Konsultasi

Sering Kembung dan Keras Buang Air Besar


  Diposting tgl: 2 Desember 2015

  Pertanyaan

Anak saya usia 3 tahun suka sayur,tp kenapa msh sering keras vesesx kalau buang air besar n sering kembung,wlpn kl ditanya skt ap gak perutx,dya blg tdk.

(Trivena, Palu)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Trivena yang baik,

Feces yang keras biasanya disebabkan kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan berserat pada menu makan sehari-hari. Perlu diberikan sayuran dan atau buah berserat – sekitar sepertiga (1/3) porsi makan – setiap kali makan. Demikian pula perlu minum air putih yang secukupnya. Pada orang Indonesia, secara umum porsi sayuran dan buah-buahan sangat sedikit (kurang dari sepertiga porsi makan).

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.