web analytics

Pijat Bagi Pasien Pasca-Stroke, Bermanfaatkah?

pijat strokeStroke adalah kehilangan fungsi otak secara tiba-tiba yang disebabkan gangguan aliran darah atau pecahnya pembuluh darah dalam otak sehingga oksigen dan nutrisi tidak sampai ke sel-sel otak yang terkena.

Efek serangan stroke tergantung di mana kerusakan otak terjadi. Penderita stroke dapat mengalami gangguan fisik (lemah, lumpuh, keterbatasan gerakan, nyeri), emosional (ketidakstabilan emosi, depresi), dan mental (kesulitan berpikir, berbicara dan mengingat).

Terapi pijat pasca-stroke

Rehabilitasi penderita stroke biasanya melibatkan terapi fisik, terapi wicara dan terapi kerja. Dalam pengobatan modern, terapi pijat jarang dilakukan sebagai salah satu terapi pilihan. Namun, beberapa ahli pengobatan alternatif mengklaim dapat merehabilitasi penderita pasca stroke menjadi normal kembali. Secara ilmiah, memang belum ada bukti yang solid mengenai efek langsung pijat pada pasien pasca stroke. Para ahli medis bersilang pendapat mengenai manfaatnya.

Namun, yang pasti adalah pijat secara umum membantu kita lebih rileks, mengurangi stres, melancarkan sirkulasi, dan mengurangi rasa sakit. Sebuah penelitian skala kecil yang dilakukan secara acak di sebuah klinik lansia di Swedia dari tahun 1998-1999 menemukan bahwa para pasien yang menerima pemijatan meningkat daya mobilitasnya dan lebih sedikit menggunakan obat-obatan, khususnya anti nyeri dan depresi.

Pada tahun 2004, penelitian terhadap 102 pasien pasca-stroke oleh Hong Kong Polytechnic University dan Wong Chuk Hang Hospital menemukan bahwa pasien yang dipijat selama 10 menit sebelum tidur selama tujuh malam mengalami penurunan rasa sakit, kecemasan, tekanan darah dan denyut jantung.

Kehati-hatian

Rehabilitasi stroke seringkali membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, jadi tidak ada salahnya bila Anda meningkatkan kualitas hidup penderita stroke yang Anda cintai dengan pemijatan. Namun, Anda harus sangat berhati-hati. Pijat dapat merangsang penggumpalan/plak arteri. Beberapa bagian tubuh yang tidak lagi lentur juga dapat terasa sakit bila dipijat. Karena pasien pasca stroke mungkin sulit berbicara, mereka tidak dapat menyampaikan perasaan mereka selama pemijatan. Jadi Andalah yang harus berhati-hati. Bila tidak yakin, sebaiknya Anda memanggil ahli pijat terpercaya atau profesional lain bila ingin melakukan pemijatan.

3 Komentar

  1. supriyadi
    23 October 2010    

    Salam.
    Memang untuk terapi pijat jarang dilakukan disebabkan kurangnya hasilyang diharapkan.Namun pada metode lain pun sama saja.Bila pasien stroke mengkomsumsi obat-obatan secara ekstrim dan dlm wakt yang lama 3 bulan saja,juga tidak efektif dan sangat bepotensi mengancam hidup pasien itu.Info lengkap pd grup di FB STROKE DAN SOLUSI SEHAT hub 021-68769609/087881580152.

  2. supriyadi
    23 October 2010    

    Salam
    Bila kondisi pasien telah stabil pasca stroke/3 bln,maka lakukanlah terapi fisio-arteri yang nantinya dalm 5x terapi dalm semnggu anda akn kembali sehat dan normal kembali,dengan terapi karunia ASY-SYIFAA..

  3. Basar Purnomo
    24 January 2011    

    Saya pria usia 56 tahun, saya sakait strokev5 tahun yang lalu dan dirawat di Rumah Sakit, dan dari hasil Scanning dan MRI bahwa stroke saya diakibatkan karena oksigen tidak dapat masuk ke otak karena tersumbat oleh kollesterol.
    Alhamdulilah saya sekarang sudah bisa berjalan pelan2 dan bekerja sudah sekitar 3 tahun, walauoub kalau berjalan terhuyung- huyung seperti akan jatuh (keseimbangannya kuraNG).
    Mohon solusinya agar saya bisa berjalan seperti semuLA.
    Terima kasih dan saya mohon jawabannya dikirim via emil saya,

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Uricocid - 60 harga produk
    60ribu
    Uricocid