web analytics

Konsultasi

Perkembangan Otak Anak


  Diposting tgl: 2 Januari 2013

  Pertanyaan

Maaf dok anak saya sering kejang dari umur 2 thn 2 bln sampai 3 tahun. Kini sudah 7 kali kejang. Saya sudah periksa citiscan katanya besar otak kiri dan kanan tidak sama jadi hal tersebut yang menggangu aliran listrik di otak dan menyebabkab kejang. Saat ini anak saya diberi obat anti kejang. Apakah anak sering kejang dapat mengganggu perkembangan otaknya sampai dewasa nanti? Terapi apa yang cocok untuk anak saya?

(Sandra Manggopa, Kotamobagu)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Sandra yang baik,

Berdasarkan riwayat yang Ibu sampaikan, anak Ibu menderita Seizure disorder, yang disebabkan karena kelainan organik di otaknya. Untuk mengontrol kejangnya, perlu diberikan obat antikejang untuk jangka panjang, yang bisa diturunkan dosisnya perlahan-lahan bila tidak ada kejang lagi. Pada saat kejang terjadi kerusakan sel-sel otak, yang beratnya tergantung jenis dan lamanya kejang.

Untuk perkembangan fungsi otaknya kemungkinan besar akan terdapat gangguan, tetapi derajat berat ringannya dapat bervariasi, jadi perlu dilakukan observasi dan follow up teratur, minimal tiap 3-6 bulan sekali untuk perkembangannya.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.