Konsultasi

Ruam pada Bayi Setelah Mengganti Susu


  Diposting tgl: 4 Februari 2016

  Pertanyaan

Selamat pagi dokter,

Anak saya saat baru lahir karena asi saya tidak keluar akhirnya diberikan susu formula nan ph pro 1 saat itu semuanya baik..namun orang tua menyarankan untuk mengganti susu bmt morinaga yg bukan merupakan susu alergi.kemudian lsg timbul ruam merah pada bagian wajah dan kembung setelah saya ke dokter disarankan untuk mengganti ke enfamil gentlecare setelah iti ruam dan kembung hilang namun selang 3 minggu kemudian ruam timbul kembali dan malah semkin banyak saya disarankan oleh dokter untuk mengganti susu pregistimil dan ruam sedikit demi sedikit hilang namun tidak bertambah.

Pertanyaan saya dok:

  1. apakah setelah ruam hilang saya boleh kembali memberikan gentlecare atau saya ganti dengan susu pertama anak saya yaitu nan ph pro 1?
  2. apakah alergi ini akan muncul dan hilang selama setahun?? Pdhal awalnya gentlecare sudah cocok namun kok tiba-tiba timbul ruam kembali

Terima kasih atas perhatiannya.

(Yulyani Gunawan, Surabaya)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Yulyani yang baik,

Dari riwayat yang Ibu sampaikan, tampaknya terdapat alergi susu sapi pada anak Ibu. Mengingat kondisi anak Ibu berespon baik dengan susu Pregestimil, maka silakan dilanjutkan saja susu Presgestimil, dan pada usia 6 bulan dapat mulai diberikan makanan pendamping sehingga jumlah susu secara bertahap dapat dikurangi dan porsi makannya ditingkatkan sedikit demi sedikit. Pada umumnya alergi akan muncul kembali bila terpapar kembali pada penyebab alerginya (alergen) sehingga sebaiknya dihindari paparan terhadap alergen ybs.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.