam urat? atau mungkin penyakit lain?
    kalau mau ke dokter sebaiknya ke dokter apa ya? dokter umum atau specialis apa? lalu tes darah ya?
    terimakasih banyak.

  183. dr Salma
    21 Februari 2011    

    @tomi, saya cenderung tidak curiga ke arah asam urat mengingat usia Anda yang masih muda dan gaya hidup Anda. Sakit di pinggang mungkin masalah saraf atau ginjal. Coba Anda berkonsultasi dulu dengan dokter umum untuk mengetahui masalahnya. Dia akan menentukan apakah Anda perlu tes darah atau dirujuk ke spesialis yang tepat bila memerlukan penanganan spesialis.

  184. Raihul
    21 Februari 2011    

    Saya penderita diabetes, kolesterol tinggi, dan osteoathritis di pinggang. Untuk mengurangi sakit di pinggang dan sendi-sendi tangan kanan, saya diberi dokter meloxicam dan neurobion 5000. Sejak 4 bulan yang lalu saya mengganti obat-obat tsb. dengan omega 3 salmon, dan hasilnya jadi lebih baik, nyeri-nyerijauh berkurang dan kolesterol menurun. Tapi asam urat saya meningkat dari 4,7 menjadi 6,6. Apakah peningkatan tsb. akibat pengaruh omega 3 ? Kalau ya, obat herbal apa yg cocok untuk saya?

  185. tomi
    21 Februari 2011    

    terimakasih banyak dr. salma :)

  186. tomi
    21 Februari 2011    

    oh satu lagi yang saya dan teman saya ingin tahu: di list pantangan-pantangan tsb, banyak sekali makanan sehat, seperti sayur hijau (bayam), salmon, bahkan kedelai.
    nah bagi kami yg tidak pernah sakit asam urat, apakah mengkonsumsi makanan tersebut terlalu banyak dapat menyebabkan asam urat nantinya?
    karena kami jadi bingung harus makan apa skrg? mohon petunjuk.
    terimakasih banyak sekali lagi :)

  187. dr Salma
    21 Februari 2011    

    @tomi, bagi yang tidak memiliki masalah asam urat, tidak perlu berpantang makanan tersebut, tetapi juga tidak boleh berlebihan. Yang penting adalah pola makan seimbang, karena dengan mengkonsumsi makanan yang beragam dan seimbang, kebutuhan gizi kita akan terpenuhi. Sama-sama, semoga membantu :-)

  188. dr Salma
    21 Februari 2011    

    @Raihul, asam urat Anda meningkat mungkin karena konsumsi ikan salmon. Memang, selain kaya omega-3, ikan itu juga berkadar purin tinggi. Alternatifnya sebaiknya memilih herbal yang menurunkan kolesterol tapi tidak memiliki purin tinggi seperti bawang putih, teh hijau, dan minyak zaitun. Coba lihat di artikel 15 makanan yang menurunkan kolesterol.

  189. YATIE
    22 Februari 2011    

    dok sy mau tanya sdh 1 mgg ini badan & kaki smp ke telapak kaki sy pegal2 semua apa ini yg dinamakan asam urat dok? 2 bln seblmnya sdh cek darah asam urat sy 4.0 mg/dl dok.kira2 apa yg harus sy lakukan dok skrg usia sy 41 th

  190. prayit
    22 Februari 2011    

    pagi dok,sy umur 25 thn.mau tanya knp kl mau tidur sy susah bgt y?selain dr faktor pikiran,apakah ada dr faktor lain dok.trimakasih…

  191. dr Salma
    22 Februari 2011    

    @prayit, coba baca artikel mengenai kesulitan tidur: http://majalahkesehatan.com/bila-anda-sulit-tidur/

  192. dr Salma
    22 Februari 2011    

    @yatie, asam urat Anda normal. Badan dan kaki pegal mungkin karena masalah lain seperti kurang fit, kurang vitamin, bekerja terlalu keras, dll. Multivitamin seperti neurobion dll yang mengandung vitamin b1, b6, b12 seringkali bermanfaat untuk keluhan pegal yang terkait sistem saraf. Bila memang merasa sudah mengganggu, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

  193. putra
    23 Februari 2011    

    duh saya sudah hapir satu bulan lebih sakit tapi setiap kali minum obat satu jam kemudian sakit hilang dan setelah bangun tidur rasa sakit nya terasa kembali, dan sekarang saya minum obat setiap hari masa mauterus terusan begini gimana dong….?????????????? seharusnya dari ujung kaki sampai pinggang terasanyeri…???????????

  194. dr Salma
    23 Februari 2011    

    @putra, kalau hanya mengobati rasa sakit dengan painkiller (analgesik), penyakit yang mendasarinya tidak sembuh. Jadi akan terus berulang keluhannya setelah efek penghilang sakitnya mereda. Anda perlu mendapatkan penanganan medis.

  195. temy
    23 Februari 2011    

    apa benar sayuran kangkung jg berbahaya bagi penderita asam urat? dan obat apa yg bagus utk mengurangi sekit asam urat

  196. dr Salma
    23 Februari 2011    

    @temy, benar. Kangkung dan bayam perlu dihindari bila memiliki penyakit asam urat. (lihat tabel). Untuk obat medis, lihat ulasannya: http://majalahkesehatan.com/obat-obatan-untuk-penyakit-asam-urat/

  197. melati
    23 Februari 2011    

    saya umur 12 thn ,
    dok , kaki bagian lutut saya sering sakit , dan kaki paling bawah saya juga sring sakit . .

    apa benar itu asam urat . .
    trimakasih

  198. dr Salma
    24 Februari 2011    

    @melati, mengingat umur Anda, saya kira bukan asam urat. Mungkin karena terkilir atau kecapaian saja.

  199. ansori
    25 Februari 2011    

    assalamualaikum, dok saya seorang pria beristri dg umur 28 thn… saya merasakan perut, lutut kaki, dan leher tegang dan kadang terasa panas.. disertai rasa sakit di tungkai kaki serta rasa sedikit ngilu di saluran kencing… kemudian saya memutuskan untuk pijat dan oleh tukang pijat dikatakan bahwa ada gangguan di ginjal dan asam urat apakah menurut data2 awal yg saya berikan kata2 dr tukang pijat ada kebenarannya… dan menurut dokter tindakan apa yg sebaiknya saya lakukan selanjutnya sebelumnya terima kasih untuk jawabannya…

  200. dr Salma
    25 Februari 2011    

    @ansori, gangguan ginjal dan asam urat tidak bisa diketahui tanpa pemeriksaan fungsi ginjal,dll melalui lab. Banyak sekali gejala dan keluhan penyakit yang mirip, jadi tidak bisa hanya menduga-duga.

  201. 25 Februari 2011    

    dok , saya mau tanya apakah seseorang yang di pastikan menderita sakit jantung boleh makan ”SATE” karena ibuk saya berumur 40th punya penyakit jantung dan asam urat. mohon penjelasan nya makanan apa yang boleh di konsumsi oleh ibu saya?????????? makasih

  202. dr Salma
    25 Februari 2011    

    @intan, sate daging ayam tanpa kulit (bukan jeroan) boleh saja dikonsumsi asal tidak berlebihan. Sate kambing sebaiknya jangan.

  203. yeni
    26 Februari 2011    

    Dok apakah penderita asam urat kalau terkena AC berpengaruh??bisa menyebabkan nyerinya lebih sakit…

  204. dr Salma
    26 Februari 2011    

    @yeni, mestinya AC nggak menambah nyeri.

  205. DEWI PURWANTI
    27 Februari 2011    

    umur saya 31th.kaki saya sering bgt kram dan kesemutan.kalau saya konsumsi makanan yang mempengarihi asam urat sepertinya saya kene karena langsung tersa reaksinya.padahal asam urat saya 4,6.mungkinkah benar saya asam urat??tq atas saran dan artikelnya.sangat membantu saya.

  206. dr Salma
    28 Februari 2011    

    @dewi, menurut saya keluhannya bukan karena asam urat. Mungkin masalah lain.

  207. didi
    1 Maret 2011    

    dok,umur saya 35th. akhir-akhir ini, setelah jongkok belakang lutut saya terasa sakit.sebelum itu, yg sakit adalah kedua tempurung di lutut saya.kalau saya mau memeriksakannya. kira-kira ke dokter spesialis apa ya?

  208. 1 Maret 2011    

    met sore dok …saya mau tanya kalo asam urat hanya di sekitar kaki atau bisa di setiap anggota tubuh…

  209. dr Salma
    1 Maret 2011    

    @ma’ruf, bisa juga di persendian tangan dan sendi lain.

  210. dr Salma
    1 Maret 2011    

    @didi, bisa ke spesialis ortopedi atau saraf.

  211. 3 Maret 2011    

    saya wanita umur 30thn. sejak masih kuliah saya sudah mengalami gejala2 seperti penderita asam urat.. apa benar ada faktor keturunan?

