web analytics

Konsultasi

Pemakaian Gurita pada Bayi


  Diposting tgl: 8 October 2012

  Pertanyaan

Yth Dokter Sony,

Saya baru punya momongan berumur seminggu, laki-laki. Sesuai anjuran ibu saya, dia dipakein gurita. Tapi menurut kawan-kawan kantor, katanya dokter sekarang banyak yang melarang pemakaian gurita. Apa iya dok? Mengapa? Bukannya gurita bagus untuk melindungi perut dan tali pusatnya? Mohon saran dokter karena hanya gara-gara ini saya jadi cemas. Terima kasih.

(Asti, Jakarta)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Asti yang baik,

Pemakaian gurita pada bayi dianjurkan hanya pada beberapa kelainan tertentu saja pada perut.  Secara umum pada bayi yang sehat dianjurkan untuk tidak memakai gurita, apalagi pemakaian gurita yang cukup erat.

Hal ini disebabkan karena dengan pemakaian gurita yang erat pada bayi, akan menyebabkan gangguan pernapasan karena gangguan pengembangan paru-paru. Gurita yang cukup erat juga akan menyebabkan gangguan pencernaan dan gangguan pertumbuhan anak Ibu karena kapasitas lambung dan usus dibatasi oleh pemakaian gurita yang erat.

Untuk perawatan tali pusat, bisa diberikan salep (ointment) antibiotik yang mengandung Bacitracin, atau alkohol 70% untuk mencegah terjadinya infeksi pada tali pusat.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.