web analytics

Konsultasi

Ruam Kulit pada Bayi


  Diposting tgl: 1 Januari 2013

  Pertanyaan

Dokter, anak saya umur 14 bulan, 3 hari yang lalu badannya panas sampai 38,8°C lalu saya beri obat penurun panas tempra, 2x pemberian panasnya turun tapi tiba-tiba muncul bercak-bercak merah d dagu dan kakinya...sekarang suhu tubuhnya sudah normal, tetapi bercak-bercak merahnya semakin banyak. Apa penyebabnya ya dok? Sepertinya bercak2 merah itu tidak menimbulkan rasa gatal pada anak saya, soalnya saya tidak melihat anak saya menggaruk-garuknya...tolong saya dok...obat apa yang harus saya berikan pada anak saya? Sebelumnya terimakasih banyak ya dokter...

(Mirda Suryana, Pekanbaru)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Mirda yang baik,

Bercak-bercak merah dan panas badan biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Pada infeksi virus biasanya panas berlangsung sampai 5-7 hari, dan setelah itu panas akan hilang dengan sendirinya. Untuk bercak-bercak merah di kulit biasanya akan hilang dalam waktu 1-2 minggu.

Bisa Ibu berikan Caladine lotion 3-4x sehari sampai bercak-bercak merahnya hilang. Bila dalam 2 hari belum terdapat perbaikan maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.