  212. 3 Maret 2011    

    bu dokter terimakasih atas semua informasinya, siang tadi suami saya cek kedokter, dokter bilang terkena asam urat, dan artikel-artikel di web ini sangat bermanfaat bagi saya, terimakasih

  213. 3 Maret 2011    

    bu dokter mau tanya suami saya 30 tahun, tadi siang periksa ke lab dgn hasil asam urat 7.4 mg/dl; trigliserida 176 mg/dl; cholesterol total 179 mg/dl; cholesteror HDL 39 mg/dl; cholesterol LDL 105 mg/dl; glukosa sewaktu 80mg/dl
    dgn data tersbt, apakah makanannya yang dianjurkan dan pantangan sama dgn apa yg disebutkan di web ini? terimakasih

  214. dr Salma
    4 Maret 2011    

    @vanny sakul, gejala seperti apa yang Anda maksud. Asam urat memang ada kecenderungan diwariskan, namun jarang sekali menyerang wanita seusia Anda.

  215. dr Salma
    4 Maret 2011    

    @fatimah, informasi di sini hanya bersifat umum, bukan untuk rekomendasi spesifik pada setiap orang. Untuk itu perlu pemeriksaan medis individual yang mempertimbangkan semua aspek oleh ahli yang kompeten di bidangnya masing-masing. Secara umum saya bisa memberi advis untuk orang yang memiliki asam urat dan kolesterol di atas ambang normal seperti Anda adalah menghindari makanan berkolesterol LDL dan ber asam urat (purine) tinggi.

  216. Dhyah
    4 Maret 2011    

    Saya sering merasakan tiba2 jantung saya berdegup kencang ( seperti kaget ), padahal saya sedang duduk diam tdk sedang aktifitas apa2.Hal itu terjadi hanya sesaat kurang lebih 5 menit saja. Info TB/BB 155 CM/65 kg usia 34 th.Saya juga sering pusing mendadak sesaat sekitar 1 menit ( berputar ) setelah itu kembali normal.Saya juga mengalami semua gejala asam urat, tp belum di tes lab.Saya bingung, makanan apa yg bisa saya konsumsi ?. Krn semua pantangan itu yg biasa sy konsumsi.
    Mohon sarannya dok. terima kasih.

  217. dr Salma
    4 Maret 2011    

    @Dhyah, keluhan Anda bukan gejala asm urat, mungkin anemia atau lainnya. Lihat artikel mengenai palpitasi: http://majalahkesehatan.com/jantung-berdebar-apa-yang-dapat-anda-lakukan/. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Anda tidak bisa hanya menduga-duga dan melakukan terapi sendiri tanpa mengetahui persis apa masalahnya.

  218. Prasetyo
    5 Maret 2011    

    Dokter saya 2 hari lalu kaki saya bengkak dan saya bewa ke dokter praktek katanya saya kena asam urat dan saya di beri obat Ponuric Allopurinol 100, Neurofenac dan pil putih lonjong kecil ada tulisannya ST masing – masing di minum 3x sehari sehabis makan, setelah saya mengkonsumsi 3 kali, sakit kaki saya sembuh namun setiap habis minum obat tersebut kepala saya terasa agak pusing dan jantung terasa berdebar, yang saya tanyakan sampai kapan obat tersebut saya konsumsi dok ? dan apa fungsi dari masing – masing obat tersebut ?

  219. dr Salma
    5 Maret 2011    

    @Prasetyo, allopurinol bekerja dengan menghambat enzim yang mengolah purine menjadi asam urat. Bila pemakaian dihentikan, kondisi asam urat bisa kembali tinggi dalam beberapa hari. Meskipun termasuk obat resep yang kuat, allopurinol jarang menimbulkan efek samping. Kalaupun ada efek samping, biasanya timbul reaksi alergi seperti ruam, iritasi mata, rasa sakit saat kencing, dll.

    Neurofac adalah obat untuk mengatasi rasa nyeri dan inflamasi (termasuk jenis anti inflamasi non-steroid). Kemungkinan, rasa sakit kepala dan jantung berdebar Anda karena efek samping Neurofac. Bila rasa nyeri dan inflamasi tidak dirasakan atau sudah reda, pemakaiannya bisa dihentikan. Saran saya, sebaiknya Anda kembali ke dokter Anda untuk meminta obat anti inflamasi pengganti bila Anda masih memerlukannya. Allopurinol adalah pengobatan jangka panjang untuk mengelola gout, Anda meminumnya selama yang disarankan dokter.

  220. komsiyah
    6 Maret 2011    

    dokter……saya mau tanya,sya menderita asam urat yg kadar asamnya 6.5 ,saya harus mengkonsumsi makanan apa saja yg lebih baek untuk penyakit saya???
    dan apa saja yang harus saya hindari…
    tolong dok solusinya???

  221. Prasetyo
    10 Maret 2011    

    dokter . .. saya kemarin kan cek lab dan hasilnya setelah mengkonsumsi obat allopurinol kurang lebih 6 harian hasilnya asam urat saya 5,4 mg, BUN 9,1 dan Creatinin saya 1,4 mg yang saya tanyakan creatinin :
    1. apa obatnya sudah bisa saya hentikan ?
    2. apa maksud dari creatinin ? yang kata dokter creatinin saya lumayan tinggi
    terima kasih dok . . .

  222. dr Salma
    10 Maret 2011    

    @Prasetyo, jawaban saya:
    1. Untuk menghentikan obat, sebaiknya konsultasi dengan dokternya. Allopurinol menurunkan asam urat dengan menghalangi produksinya, bila dihentikan dalam beberapa hari asam urat bisa naik kembali.
    2. Creatinin adalah indikator kerja ginjal, bila kadarnya tinggi maka kemungkinan ginjal tidak bekerja sempurna. Penderita gagal ginjal memiliki creatinin sangat tinggi. Angka 1,4 mg termasuk sedikit di atas batas, mungkin karena ada sedikit gangguan ginjal. Namun, bisa juga sebab lain. Mengkonsumsi daging dapat menyebabkan kenaikan creatinin sementara.

  223. 10 Maret 2011    

    terima kasih atas infonya, kebetulan budeku kena asam urat

  224. dimas
    10 Maret 2011    

    Dokter, saya berumur 33 tahun, baru saja cek darah di prodia mendapatkan kolesterol saya 222 dan Asam urat saya 8,4
    yang mau saya tanyakan adalah apakah gangguan akut pada lambung (tingginya asam lambung) dapat menyebabkan asam urat dan kolesterol?
    kedua saya kalau minum air putih selalu mendapatkan volume buang air kecil saya sangat tinggi, sepertinya semua air yang saya minum langsung keluar begitu saja, apakah itu pertanda ginjal saya tidak berfungsi dengan baik?

    terima kasih

  225. dimas
    10 Maret 2011    

    maaf dok, satu pertanyaan lagi… saya meminum pil omega 3 dosis tinggi. Apakah ada pengaruhnya dalam menurunkan kolesterol dan asam urat?

  226. dr Salma
    10 Maret 2011    

    @dimas, kolesterol masih di normal-tinggi dan asam urat di atas normal. Setahu saya tidak ada hubungan antara asam lambung dan asam urat/kolesterol.Banyak keluar air seni mungkin karena banyak minum juga? Kalau tidak ada gejala lain, saya kira tidak perlu dicemaskan. Omega-3 dari minyak ikan bisa menurunkan kolesterol, tapi purine-nya yang tinggi bisa menaikkan asam urat.

  227. 13 Maret 2011    

    dok…suami saya berusia 42 th,berat badannya sebelumnya 47 kg sekarang bertambah jd 51 kg divonis ginjal,hasil lab HB =10.7, UREUM =102.9,KREATININ =7.44,ASAM URAT 11.25 dan sudah menjalani cuci darah 10x(kali).yang mau saya tanyakan menu sehat yang bagaiman yang bisa dikonsumsi untuk suami saya mengingat asam uratnya tinggi dan hipertensi jg sering tinggi,ginjalnya juga udah kena agar bsa menormalkan kembali fungsi semuanya.obat herbal apa yang bisa untuk semua keluhannya.terima kasih

  228. dr Salma
    13 Maret 2011    

    @faron, bu untuk kasus dengan komplikasi penyakit seperti suami ibu saya tidak bisa memberikan advis spesifik. Ibu perlu mengkonsultasikan dengan ahli penyakit dalam, ahli gizi dan dokter lain yang menangani suami ibu yang memahami persis kondisi suami ibu. Demikian juga dengan obat herbal, harus dikonsultasikan dengan para dokter yang menangani dan herbalis yang memeriksa langsung penyakitnya, karena bisa terjadi interaksi obat dan masalah lain berkaitan dengan kegagalan fungsi ginjalnya.

  229. diah
    14 Maret 2011    

    dok, mau tanya, apakah taoge bs sebagai pemicu asam urat?

  230. dr Salma
    14 Maret 2011    

    @diah, taogo/kecambah sebaiknya dihindari bila asam urat tinggi

  231. ichfan yustika albert
    14 Maret 2011    

    dok,, saya baru berumur 26 kok sudah kena asam urat ya,, apakah asam urat termasuk penyakit keturunan???

  232. Ronny
    15 Maret 2011    

    Dok, saya pria berusia 32 tahun terakhir cek lab hasilnya kolesterol total 192 dan asam urat 9.1
    pertanyaan saya berapa lama untuk kembali ke posisi normal dan apa saja yang harus saya lakukan…
    Terima kasih.

