Pil Kontrasepsi Perlu Ditinjau Ulang Sepanjang Waktu

Pengenalan pil kontrasepsi 50 tahun yang lalu merevolusi kehidupan perempuan dengan memberikan mereka kontrol atas kesuburan. Seperti halnya bidang kedokteran lain, selalu terjadi perbaikan terus-menerus dan pil-pil baru terus hadir di pasar. Sekarang ada 20 jenis pil kontrasepsi berbeda yang tersedia.

Namun, kebanyakan wanita tidak memahami perkembangan ini. Penelitian menunjukkan mereka tidak menyadari bahwa pil yang berbeda mengandung jenis hormon estrogen dan progestogen yang berbeda, dan dalam dosis yang bervariasi. Tubuh setiap perempuan memiliki derajat toleransi yang berbeda-beda terhadap masing-masing pil. Jadi, jika Anda tidak dapat berlanjut dengan satu pil, Anda bisa memilih yang lebih sesuai. Studi juga menunjukkan bahwa dokter atau bidan cenderung meresepkan pil lama yang telah dikenal baik. Padahal, pil baru yang lebih modern cenderung tidak menyebabkan efek samping dibandingkan pil sebelumnya.

Pil kontrasepsi jenis baru menggunakan hormon estradiol, yang merupakan jenis estrogen yang sama dengan yang diproduksi secara alami oleh wanita. Pil tersebut jauh lebih ditoleransi daripada pil sebelumnya. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pil estradiol dapat membantu wanita dengan menstruasi berat sehingga mengurangi kehilangan darah, yang berarti haid lebih ringan dan kurang menyakitkan.

Evaluasi berkala

Seiring perubahan hidup Anda selama bertahun-tahun, kebutuhan kontrasepsi Anda mungkin berubah. Apa yang cocok untuk Anda di usia 20 mungkin tidak lagi sesuai ketika Anda berusia 35 dan telah memiliki cukup anak. Jika Anda berusia di bawah 40 dan merasa cocok dengan pil kontrasepsi Anda, tidak perlu mengubah apa pun. Tetapi jika Anda mengalami efek samping dari pil atau ingin berganti ke spiral, misalnya, Anda perlu berbicara dengan dokter Anda. Juga, jika Anda pernah memakai pil sekitar 10 sampai 15 tahun lalu dan sekarang ingin mengambil lagi, tanyakan pilihan yang ada untuk pil baru dosis rendah yang hanya berisi progestogen. Tanyakan manakah yang cocok untuk Anda. Perlu waktu 3-4 bulan sebelum Anda dapat memastikan apakah pil baru cocok untuk Anda.

Sebagai pedoman, jika Anda berusia di atas 35, merokok, dan pernah menderita trombosis atau kelebihan berat badan, pil bukan pilihan yang sesuai untuk Anda.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka.
Berlangganan
Nama: 
Alamat email Anda:*
Please enter all required fields
Correct invalid entries
Buku best seller nasional oleh dr Salma. Tiga kali cetak ulang hanya dalam 6 bulan setelah terbit! Segera dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!