web analytics

Proses Kehamilan

Kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu dari saat pembuahan sampai dimulainya persalinan. Gejala-gejala awal kehamilan dapat termasuk pembengkakan payudara, puting susu menjadi gelap dan mual yang sering terjadi di pagi hari. Tes kehamilan di rumah dapat dilakukan pada sekitar hari ke-8 setelah terlambat menstruasi untuk memastikan kahmilan.

Setelah kehamilan dimulai, perubahan hormonal semakin terasa, baik ekstrim maupun halus. Masalah emosional dapat terjadi, yang mungkin mencakup kecemasan ringan sampai depresi berat (terutama juga berkaitan dengan penerimaan atas fakta kehamilan, yang tidak selalu positif).

Ketika gerakan-gerakan bayi dirasakan antara minggu ke-16 dan ke-20, sebuah periode yang relatif tenang dapat muncul dengan terwujudnya kehidupan baru di dalam tubuh calon ibu, yang semakin memotivasinya untuk pengelolaan kehamilan dan persalinan di tahap berikutnya.

Menjelang 3 bulan terakhir kehamilan, perubahan fisik terjadi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Membesarnya perut dan kelelahan dapat membuat sulit bagi ibu hamil untuk terus bekerja, meskipun dalam beberapa kasus, mereka dapat tetap bekerja tanpa terlalu banyak ketidaknyamanan sampai menjelang persalinan.

Selama kehamilan Anda, Anda sebaiknya tidak melakukan latihan fisik yang berat atau mengangkat beban berat. Namun, tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melakukan olahraga yang sesuai dengan tahap kehamilan dan tingkat kebugaran Anda. Berjalan beberapa menit setiap hari biasanya dianjurkan. Berhentilah ketika merasa lelah dan tidak memaksakan diri Anda ketika sudah lelah. Anda juga tidak boleh merokok dan hanya meminum obat yang diresepkan oleh dokter Anda.

Dalam tahap terakhir kehamilan, Anda harus mendapatkan istirahat harian hingga dua jam. Hal ini mungkin sulit jika Anda bekerja atau memiliki anak lainnya yang membutuhkan perhatian.

Artikel/Konsultasi Terkait


Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Puratik - 40 harga produk
    40ribu
    Puratik