  233. dr Salma
    15 Maret 2011    

    @ronny, dengan obat medis bisa turun ke tingkat normal dalam beberapa hari, dengan obat herbal tertentu juga bisa tapi efeknya tidak langsung. Untuk pengelolaan jangka panjang, harus ada perubahan gaya hidup (makan, olahraga, dll)

  234. dr Salma
    15 Maret 2011    

    @ichfan, apakah sudah tes darah. Kalau seumur Anda sudah kena asam urat, memang anomali. Salah satu faktor risiko asam urat adalah predisposisi keturunan.

  235. indah di kendari
    16 Maret 2011    

    dok,ayahku brusia 41 tahun,ia berprofesi sbagai seorang montir.ia menderita nyeri di betis kemudian suka berpindah ke paha trus ke pinggang. tu penyakit asam urat bukan??? mohon keterangannya

    TERIMA KASIH

  236. Lin2
    17 Maret 2011    

    Dok, sy wnt berusia 27 tahun. menurut hasil ceh darah asam urat saya tinggi sekali yaitu 11,4, sedangkan gula darah dan kolesterol normal. dan kaki saya kesemutan tiap hari lalu sy diberi obat asam urat, dibatasi dlm jangka 10 hari. ini baru hari ke4. sy dianjurkan minum air putih yg banyak dan sdh sy lakukan dan frekuensi buang air kecil saya lebih sering kira2 1,5 – 2 jam skali buang air kecil. sy srk melakukan diet makanan yg dipantang utk penderita asam uratnya. Yang saya tanyakan:
    1. apakah kadar asam urat saya msh bs normal kembali?
    2. apakah kesemutan di kaki saya jg akan hilang dgn sendirinya?
    3. Olah raga apa yg bagus utk penderita asam urat, senam aaerobik bolehkah?

    terima kasih dok atas informasinya.

    Salam

  237. 18 Maret 2011    

    dok saya berusia 29 th.perut kiri sampai kebelakang sakit sekali,rasanya nyeri.setelah periksa ke dokter (medical chekup)katanya saya kena asam urat.yang mau saya tanyakan apakah gejala asam urat bisa menyerang pinggang dan perut?

  238. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @indah, kelihatannya bukan asam urat. Kemungkinan masalah saraf atau otot. Coba ayahnya diperiksa oleh dokter.

  239. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @Lin, jawaban saya:
    1. Bisa, asam urat akan normal kembali kalau diterapi dengan benar seperti anjuran dokter di atas (perbanyak minum, hindari makanan purine tinggi, minum obat, meningkatkan kebugaran, dll).
    2. Kalau kesemutannya terkait dengan asam urat, akan hilang juga gejalanya bila turun.
    3. Olah raga apa saja yang meningkatkan metabolisme tubuh baik untuk asam urat, termasuk senam aerobik.

  240. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @lian, nyeri di perut kiri sampai ke belakang bukan gejala khas asam urat. Apakah dari medical checkup ada data kadar asam urat darah-nya?

  241. dyarra
    18 Maret 2011    

    Dok, sekarang saya lg hamil, 3 bln yang lalu saya melakukan cek darah dan hasilnya menunjukkan kadar asam urat dan kolesterol saya tinggi.
    Sekarang saya sering merasakan sesak nafas dan susah sekali menarik nafas dalam dalam sampai kdg2 dada terasa sakit, apakah ini ada hubungannya dengan kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi?

  242. 18 Maret 2011    

    dok sy mw tanya…sekarang saya sering merasakan pegel2 di pundak sebelah kiri..umur saya 31 tahun laki2…apakah ini gejala asam urat atau kolesterol yah..belum lama saya berobat,d kasih obat nyeri dan balsam otot tapi tidak ada reaksi apa ajah…berhubung tes lab yg mahal apakah gejala ini yg d maksud yah dok..terima kasih atas jawabanna

  243. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @andri, asam urat atau kolesterol tidak bisa didiagnosis tanpa pemeriksaan lab. Kalau obat nyeri dan balsam tidak mengurangi sakit, kemungkinan memang masalah sistemik bukan karena terkilir atau masalah urat lain.

  244. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @dyarra, saya kira masalah Anda tidak terkait langsung dengan asam urat atau kolesterol. Asam urat maupun kolesterol tinggi tidak langsung menimbulkan gejala. Susah napas Anda mungkin karena pengaruh kehamilan yang semakin membesar saja. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter/bidan untuk memeriksa langsung masalahnya.

  245. Juliani A
    19 Maret 2011    

    dr Salma , tumit kaki kiri saya terasa sakit sekali, baik untuk jalan maupun berdiam diri, kadang2 ada rasa nyeri/ngebet (senat senut)saat duduk. apakah itu pasti asam urat ya dok? mungkin apa saya byk konsumsi tahu,tempe,sayur kol,taoge. tolong ya dok kira2 obat apa yg mst saya minum.terima kasih atas jawabannya

  246. sigit
    21 Maret 2011    

    pagi dok, saya ingin tanya masalah asam urat, saya sudah tes darah untuk kolestrol lengkap, asam urat dan gula darah, semua normal tetapi untuk asam urat, saya 7,8. asam urat yang saya derita bukan di kaki, tapi di lengan kiri saya, mulai dari bahu samapai pergelangan tangan saya dok, kemudian bukan hanya nyeri atau ngilu pada lengan, teapi yang cukup sering itu malah rasa kesemutan mulai dari lengan sampai jari tangan, yang ingin saya tanyakan apakah sering kesemutan juga seperti itu? cukup mengganggu juga apalagi kalau sedang mengendarai motor, saya mengkonsumsi obat allopurinol sdh beberapa hari ini, sdh agak mendingan begitu juga makanan yg saya konsumsi juga mulai saya kurangi macamnya, jenis obat apa yang kualitasnya bagus untuk asam urat? mohon info dan sarannya dok, terimakasih n GBU

  247. dr Salma
    21 Maret 2011    

    @juliani, harus diperiksa di lab apakah memang asam urat atau karena masalah lain. Baiknya konsultasi dengan dokter untuk diperiksa.

  248. dr Salma
    21 Maret 2011    

    @sigit, pengobatan allopurinolnya diteruskan saja sesuai petunjuk dokter. Bila asam urat menurun, maka gejalanya juga akan hilang. Rasa kesemutan di sebelah kiri mungkin juga karena masalah sirkulasi darah atau saraf, misalnya karena salah posisi tidur atau karena jarang digerakkan (dibandingkan sisi kanan). Harus diperiksa secara fisik oleh dokter untuk mengetahui sebabnya. Untuk pengelolaan asam urat jangka panjang agar selalu terkontrol, diperlukan perubahan pola diet yang mengurangi asupan purine dan perbaikan metabolisme dengan olahraga, suplemen herba, dll.

  249. Kiki Achmad
    21 Maret 2011    

    Saya berusia 23 tahun, pangkal ibu jari kaki saya bengkak dan nyeri. sdh tes uric acid 5,5. Tapi sakitnya melebar sampai ke telapak kaki (tumit). Nyeri luar biasa terjadi pada bangun tidur. Saya sdh beberapa kali ke dokter tapi tidak pernah tuntas hilang nyerinya. Ke dokter spesial apa saya mesti berobat? Terima kasih Dok.

  250. dr Salma
    22 Maret 2011    

    @Kiki, coba konsul ke dokter saraf.

  251. Argyn Hasta
    22 Maret 2011    

    Dok usia saya 22 tahun . kemarin kaki sy sakit, lgsg cek lab dan hasil lab mengatakan sy kena asam urat 8.3 . sy kaget karena sy msh muda. kata dokter ini mungkin karena faktor turunan. krn papa mama sy juga kena asam urat. apakah benar ?

  252. Nesa
    22 Maret 2011    

    dok hari ini hasil lab Urid Acid 10 Choles 170 dan Gula darah Sewaktu 96 Hb 15,3 , kaki rasanya kesemutan , gmn dok

  253. Nesa
    22 Maret 2011    

    hasil lab saya dok Urid Acid 10, Gula Darah Sewaktu 96, Choles 170, Hb 15.3, dan diberi Allupurinol 3 X 1 atau 3 X 2 melihat hasil tersebut harusnya yang manna dok 3 x 1 atau 3 x 2, tks atas sarannya

  254. dr Salma
    22 Maret 2011    

    @nesa, tergantung dosisnya. Baiknya mulai dengan dosis rendah di minggu pertama 3×100 mg per hari, baru dinaikkan sampai asam urat darah kembali normal. Efeknya baru terasa dalam seminggu atau lebih. Tapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokternya lagi.

  255. dr Salma
    22 Maret 2011    

    @Argyn, ya memang asam urat ada kecenderungan diwariskan, apalagi kalau kedua papa-mama juga terkena. Sebaiknya mulai mengubah gaya hidup dan meminta saran dokter untuk pengelolaan asam uratnya.

