web analytics

Konsultasi

Perkembangan Anak Terlambat


  Diposting tgl: 19 Oktober 2012

  Pertanyaan

Assalamu'alaikum dokter,

Dokter saya mau tanya, anak saya sekarang sudah berumur 1 tahun 3 bulan tapi kondisi fisiknya masih seperti bayi umur 7 bulanan, baru bisa tengkurep, sama maju mundur (belum bisa merangkak/duduk), kakinya lemas, belum bisa berdiri dengan kuat, tapi bisa bergerak. Dulu malah lebih parah lehernya masih belum kuat untuk tidak disangga pake tangan, tapi sekarang sudah kuat. Berat badannya saat ini paling 12 kg-an. Jari jempolnya juga beda dengan anak pada umumnya, tidak bisa mekar seperti jari pada umumnya, tapi bisa memegang apa saja (kuat), jari yang lain bisa digerakkan, jadi seperti menunjukan 4 jari saja, tapi sering saya ganjal pakai kain supaya bisa berdiri jempolnya..padahal sewaktu saya hamil rutin minum vitamin, konsul ke bidan setiap bulan, minum susu hamil..berat badannya waktu lahir 2,5 kg, t:42 cm (tidak menangis).

Waktu umur 5 bulan anak saya pernah operasi hernia dok, karena kalau menangis "gelembungnya" membesar jadi dokter menyarankan untuk operasi. Dari umur 3 bulan kami ikut terapi dan disinar infra red (sekarang tidak lagi), hanya 2 bulan saja. Sewaktu di rumah sakit setiap dokter yang melihatnya memperkirakan hidrosepalus, tapi alhamdulillah tidak benar dok, memang waktu itu tubuhnya memang kecil, tapi sekarang normal. Dia sudah bisa mengoceh (papapapa,mamama), giginya juga sudah tumbuh 5 buah, makannya juga banyak (bubur nasi kasar).

Demikianlah cerita saya dok, semoga dokter dapat memberikan solusi yang terbaik untuk anak saya, dan saran untuk makanan apa yang bisa membuat tulangnya kuat, dan dapat menambah berat badannya. Atas perhatian dokter saya ucapkan banyak terima kasih. wswb....

(Leni Marlina, Palembang)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Leni Marlina yang baik,

Pertumbuhan anak Ibu masih dalam batas normal berdasarkan berat badannya. Setelah menganalisa cerita Ibu, kemungkinan besar anak Ibu menderita penyakit yang disebut Cerebral Palsy. Perkembangan bahasanya tidak terlalu tertinggal jauh. Hal ini dapat disebabkan kekurangan oksigen pada otak pada waktu lahir.

Pada Cerebral Palsy (CP) terdapat gangguan gerakan (motorik) pada anak yang disebabkan adanya kerusakan sebagian jaringan otak yang mengaturnya. Walaupun tidak selalu terjadi, CP dapat disertai pula dengan penurunan intelegensia (Retardasi Mental) ataupun kelainan fungsi otak lainnya.

Walaupun perkembangan anak Ibu akan terlambat dibanding dengan anak seumurnya, tapi Ibu tetap harus berusaha terus. Dengan penanganan yang optimal, diharapkan agar anak Ibu dapat mandiri dalam aktivitas sehari-harinya kelak dan mudah-mudahan dapat berfungsi dalam lingkungan sosial dengan cukup baik.

Untuk pemeriksaan lebih pasti, Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak – ahli tumbuh kembang. Dan bila memang diagnosisnya CP, maka perlu dilakukan fisiotherapy berkelanjutan.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.