web analytics

Konsultasi

Sakit Telinga Bagian Dalam


  Diposting tgl: 2 Desember 2012

  Pertanyaan

Anak saya umur 4 tahun, kemarin sakit telinga kanan bagian dalam sudah diperiksakan ke dokter THT katanya karena gejala pilek yang masuk ke saluran telinga terus dikasih obat claneksi syr sehari 3x @ 5 ml dan flumeco syr sehari 3 x @ 5 ml. Alhamdulillah setelah minum obat tersebut sampai habis sakitnya hilang. Tapi selang beberapa hari telinga kirinya yang gantian sakit, menurut dokter boleh ngga kalo minum obat seperti yang kemarin tanpa harus periksa lagi? Oh ya anak saya kalau pilek itu jarang cair seperti cuma di dalam hidung saja seperti mampet.

(Fitri, Tegal)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Fitri yang baik,

Claneksi dengan kandungan amoxycillin+clavulanic acid, biasanya efektif untuk infeksi telinga tengah. Antibiotik perlu diberikan selama 7-10 hari (minimal 7 hari).

Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan spesialis THT atau anak untuk mendapat diagnosis pastinya. Bila memang terdapat infeksi telinga bagian tengah maka antibiotik tsb bisa coba diberikan lagi. Bila dalam 3-4 hari terdapat perbaikan, maka harus dilanjutkan selama 7-10 hari. Tapi bila tidak terdapat perbaikan maka perlu berkonsultasi ulang dengan spesialis THT / anak.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.