  256. Nesa
    22 Maret 2011    

    saya diberi Allupurinol 100mg, skg usia 40 th, disitu 3 x 1/ 3 x 2, katanya minimal 300 mg perhari gmn dok, tks balasannya

  257. dr Salma
    22 Maret 2011    

    @nesa, ya 3×1 dulu. Asam urat Anda tidak terlalu tinggi, apalagi kan masih belum ada gejala (asimptomatik)? Dosis bisa dinaikkan di minggu ke dua menjadi 3×2, sambil dimonitor kadar asam urat darahnya. Bila sudah normal, untuk pemeliharaan cukup 100-200 mg per hari.

  258. dika
    24 Maret 2011    

    dok saya mau tanya obat peroxicam,neurodex apakah tuh obatnya untuk penderita penyakit asam urat?, trus bedanya dengan allupurinol apa?

  259. dr Salma
    24 Maret 2011    

    @dika, piroxicam untuk mengurangi peradangan sendi, neurodex untuk vitamin saraf (mengurangi pegal-pegal, dll). Allopurinol untuk menurunkan produksi asam urat.

  260. 24 Maret 2011    

    thanks info info nya .

  261. Lin2
    24 Maret 2011    

    Dok, saya sdh sepuluh hari mengkonsumsi obat Allopurinol (yg diberikan oleh dokter) karena asam urat saya 11,4 (usia 27 th), sy juga sdh minum air putih min 10 gls malah lebih dan frekuensi buang air kecil hampri 2 jam sekali, sy membatasi makan saya sesuai anjuran dokter (makan porsi diet, menghindari makanan dgn purin tinggi, mengkonsumsi tahu tempe pun 1 biji per hari, dan protein hewani: ayam/ikan dibatasi). tapi koq masih sering kesemutan di kaki terutama kaki kiri, kadang datang kadang pergi (meski kesemutannya kecil, tdk sakit, dan tidak bebal). terutama kalo habis bonceng motor kesemutannya terasa sekali. bagaimana ya..apa itu menandakan kadar asam urat sy blm turun? atau efek kesemutan hilangnya dlm jangka lama? Mohon infonya, terima kasih

  262. dr Salma
    24 Maret 2011    

    @Lin, asam urat turun atau belum hanya bisa diketahui dari pemeriksaan lab. Efek kesemutannya sendiri mungkin sumber masalahnya bukan asam urat, misalnya karena gangguan saraf. Sebaiknya cek lagi ke dokter untuk dicari penyebabnya dan diberi obat yang tepat.

  263. nila
    24 Maret 2011    

    dok,, saya mau nanya,, apa kah sama makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita rematik dengan penderita asam urat???

  264. Julia
    25 Maret 2011    

    dr. Salma yang baik…hampir 3 bln ini dada kiri saya sering nyeri sampai ke punggung, tapi hilang sendiri. Tapi hasil EKG dan treatmil bagus. 1 th yang lalu saya pernah sakit bronchitis dan dianjurkan minum antibiotik selama 2 minggu, apakah ada hubungannya dg ini ya dok ? Terima kasih dok.

  265. dr Salma
    25 Maret 2011    

    @nila, tidak. Rematik adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi, bukan metabolik, jadi tidak dipicu oleh makanan.

  266. dr Salma
    25 Maret 2011    

    @Julia, ya mungkin sakitnya dari paru bukan dari jantung sehingga EKG dan treadmill bagus. Untuk itu perlu pemeriksaan paru, sekaligus mengecek apakah bronkhitisnya masih ada atau sudah benar-benar sembuh.

  267. LILI K
    25 Maret 2011    

    Dok,saya mau nanya.umur saya 38 tahun saya mempunyai penyakit asam urat tinggi nya 9,2.saya sering menggalami kesemutan pada jari tangan dan ngjlu pada persendian apakah ada obat untuk menurunkan kadar asam urat,dok??? terima kasih ya ,dok

  268. suryo
    25 Maret 2011    

    hrs berapa hari untuk menurunkan asam urat tersebut? saya udah satu bulan konsumsi alupurinol, megabal dan mefinal tp kok masih merasa nyeri persendian kaki pdahal saya udah kurangi makanan yg berpurin tinggi dan sedikit makan ikat laut yg di bakar.

  269. suryo
    25 Maret 2011    

    …..ditambah lagi dengan cataflam karena terjadi pembengkakan, mohon advisenya ya dok..

  270. suryo
    25 Maret 2011    

    oh ya dok kadar asam urat saya 9.2

  271. dr Salma
    25 Maret 2011    

    @suryo, Anda mengkonsumsi obat-obatan tersebut apakah atas petunjuk/resep dokter? Mungkin saja pembengkakan sendi dan kesemutan bukan dari asam uratnya.

  272. dr Salma
    25 Maret 2011    

    @lili, ada obat penurun asam urat, tapi harus diambil atas resep dokter setelah memeriksa kondisi Anda secara seksama. Saya sudah membahas beberapa jenis obat untuk gout (nyeri sendi karena asam urat)

  273. suryo
    26 Maret 2011    

    Dok, iya dok saya konsumsi obat tsb atas petunjuk dokter

  274. maya erlina
    27 Maret 2011    

    malem dok..
    saya maya umur 26 tahun
    maaaf saya mau tanya tapi agak melenceng dikit
    setahun yang lalu saya cek up hasil lab ASTO 400
    trus saya tanyakan ke dokter spesialis malah tidak tau apa itu asto katanya baru denger..
    dapet 1bln akhrnya saya opnam hmpir 2mggu d rs,dokter bilang katanya thipus ma maag…nyeri uluhati,mual,tangan sebelah kiri klo kena cuaca dingin kayak kram kaku,dada berdebar debar kenceng,
    dada sesek dan panasnya pindah2, kepala pusing kyk orang mabok,ujung jari cenut cenut panas,pinggang ma punggung rasanya sakitnya minta ampun.
    awal bulan maret ini sakit tahun yg kmrn saya derita sekarang kambuh lagi
    saya sudah berobat kesana kemari tpi msh tetep saja doktr bilang mesti klo gk maaag ya thipus.saya sering baca artikel2 penyakitnya hampir sama yang saya rasakan..
    penyakit yang saya derita ini penyakit apa dok thipus,maaq,demam rematik,asam urat..?
    mohon masukanya dok…saya bener2 ingin tahu,ingin lekas sembuh dan bisa ikut senam lagi.trimakasih

  275. leonardo
    28 Maret 2011    

    adakah resiko kematian akibat penyakit asam urat, dok ?

  276. Iip Sri
    28 Maret 2011    

    bu dok, ibu sy penderita asam urat. terkadang kalau kambuh asam urat nya, melipat kakinya pun gak bisa..tolong dok di jelasin apa yang gak bs di makan atau di minum ??? trs makanan dan minuman apa yang baik utk penderita asam urat ???? apa minum teh jg gak bisa ??

  277. rina
    28 Maret 2011    

    Dok, kadar asam urat saya tahun 2009 :6; 2010 : 5. Sampai saat ini kaki saya sebelah kiri setiap duduk lama selalu bengkak. Mulai dari pinggul sampai kaki sebelah kiri saya sakit jika bangun dari duduk lama atau bangun tidur.
    Apakah ini asam urat? Kolesterol saya 285.
    Saya pernah dikasih oleh dokter obat penghilang rasa sakit (saya lupa namanya)tetapi lambung saya nyeri, akhirnya saya minta obat saya diganti karena takut lambung saya terserang oleh obat.
    Obat apa yang dianjurkan untuk saya minum ya Dok, terima kasih.

  278. rina
    28 Maret 2011    

    Dok, menyambung konsultasi saya, waktu lambung saya sakit saya diberi obat piroxicam.
    Sebaiknya saya dianjurkan minum obat apa ya Dok, tks.

  279. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @rina, tampaknya nyeri di pinggul dan kaki kiri Anda bukan disebabkan asam urat. Piroxicam sebenarnya bagus untuk menghilangkan peradangan dan nyeri karena rematik, ostoartritis atau karena sebab lain (idiopatik). Efek samping piroxicam memang antara lain menyebabkan iritasi lambung. Untuk menghindari iritasi, piroxicam biasanya diminum bersamaan atau setelah makan. Alternatif lain dengan pemberian melalui injeksi. Bila dokter Anda sudah mengganti dengan obat lain, diteruskan saja sesuai petunjuk. Banyak alternatif lain dari piroxicam dalam kelompok anti inflamasi non-steroid seperti meloxicam, indomethicin, naproxen, dll. Efektivitasnya tergantung jenis masalah dan respon masing-masing orang. Semua obat itu harus diambil dengan resep dokter.

  280. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @Iip Sri, daftar makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat sudah ada di artikel, silakan dibaca. Teh biasanya aman untuk penderita asam urat, bahkan kandungan antioksidannya bermanfaat bagi kesehatan.

  281. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @leonardo, hiperurikemia (asam urat tinggi) tidak hanya menyebabkan gout tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal karena timbunan kristal di tisu ginjal, ureter, dan bagian lain sistem uriner. Sekitar 10% batu ginjal disebabkan oleh asam urat tinggi. Kerusakan ginjal bisa mengakibatkan kematian.

