Konsultasi

Scabies pada Anak


  Diposting tgl: 4 Februari 2016

  Pertanyaan

Pagi dokter,anak saya abyas 13 bln divonis terkena scabies oleh bidan,sebelumnya bln november terkena impertigo lalu 3x berobat sudah sembuh,bln desember gatal2nya muncul lagi di daerah perut,paha,lutut nya juga bentol besar,lalu 2x berobat mulai berkurang tapi setelah obat habis gatal itu muncul lagi,bentolnya juga menyebar ke bokong,alat kelamin,tangan dan terakhir ini divonis scabies yang mau saya tanyakan apakah tdk apa2 jika anak minum obat terus,dan bagaimana sebaiknya penanganan scabies ini,saya sekeluarga juga merasakan gatal pd mlam hari,4 hari yg lalu kami memakai salep scabimite,keesokan paginya sprei,selimut juga kami cuci semua,,terimalasih dok.

(Afrida, Pekanbaru)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Afrida yang baik,

Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan apakah diagnosis pada anak Ibu memang Scabies, karena penanganan untuk infeksi ini harus dilakukan sebaik-baiknya agar tidak berulang ataupun terkena infeksi kembali.
Anggota keluarga lain yang terkena infeksi scabies ini juga perlu mendapat penanganan pada waktu yang bersamaan.
Silakan berkonsultasi lebih lanjut dengan spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan penanganan lebih lanjut.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.