Konsultasi

Sering BAB dan Nafas Grok-Grok


  Diposting tgl: 11 Januari 2013

  Pertanyaan

Dokter, anak saya usia 1bln 20 hari kok masih sering BAB ya,, kadang-kadang 5x sehari,, ASI eksklusif,, terus nafasnya kadang-kadang grok-grok gitu dok,,, kenapa ya?

(Okti Dwi Rahayu, Kediri)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Okti Dwi Rahayu yang baik,

BAB pada bayi beberapa kali sehari selama konsistensi fecesnya tidak cair (diare) masih tergolong normal. Apalagi dengan ASI eksklusif memang BAB biasanya lebih sering dan lunak. Untuk nafasnya yang terkadang terdengar “grok grok” mungkin bisa disebabkan oleh infeksi di saluran napas. Setiap kali memberikan ASI, posisi kepala bayi harus lebih tinggi (tidak boleh dalam keadaan berbaring), dan setelahnya harus disendawakan selama 5-10 menit.

Sebaiknya Ibu membawa anak Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.