  282. 29 Maret 2011    

    Yth Dr. Salma..
    Hasil Lab saya Uric Acid = 8,1, creatinin = 1,2. Apakah hasil lab seperti ini masuk kategori TINGGI/BAHAYA atau tidak?? Gejala yang saya rasa adalah kaku di persendian. Kadang2 saya merasa nyeri di pergelangan sisi dalam kaki kanan, rasanya seperti Kram, durasi waktu nyerinya tidak lama (sekitar 5 – 10 detik), tapi lumayan sakit… Apa ini akibat Asam Urat?? Saya sudah minum obat dari dokter selama 1 bulan, dan sekarang obat sudah habis, dan akan melakukan Lab minggu ini. Tks Dok.

  283. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @maya, iya saya juga tidak tahu apa itu ASTO 400. Kalau dari keluhannya, kelihatannya bukan penyakit asam urat. Mungkin maag/typus yang juga disertai masalah sistemik demam rematik. Saya tidak bisa menduga-duga. Anda sebaiknya kembali ke dokter Anda untuk mendapatkan terapi yang sesuai dengan mempertimbangkan diagnosis, perawatan yang telah diberikan dan responnya selama ini.

  284. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @agus, asam urat dan creatinin- nya sedikit di atas batas normal tertinggi. Mungkin saja nyeri di kaki kanan Anda karena asam urat. Setelah satu bulan pengobatan, sebaiknya Anda konsultasi lagi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lab. Anda juga bisa meminta dokter untuk meresepkan obat pengurang sakit dan kram/kekakuan di pergelangan kaki Anda, selain obat penurun asam urat jika masih diperlukan.

  285. Lin2
    29 Maret 2011    

    dok, kemaren saya cek darah lagi dan kadar asam urat saya turun dari 11,4 menjadi 4,4 (dalam jangka wkt 10 hari). saya jg sdh tdk diberi obat Allopurinol lagi. tapi utk diet makanan ttp dianjurkan. tensi, gula, dan kolesterol normal. karna sy mengeluh knp kadang masih kesemutan (terutama setelah bonceng motor), beliau mengatakan itu efek dari asam urat kemarin dan bukan karena syaraf yg salah. lalu sy diber obat neurodex utk kesemutan itu diminum sehari sekali. sebenarnya neurodex itu obat apa? dan jika sdh habis…tp msh kesemutan sya perlu cek dokter lagi enggak?trimakasih infonya

  286. Lin2
    29 Maret 2011    

    oya dok, menyambung lagi, kesemutan kadarnya kecil kadang datang kadang pergi, tapi masih terasa dan tdk bebal

  287. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @Lin2, neurodex isinya vitamin saraf untuk mengurangi pegal-pegal, kesemutan, rasa capek, dll. Efek obat tidak selalu langsung “cespleng”, jadi harus sabar. Setelah kadar asam urat normal dan saraf diberi vitamin, mudah-mudahan kesemutannya hilang. Bila obat yang diberikan sudah habis dan keluhan masih ada, sebaiknya kembali lagi ke dokter. Dia akan mempelajari respon obat yang diberikan dan menyesuaikan dosis, mengganti obat atau melakukan pemeriksaan lanjutan bila diperlukan.

  288. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @suryo, seharusnya setelah mengkonsumsi allopurinol satu bulan, asam urat Anda sudah turun. Bila keluhan masih ada, Anda perlu kembali ke dokter Anda agar dia bisa mengetahui respon obat yang telah diberikan dan mendiagnosis ulang masalah Anda, bila perlu.

  289. 31 Maret 2011    

    Dok, saya nyambung pertanyaan (March 29, 2011 at 10:03 am)… Setelah minum allopurinol satu bulan saya Lab hasilnya dari lab awal Uric Acid = 8,1, creatinin = 1,2 – menjadi Uric Acid = 7,9, creatinin = 0,9…. Kok turunya dikit banget Dok??? Apa karena pola makan saya yang kurang terjaga atau ada sebab lain Dok? Diet yang paling baik seperti apa Dok? Apakah perlu saya minum Obat Herbal penurun Asam Urat yang banyak di-Iklankan di media??? Tks Dok.

  290. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @agus, kelihatannya memang Anda kurang merespon pemberian allopurinol. Mungkin dosisnya perlu dinaikkan menjadi 300 mg/hari kalau saat ini belum sebesar itu. Sebaiknya Anda kembali ke dokter untuk mendiskusikan hasil lab setelah pengobatan sebulan itu. Dia yang paling paham kondisi Anda.

    Penelitian menunjukkan penurunan asam urat tertinggi bila diimbangi juga dengan diet rendah purin. Bila makanan Anda masih banyak mengandung purin, ya tentu sulit untuk menurunkannya. Obat herbal yang teruji secara pra-klinis atau klinis bisa membantu. Asam urat adalah penyakit seumur hidup, seperti darah tinggi dan diabetes. Kalau tidak dikelola, bahayanya dalam jangka panjang akan terus ada, yaitu sakit persendian dan batu ginjal.

  291. Krislita
    2 April 2011    

    Sy wanita 48 thn, as urat 3 thn yl 6,3. Sy selalu usahakan tdk makan obat, kl msh ada jln lain. Kalu sy merasakan gejala as urat meningkat, sy minum air putih sebanyak2nya, terutama pagi hari,dan berusaha olahraga/kegiatan yg mengeluarkan banyak keringat. Bgmn menurut Dokter? Apakah as urat bisa juga dikeluarkan melalui keringat selain urin?

  292. Johan S.
    3 April 2011    

    Dok, saya pria umur 22th, saya mempunyai keluhan sakit bengkak dan nyeri di ibu jari, tumit & dibelakang tumit (pergelangan kaki).
    Jangankan u/ berjalan untuk mengangkat kaki pun rasanya nyerinya menusuk tulang. Saya sdh berkonsultasi kedokter internis dan sdh tes lab, dgn fungsi ginjal dan asam urat menunjukkan hasil baik yaitu asam urat 5,5, lalu saya diberi obat Recolfat dan Kenacot.
    Saat minum obat nyerinya berkurang, namun bengkak masih ada. Sampai sekarang saya biarkan saja hanya menggunakan krim pereda nyeri dan bengkaknya tdk kunjung hilang. Kira2 saya mengalami sakit apa? Selain kedokter internis saya harus konsultasi kedokter apa?
    Apa perbedaan asam urat dan rematik dok?
    Mohon petunjuk dan advisenya. Terima kasih.

  293. dr Salma
    3 April 2011    

    @Krislita, ya asam urat bisa dikelola dengan perubahan gaya hidup. Bila sudah timbul gejala, mungkin perlu intervensi obat. Asam bisa dikeluarkan lewat keringat, tapi sangat sedikit dibandingkan dengan urin.

  294. dr Salma
    3 April 2011    

    @Johan, untuk keluhan Anda selain ke internis Anda bisa berkonsultasi ke ahli rematologi/rematolog. Perbedaan rematik dan asam urat sudah dibahas di artikel: Reumatoid Artritis, Gout dan Osteroartritis, Apa Bedanya

  295. yuli
    4 April 2011    

    Dok, kemarin saya mengalami nyeri di lutut kanan setelah bangun pagi ketika turun dari tangga rasanya sakit sekali. Begitu pula ketika ditekuk dan diluruskan. Teman saya mengatakan mungkin asam urat, wah padahal baru berumur 21 udah kena asam urat. Saya takut lalu periksa asam urat ke lab hasilnya masih di bawah batas normanl 5,3. Melihat hasil ini rasanya sudah berada di batas atas. Apakah saya juga harus mulai mencegahnya? Apakah orang yang kadar asam uratnya normal bisa mengalami tanda-tanda asam urat? Terima kasih

  296. dr Salma
    4 April 2011    

    @yuli, kalau melihat dari gejala, usia dan hasil lab, tampaknya bukan asam urat. Gejala atau tanda nyeri sendi banyak sebabnya, bukan hanya asam urat. Coba baca artikel: 5 Penyebab Umum Nyeri Sendi

  297. Lin2
    5 April 2011    

    dok, kadar gula darah, asam urat, kolesterol, dan tekanan darah saya dalam keadaan normal. mmg kemarin sempat kena asam urat sampai 11,4 tp sdh normal mjd 4,4. tp kesemutannya koq masih saja. meskipun setelah asam urat normal saya diberi neurodex utk vitamin sayaraf. kenapa ya..perlukah saya ke dokter syaraf?trimaksaih

  298. dr Salma
    5 April 2011    

    @Lin2, mungkin sebaiknya teruskan dulu pengobatan neurodex-nya. Coba diamati dalam beberapa hari. Kan penyembuhan butuh proses? Kalau memang dalam beberapa hari ke depan masih tetap ada kesemutannya, sebaiknya kembali ke dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Bila memang dia mencurigai ada masalah saraf dan perlu dirujuk ke ahli saraf, Anda bisa minta rujukan ke dokter saraf.

  299. Lin2
    5 April 2011    

    sebenarnya sy takut dok dgn adanya kesemutan terus menerus spt ini, mmg dokter tp sy periksa mengatakan itu bukab mslh syaraf tp efek dari asam urat. cuman kdg sy baca2 artikel2 di internet banyak menyatakan kesemutan bisa menandai adanya penyakit serius yg berakibat fatal. semoga ini hanya efek ringan yg mudah disembuhkan. makasi sarannya dok

  300. Ricky
    6 April 2011    

    Dok, saya mau tanya kalau tes lab untuk asam urat kan uric acid. Trus kalau saya juga mau tes rematik itu yang di tes apa saja ya, Dok?
    Terima kasih atas bantuannya, Dok.

