Konsultasi

Perut Mengeras dan Pusar Masih Basah


  Diposting tgl: 3 November 2015

  Pertanyaan

seorang dokter spesialis mengatakan berikan betadine pada pusar anak saya yang berair dan agak bau serta ada sedikit warna merah di bawah pusarnya. anak saya kuat ASI dan lelap tidur, kemudian kencing, kentut, BAB juga ada setiap hari.

  1. pertanyaan nya dok.
  2. apa yang harus saya lakukan ketika perut anak saya mengeras, dan terkadang kurang mengeras bahkan kadang termasuk normal?
  3. apa kah betadine bisa di gunakan pada pusar yang basah dan sedikit bau serta ada warna agak kemerahan dibawah pusarnya?
  4. bagaimana caranya agar pusarnya cepat kering dan apa yang harus kami berikan dan lakukan pada bayi kami agar lekas sembuh, obatnya apa dok?
  5. apakah tangisan bayi kami yang kencang sekali ada kaitan nya dengan tali pusar tersebut dok?
NB pusar bayi saya hingga ini saya tulis 31 oktober 2015 belum lepas ( nyaris lepas ) bayi saya lahir 17 oktober 2015 = 15 hari .

(Edi, Aceh Singkil)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Bapak Edi yang baik,

Kadang perut bayi dapat terasa keras sementara saat mengejan, tetapi bila teraba keras terus menerus maka perlu diwaspadai dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh spesialis anak. Silakan dilanjutkan perawatan tali pusar pada anak Bapak. Perlu diperhatikan apabila terdapat kemerahan di sekitar tali pusar atau terdapat nanah, maka merupakan tanda adanya infeksi pada daerah tsb, dan perlu berkonsultasi ulang dengan spesialis anak untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Bayi menangis disebabkan berbagai macam hal, antara lain karena adanya sakit atau rasa nyeri. Bila menangis berkepanjangan / rewel terus maka harus dicari lebih lanjut penyebabnya.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.