Konsultasi

Penggunaan 4 Macam Vitamin pada Anak


  Diposting tgl: 27 Oktober 2014

  Pertanyaan

Salam kenal dok,

Saya Riska, saya punya anak perempuan, Nesha (3tahun). Untuk pertumbuhannya yg optimal, saya memberikan 4 vitamin pada anak saya. Diantaranya Scott Emultion, Fitkom (tabet hisap), Madu Syamil dan Vidoran Smart. Pertanyaan saya, amankah ke 4 vitamin tsb jika dikonsumsi jangka panjang? Apakah perlu jeda waktu pemberian , antara vitamin 1 dan vitamin yg lain? Apa boleh penggunaannya diteruskan sampai anak saya besar nanti? Terima kasih dok, mohon pencerahan.

(Riska Desta, Pasuruan)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Riska yang baik,

Vitamin dan mineral paling baik bila didapatkan dari makanan sehari-hari (terutama dari sayuran dan buah-buahan). Tentunya dalam pemberian multivitamin perlu diketahui kandungan vitamin dan mineral apa saja yang terkandung di dalamnya dan berapa kebutuhan masing-masing vitamin dan mineral tsb untuk usia dan berat badan anak Ibu.

Baik kekurangan maupun kelebihan vitamin dan mineral dapat menyebabkan efek yang kurang baik bagi kesehatan anak Ibu.
Silakan berkonsultasi langsung dengan spesialis anak untuk dihitung kebutuhan masing-masing vitamin dan mineral untuk anak Ibu.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.