  301. dayat sudrajat
    6 April 2011    

    Dok! bagaimana cara pengobatannya, soalnya saya sudah dua kali berobat ke dokter umum, tetapi belum ada perubahan pada lutut(masih terasa sakit kalau mau berdiri dan bengkak-bengkak masih ada) tetapi kalau lagi batminton tidak terasa, namun setelahnya tetap masih sakitjika sehabis duduk lalu berdiri, apa boleh saya berolehraga mohon penjelasan. trims dok!

  302. dhanii
    7 April 2011    

    Dok, asam urat saya 8,1 tp tapi tensi saya 150/90 badan semakin kurus umur 36 th gimana solusinya dok? olah raga apa yang baik untuk mengurangi asam urat?

  303. taufik
    7 April 2011    

    dok kemarin saya diperiksa ke lab, hasilnya asam urat saya 7,3 mg/dl,,,dan kadar kolestrol saya dalam kadar normal, saya oleh dokter dikasih obat allopurinol 100 mg,, dok apakah dengan kadar asam urat saya, saya perlu untuk meminumnya, karena saya jarang merasakan nyeri yang umumnya diderita oleh penderita asam urat, tetapi saya tidak pungkiri kalau saya sering kesemutan palagi sehabis bangun tdr meskipun itu juga jarang,, menurut dokter saya harus bagaimana, apakah obat itu aman untuk saya, sedangkan saya memiliki maag,,??mohon jawabannya ya dok,, terima kasih

  304. dr Salma
    8 April 2011    

    @Ricky, ada tes untuk rematik adalah RF (rheumatoid factor) untuk menguji keberadaan antibodi rematik dan tes LED (laju endap darah) atau CRP (C-reaktif protein) untuk mengetahui inflamasi. Interpretasi atas hasil tes darah tersebut harus dilakukan oleh dokter karena hasil positif/negatif tidak langsung bisa disimpulkan ada atau tidak ada rematik.

  305. dr Salma
    8 April 2011    

    @dayat, pengobatannya tergantung sebab. Kalau rasa sakit berkurang/bertambah dengan aktivitas kemungkinan besar bukan asam urat tapi sebab lain. Mungkin osteoartritis (lihat artikel: Osteorartritis, Penyakit Sendi Degeneratif)

  306. dr Salma
    8 April 2011    

    @dhanii, asam urat tidak ada hubungannya dengan semakin kurus atau gemuk. Kalau tekanan darah, ya. Semua olahraga baik untuk asam urat asalkan tidak berlebihan. Kalau sudah timbul gejala di persendian, sebaiknya memilih yang low-impact (tanpa kontak tubuh) dan tidak kompetitif.

  307. dr Salma
    8 April 2011    

    @taufik, allopurinol aman, apalagi itu yang diberikan adalah dosis terendah. Boleh saja tidak meminum allopurinol, tapi tanggung sendiri akibatnya bila pelan-pelan kristal menumpuk di persendian dan ginjal Anda :-). Alternatif lain, bisa mengelola asam urat dengan mengubah gaya hidup lebih sehat dan mengkonsumsi herbal tertentu yang secara ilmiah diketahui berefek positif terhadap kadar asam urat. Kalau punya maag, sebaiknya minum obat bersamaan dengan atau setelah makan.

  308. lita hilmi
    9 April 2011    

    dokter salma salam kenal ya, saya mau tanya dok tp agak ga nyambung dgn topiknya nih, begini dok suami saya sdh 2 thn belakangan ini sering sakit pinggang sebelah kanan biasanya dibarengi dengan susah BAB dan susah BAK kadang ditungguin cuma keluar setetes tapi otot serasa ditarik sampe ke pinggang kata suami saya sakit sekali dok. kami sdh periksa ke 3 org dokter kata mereka (mungkin) sakit ginjal. pdhal ginjalnya sudah dironsen dan di USG gak ada batu cuma saluran kandung kemihnya pernah radang dok, itu dr batu ginjal bukan ya dok? atau ada hubungannya dengan asam urat. mohon penjelasannya yadok, karena dr dokter yg pernah kami datangi tidak pernah ada jawaban yang pasti, jd cuma dikasih obat urispas dan penahan sakit lainnya. terima kasih sebelumnya bu dokter salma. bu dokter praktek di rs mana?

  309. dr Salma
    10 April 2011    

    @lita hilmi, sakit pinggang kronis disertai keluhan kemih memang gejala khas batu ginjal, yang bisa disertai mual dan adanya darah di urin. (lihat artikel: Gejala dan Pencegahan Batu Ginjal). Pembesaran prostat jinak juga bisa menimbulkan keluhan sulit kencing dan sakit punggung bawah (posisinya berbeda dengan keluhan ginjal yang berpusat di pinggang). Selain rontgen dan USG, biasanya juga perlu pemeriksaan darah dan urin untuk memastikan adanya darah di urin, infeksi, kenaikan asam urat/kalsium darah dll. Hasil tes urin dan darah bisa mengkonfirmasi dan menjelaskan temuan dari rontgen dan USG. Apa hasil tes darah dan urinnya? Masalah ginjal biasanya tidak dibarengi dengan sulit buang air besar (BAB), yang mungkin disebabkan oleh faktor lain. Yang sering terjadi justru sebaliknya, kesulitan buang air besar menyebabkan “ngompol” (inkontinensia) karena penumpukan tinja di perut mendesak kantung kemih sehingga menyebabkan urin keluar. Saran saya, bila keluhan terus berlanjut, ibu mengajak suami berobat ke dokter spesialis (spesialis urologi, nefrologi atau penyakit dalam)

    Peradangan kandung kemih (cystitis) bisa menyebabkan kesulitan buang air kecil yang berupa dorongan ingin BAK yang sering tapi keluarnya sedikit-sedikit disertai rasa terbakar (Jawa: anyang-anyangen). Penyebabnya bisa infeksi atau non-infeksi, tapi bukan batu ginjal.
    Ya, asam urat tinggi memang bisa menyebabkan batu ginjal. Sekitar 5-10% batu ginjal disebabkan oleh asam urat.

  310. 11 April 2011    

    Dok… melanjutkan keluhan saya (March 31, 2011 at 3:32 pm).. Pada saat kontrol, oleh dokter saya kembali diberi allopurinol 300 mg (sama dosisnya dengan yang pertama) cuma yang sekarang dari jenis Obat Paten. Setelah mengkonsumsi 10 hari ini kram kaki kana sudah jarang saya alami (hanya sekali selama 10 hari ini). Saya juga minum Air rebusan Daun Salam. Bagaiman saran dan pendapat Dr Salma??? Dan jika Dr Salma tidak keberatan, mohon saya diberi referensi Obat Herbal yang Aman dan Efektif (jika tidak bisa disebut disini, mohon di-Email Dok). Terima kasih Dok…

  311. 11 April 2011    

    Dok saya suka nyeri di ujung2 kaki dan tangan apakah ini gejala asam urat. Trimakasih untuk informasi pantangan dan makanan apa yang dianjurkan.

  312. dr Salma
    11 April 2011    

    @Agus, ya keluhan Bapak berkurang bisa karena beberapa hal. Mungkin karena pengaruh pemberian allopurinol yang pertama, karena memang obat butuh waktu untuk memberikan efek yang diinginkan. Bisa juga karena pemberian allopurinol kedua yang jenis paten. Bisa juga karena dibantu rebusan daun salam. Atau mungkin ketiga faktor di atas secara bersamaan. Kalau sudah normal, untuk selanjutnya yang dibutuhkan hanya pengelolaan supaya asam urat terjaga karena Bapak punya kecenderungan hiperurikemia. Mengenai obat herbal, kalau sumber alaminya sudah dijelaskan di artikel 7 Obat Alami untuk Mengobati Asam Urat, ditambah mungkin daun salam, tempuyung dan sirsak. Salah satu obat herbal yang cukup laris di eStore situs ini adalah Herbagold Uricocid, yang terdiri dari ekstrak tempuyung, sidaguri, curcuma, dll. Tahap pra-komersial ramuan herbal ini digunakan RS International holistik di Purwakarta (pimpinan DR Husen Ahmad Bajry, M.D.) dan tampaknya cukup membantu banyak orang yang mengidap masalah asam urat. Tentu saja, pada akhirnya cocok atau tidaknya pengobatan tergantung pada banyak faktor.

  313. dr Salma
    11 April 2011    

    @anis, belum tentu karena asam urat. Perlu diagnosis utk mengetahui penyebabnya.

  314. Anie
    12 April 2011    

    Dok… Mau tanya suami sy berusia 52 th n pernah mengalamin pth tlg di persendian tangan n lalu diperiksa ada asam urat 10. N suka nyeri n ngilu di sekitar tgn yg pth apakah itu perngaruh krn asam urat atau faktor lain n utk asam urat yg normal itu brp ya n mknan apa aja yg perlu dipantang… Thx ya Dokter…

  315. Rochmat
    12 April 2011    

    dok saya mau tanya apakah sayuran toge dan bubur kacang ijo boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena asam urat saya 7.2.bgmn dg olah araga bulutangkis sy,bisa kembali normal tidak dok? terima kasih,.

  316. dr Salma
    13 April 2011    

    @Rochmat, toge dan bubur kacang ijo boleh dikonsumsi secara moderat saja, 1-2 porsi sehari. Dengan olah raga dan diet, asam urat Anda mudah-mudahan bisa terjaga.

  317. dr Salma
    13 April 2011    

    @Anie, mungkin karena asam urat kalau nyerinya di persendian, tapi bisa juga karena bekas patah tulangnya, harus dilakukan pemeriksaan. Asam uratnya termasuk tinggi. Makanan yang perlu di pantang ada di artikel (lihat tabel).

  318. 14 April 2011    

    Dok saya setiap bangun tidur kelima jari saya terasa kaku dan jari tengah agak bengkok jari kiri dan kanan bagaimana cara pencegahan dan makanan apa yg harus dihidari, trims

  319. dr Salma
    15 April 2011    

    @Efri, penanganan tergantung penyebabnya. Harus didiagnosis dulu dengan cermat apa sebabnya.

  320. dedy
    15 April 2011    

    dr salma. saya berumur 31tahun,, dan saya sudah menderita asam urat,, kalau lagi kambuh ketoilet aja gak bisa jalan,, gmn caranya atau pencegahannya agar tidak sesakit seperti skr ini aku rasakan.
    thx

  321. lita hilmi
    15 April 2011    

    dr salma terima kasih atas infonya yg cukup banyak ya, suami saya sdh pernah tes urin dan darah sekitar 10 bln yg lalu dok, dan memang hasil tes urinnya ada sedikit mengandung darah. apa artinya suami saya sdh kena penyakit ginjal dok? semua dokter yang kami kunjungi adalah dokter spesialis penyakit dalam dok, bahkan salah satunya ahli ginjal. mungkin kami akan mengikuti saran dokter utk ke dokter urologi/nefrologi. thanks again dr salma.

  322. dr Salma
    16 April 2011    

    @lita hilmi, ada darah di urin (hematuria) memang gejala batu ginjal. Batu yang menutup saluran kemih membuat dinding saluran kemih teriritasi sehingga berdarah dan darahnya larut terbawa urin. Ahli nefrologi sama dengan ahli ilmu ginjal, sebenarnya suami ibu sudah berobat ke spesialis yang tepat. Subspesialis lain yang berkaitan adalah urologi, yang mengkhususkan diri pada sistem urin (laki-laki dan perempuan) dan sistem reproduksi laki-laki. (Kalau sistem reproduksi perempuan spesialisasinya adalah ginekologi). Mudah-mudahan suami ibu bisa segera sembuh.

  323. 17 April 2011    

    dokter mau tanya,, telor boleh dikonsumsi gak untuk penderita asam urat

  324. dr Salma
    17 April 2011    

    @dedy, telur cukup aman dikonsumsi moderat.

  325. ichfan
    17 April 2011    

    sudah dok… test kesehatan disolo.. hasilnya positif kena asam urat..

  326. tri prasetyawan
    18 April 2011    

    Dokter,
    apakah penyakit asam urat bisa disembuhkan dengan terapi berjalan di atas batu?

  327. 18 April 2011    

    apakah kalau sedang kambuh asam uratnya dilarang makan ayam dok? trus bagusnya makan makanan apa yang dikonsumsi jika asam urat sedang tinggi atau kambuh?? makasih

  328. dr Salma
    18 April 2011    

    @dedy, makan ayam secara moderat boleh asal bukan jeroan dan dibuang kulitnya. Makanan lain selain yang disebut di daftar umumnya aman.

  329. dr Salma
    18 April 2011    

    @tri, wah kalau itu saya kurang tahu. Mungkin saja dengan pijat refleksi tertentu metabolisme asam urat kembali normal.

  330. au chan
    18 April 2011    

    dok mo nanya nech, saya perempuan brusia 24 thn tinggal di jpg, berapa mggu ini nyeri pada daerah lutut, saya kira mgkn karena pngaruh musim dingin, tyata tidak skrg sudah blalu musim dingin tapi tetap saja nyeri, dulu yg sbelah kanan skarang malah kedua2nya..klo masalah olahraga saya malah termasuk aktif bergerak dan suka olahraga walau tidak continue,,TD darah rendah , sulit tidur

  331. purnomo
    19 April 2011    

    dok udah 2 hari ini leher sama bahu saya sakit apakah ini jg bs disebut asam urat

  332. dr Salma
    20 April 2011    

    @purnomo, sakit leher bukan gangguan khas asam urat pak.

  333. dr Salma
    20 April 2011    

    @au chan, nyeri di kedua lutut (simetris) mungkin gejala rheumatoid artritis (rematik). Coba diperiksa ke dokter.

  334. au chan
    20 April 2011    

    saya kira bukan gejala rheumatoid artritis dok karena tidak terjadi pembengkakan hanya terasa nyeri, dan setelah saya selidiki beberapa hari ini, mgkn karena pasien saya disini rata2 lansia tiap harinya memindahkan pasien dari kursi roda ke bed, ato sbaliknya. mengangkat pasien dengan kekuatan topangan tangan dan kaki, beban berat pasien yg tertumpu pada kaki, mgakibatkan terasa nyeri di lutut kaki,,biasanya kalo saya off/libur nyeri itu justru jarang muncul..sebaiknya solusi ap yang baik dok,,trimakasih untuk sbelumnya

  335. 21 April 2011    

    Dok, apakah minum allopurinol 300 mg dalam kurun waktu yang panjang dapat menimbulkan efek samping (negatif) pada organ tubuh?? Saya sudah hampir 2 bulan ini setiap hari minum allopurinol 300 mg. Saya rajin minum air putih minimal 10 gelas per hari dan saya juga minum air rebusan daun Salam setiap hari (malam). Mohon penjelasan Dok.. Tks..

  336. 21 April 2011    

    asam urat saya tinggi sekali..13 apa yang harus saya lakukan dok

  337. dr Salma
    22 April 2011    

    @au chan, ya mungkin terkait dengan tekanan di sendi dan otot lutut karena sering mengangkat pasien. Bila tidak bisa mengurangi pemicunya (mengangkat), rasa nyeri bisa dikurangi dengan obat penghilang nyeri dan inflamasi. Tapi itu cuma menghilangkan gejala. Postur yang benar ketika mengangkat dan menurunkan pasien, olah raga yang menguatkan dan melemaskan otot-otot kaki bisa membantu mengurangi nyeri.

  338. dr Salma
    22 April 2011    

    @agus, allopurinol masih aman bila dalam 2 bulan. Dalam jangka panjang bisa saja ada efek sampingnya, karena itu dosisnya perlu dikurangi ke tingkat minimum jika hanya untuk pengelolaan. Bila terapi alami dan perubahan gaya hidup sudah bisa membuat asam urat terkelola, allopurinol tidak diperlukan.

  339. Djoko Siswanto
    23 April 2011    

    Dr. Salma Yth.

    Ass. Wr.Wb
    Dokter, usia saya 57 tahun, sudah hampir setahun jari tengan sebelah kanan saya agak kaku. Mulai hampir tiga bulan ini jari-2 sebelah kiri saja, terutama jari tengah kaku bila bangun tidur. Saya hampir makan tanpa pantangan. namun sejak jari-2 kaku, mulai mengatur pola makan dengan makan sayur (sebelumnya hampir tidak pernah saya makan). Yang ingin saya tanyakan Dikter, apakah kaku-2 pada jari saya dapat sembuh. dan apakah ada obat yang dijual bebas di pharmasi / apotik untuk asam urat ? Mohon petunjuk dari Dokter Salma.
    Terima kasih atas bantuan Dokter.
    Wass. Wb Wb.

  340. astuti
    24 April 2011    

    malem dok…dok saya suka olahraga senam,tp tdk rutin,kdng seminggu sekali,kdng seminggu 2 kali,senam aerobic,BL,body combat,lutut saya sering nyeri dua2nya kalo untuk naik tangga…penyakit apakah dok? apa termasuk asam urat? makanan apa yg harus sy hindari? tks

  341. astuti
    24 April 2011    

    maaf dok balesnya ke email bisa? hehe..trims

  342. dr Salma
    24 April 2011    

    @astuti,saya kira bukan asam urat tapi nyeri lutut oleh sebab lain karena pengaruh beban naik tangga. Kalau otot dan sendi utut semakin terlatih, rasa nyerinya bisa hilang. Untuk mengetahui sebab pastinya, harus diperiksa langsung oleh dokter. Jawab di sini saja ya, biar yang lainnya bisa ikut belajar dan berkontribusi:-).

  343. I s h a k Dn
    25 April 2011    

    Saya pria 47 thn. dalam minggu ini ketenteraman tidur saya sangat terganggu karena kedua belah tangan saya banyak semut (kesemutan) alias Kebas. apakah itu juga krn Asam urat Dok?

  344. Fik
    25 April 2011    

    dr Salma yth.
    Sy Pria berusia 27 tahun..
    hampir 2 tahun ini paha saya sering nyeri, dan sering muncul benjolan merah di paha, betis n tangan..
    apa ini asam urat dok???
    apa yang harus sy lakuin biar nyeri di paha cepat hilang?
    obatnya ada gak dok??

  345. astuti
    25 April 2011    

    Infonya ok
    Dok mhn informasi asam urat saya 7,2, klao naik motor tangan kesemutan, ramuan herbal apa yang manjur untuk menurunkan asam urat, apa saya harus minum obat???
    Trimakasih

  346. dr Salma
    25 April 2011    

    @Ishak, mungkin saja karena asam urat atau sebab lain. Perlu pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya.

  347. dr Salma
    25 April 2011    

    @djoko, ada dua jenis obat gout, yaitu yang mengobati gejalanya dan menekan produksi asam urat atau mempercepat pembuangannya. Kalau untuk mengobati gejalanya seperti inflamasi, rasa sakit/nyeri, dll Anda bisa membeli secara bebas. Untuk jenis yang melakukan intervensi terhadap metabolisme asam urat, harus dengan resep dokter. wassalam.

  348. dr Salma
    25 April 2011    

    @Fik, masalah Anda perlu diperiksa oleh dokter secara langsung.

  349. dr Salma
    25 April 2011    

    @astuti, info dan tips-nya bisa dibaca di atas ya :-)

  350. mita
    28 April 2011    

    Dok utk mengatasi nyeri pd penderita asam urat bgmn? lebih baik kompres air panas atau dingin?

  351. adi
    28 April 2011    

    dok,sy pernah mengalami tabrakan yg mengakibatkan gejala nyeri pd persendian lutut,tangan pdhl sy sdh mendapatkan obat penghilang rasa nyeri tp blm kunjung sembuh apa ini termasuk indikasi bahwasanx sy terjangkit asam urat yg ke2 sy jg sering mengalami kesemutan pd kaki,betis itu terasa ketika posisi kaki tertekuk apa ini jg terindikasi asam urat n bgmn agar rasa nyeri ini bs hlg ato sembuh sblm n sesdhx sy ucapkan trima kasih

  352. dr Salma
    29 April 2011    

    @mita, kompres air dingin/es bisa membantu mengurangi peradangan. Dinginnya es membuat pembuluh darah menciut dan mengurangi peradangan. Tapi air dingin juga menyebabkan pengkristalan asam urat di sendi lebih lama untuk diangkut ke sirkulasi darah. Jadi sebaiknya kompres di selang-seling antara air hangat dan air dingin.

  353. dr Salma
    29 April 2011    

    @adi, asam urat tidak ada kaitannya dengan kecelakaan/tabrakan. Rasa nyeri dan kesemutan mungkin karena cedera di persendian lutut dan tangan. Bila sakit terus berlanjut, sebaiknya kembali ke dokter yang menangani untuk konsultasi lagi.

  354. leonardo
    30 April 2011    

    bu dokter, sdh sebln ini asam urat sy kmbh (8,1).telapak kaki sblh kiri bengkak ,merah, kaku mulai jempol sampai mata kaki. sdh smpt hmpr smbh, tp 4 hr ini kmbh kembali. oleh dktr A diberi obat gastrucid, neurodex, omeric 300, lanadexon, dolofen f. krn tak ada perkembangan sy ke dktr B diberi obat neurosanbe plus, lantiflam 100, allopurinol. tp msh blm ada perkembangan, mlh skrg menjalar ke pergelangan tngn sblh kanan. mohon saran bu dokter.

  355. bambang
    1 Mei 2011    

    Awal saya mengidap penyakit asam urat, ketika saya berturut turut minum susu kedelai yang dibuat sendiri. Karena nikmatnya susu kedelai yang saya buat sendiri dicampur sirup vaneli dan sedikit garam hingga rasanya sangat nikmat setelah dikeluarkan dari lemari es. Mohon infonya, apakah terlalu banyak meminum susu kedelai menjadikan seseorang mengidap asam Urat? Kalau iya, apa sebabnya? Bukankah susu kedelai itu sangat baik untuk kesehatan tubuh?
    Terima kasih

  356. astuti(toeth)
    2 Mei 2011    

    malem dok..kok saya sering pegal tapi semua di seblah kanan,misalnya bahu,tangan,paha,kaki,juga keringatan cuma sebelah kanan dok…saya kurang minum air putih,sebab kalo saya minum segelas,nanti bisa ke toilet ampe 5-6 kali untuk buang air kecil,itu sudah dari dulu dok,sblm saya menikah,makanya saya jd males minum air putih

  357. dr Salma
    2 Mei 2011    

    @bambang, kedelai termasuk makanan yang mengandung purin moderat, kalau punya asam urat sebaiknya dibatasi konsumsinya.

  358. dr Salma
    2 Mei 2011    

    @leonardo, perlu diperiksa lagi apakah asam urat menurun setelah pengobatan. Kalau asam urat turun dan gejala masih ada, berarti ada sebab lain. Obat-obat yang diberikan sebenarnya sudah cukup untuk mengurangi gejala.

  359. dr Salma
    2 Mei 2011    

    @astuti, wah perlu pemeriksaan itu kenapa hanya sebelah kanan yang terkena. Mungkin karena salah posisi tidur atau apa? Sebaiknya jangan pelit minum air. Awal-awalnya memang bisa jadi sering ke toilet, tapi lama kelamaan kandung kemih Anda akan menyesuaikan sehingga tidak lagi terlalu sensitif.

  360. Patianom
    4 Mei 2011    

    Dear dok, Istri saya usia 39 tahun kadang muncul keluhan mirip penderita asam urat, yaitu rasa ngilu di persendian dan otot-otot kaki/tangan. kami periksakan kadar asam uratnya 5,2. Dia juga pernah mengalami inveksi ginjal karena ada pengendapan di ginjalnya, namun sekarang sudah tidak lagi. Awalnya saya fikir asam urat karena ada kaitannya dengan penyakit ginjalnya, namun ternyata walau inveksi ginjalnya sudah sembuh, keluhan mirip penderita asam urat kadang masih ada disertai munculnya benjolan bukan hanya di persendian tetapi juga di otot-otot kaki atau tangan. Saya amati keluhan ini akan muncul jika dia mengalami beban fikiran (stress) atau kelelahan. Yang ingin saya tanyakan apakah kadar asam urat 5,2 sudah bisa memicu rasa sakit seperti yang dikeluhkan istri saya?; juga apakah tingkat stress tinggi juga sebagai penyebab muculnya keluhan istri saya tersebut? Ke Spesialis mana kami harus memeriksakan keluhan istri saya? karena spesialis penyakit dalam mengatakan tidak ada gangguan penyakit sehubungan keluhan tersebut. Mohon penjelasan dokter..Tks

  361. Ketut Prayitno
    5 Mei 2011    

    Tampaknya sederhana, tp air putih memang obat dari segala obat

  362. Harry
    5 Mei 2011    

    Dr. Salma yth, saya pria 45 thn, awalnya gejalanya saya mengalami seperti limbung kalau berjalan trs lama2 jadi mual, sendi2 pergelangan kaki, dengkul, pinggang ngilu2, punggung terasa sakit, kemudian saya jadi susah tidur jantung berdebar-debar kadang di kepala bagian belakang seperti ada sesuatu yg berjalan seperti arus listrik (yg ini susah ungkapinnya). Setelah dibawa ke ke Rumah sakit periksa tekanan darah saya normal dan dokter yg memeriksa bilang itu Vertigo, tapi karna saya penasaran saya periksa darah ke lab ternyata asam urat saya 8.4, kolesterol total 216, dan Trigliserida 350, yg saya mau tanyakan apakah yg saya alami itu karna asam urat, kolesterol dan TG saya yg diatas ambang batas normal atau hal lain seperti Vertigo atau hal lain??…termakasih

  363. dr Salma
    6 Mei 2011    

    @Harry, Anda memiliki kolesterol dan asam urat tinggi, yang merupakan indikasi bahwa Anda perlu segera melakukan perbaikan gaya hidup. Memang kalau dari gejalanya seperti vertigo. Asam urat sepengetahuan saya tidak menyebabkan vertigo. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan vertigo karena penyempitan pembuluh darah oleh kolesterol dapat menghambat pasokan darah ke otak. Penyebab lain vertigo antara lain multiple schlerosis, peradangan bagian dalam telinga, trauma kepala, tumor, dll. Bila gejala terus berlanjut, Anda perlu pemeriksaan mendalam untuk mengetahui penyebabnya.

  364. dr Salma
    6 Mei 2011    

    @Patianom, asam urat istri Anda masih normal, jadi kelihatannya bukan penyebab nyeri persendiannya. Ada kemungkinan istri Anda menderita rematik (coba baca artikel Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Rematik. Stress dan kelelahan bisa saja menjadi pemicu masalah fisik yang sistemik seperti rematik. Tapi itu hanya dugaan saja. Coba periksakan ke spesialis penyakit dalam lain untuk second opinion. salam.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Yaslim - 40 harga produk
    40ribu
    Yaslim