web analytics

Sistem Reproduksi Wanita

Memahami sistem reproduksi Anda adalah bagian penting untuk mengetahui bagaimana mencegah atau meningkatkan peluang kehamilan. Sementara kebanyakan wanita mengetahui dasar-dasar sistem reproduksi, banyak yang tidak menyadari bahwa sistem reproduksi wanita lebih dari sekedar menstruasi.

Ovulasi dan Siklus Menstruasi

Setiap bulan, tubuh wanita mengalami perubahan normal dan alami yang membantu ovarium untuk melepaskan telur, yang mungkin dibuahi atau tidak. Proses ini dikenal sebagai siklus menstruasi. Hari pertama siklus adalah hari pertama perdarahan menstruasi. Panjang siklus menstruasi dapat bervariasi antar wanita dan bahkan antar bulan pada wanita yang sama. Untuk menentukan panjang siklus menstruasi, hitunglah hari pertama menstruasi sampai, tapi tidak termasuk, hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata wanita adalah sekitar 28 hari, tetapi masih normal bila berlangsung antara 24-34 hari.

Siklus menstruasi pada waktu tingkat hormon rendah dan tubuh memberi sinyal untuk mulai memproduksi lebih banyak hormon. Meskipun folikel telur dapat mengembangkan sebanyak 20 telur, hanya satu yang akan matang dan bisa dilepaskan ke tuba falopi pada pertengahan siklus menstruasi. Proses folikel telur melepaskan sel telur ini dikenal sebagai ovulasi. Rata-rata, ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Namun, adalah normal bagi seorang wanita untuk mengalami ovulasi 12 sampai 18 hari sebelum menstruasi.

Peningkatan hormon tidak hanya membantu untuk mengembangkan telur tetapi juga endometrium  (lapisan rahim), yang menjadi lebih tebal dan lebih cocok untuk implantasi telur yang telah dibuahi. Lendir serviks  juga berubah mengikuti kemajuan siklus menstruasi, mulai dari kering dan kental pada awal siklus menjadi encer dan berlendir sekitar waktu ovulasi. Lendir serviks yang encer akan memudahkan sperma untuk berenang menuju saluran tuba dan membuahi telur yang dilepaskan.

Setelah telur telah dilepaskan, sisi-sisi dari tabung falopi berkontraksi teratur untuk membantu telur melakukan perjalanan melintasi tuba falopi menuju rahim. Jika telur gagal dibuahi selama waktu ini, ia akan memecah setelah mencapai rahim. Selain itu, karena endometrium yang menebal juga tidak lagi diperlukan karena tidak ada telur terbuahi yang menanamkan diri ke dalam lapisan, lapisan itu akan diluruhkan selama periode tiga sampai delapan hari. Pengeluaran lapisan endometrium inilah yang membentuk aliran menstruasi Anda.

Organ Reproduksi Wanita

Organ reproduksi wanita terdiri dari vagina, leher rahim, rahim, tuba falopi dan ovarium. Semua organ-organ ini bekerja sama untuk membantu proses menstruasi, kehamilan dan persalinan.

  • Vagina: tabung yang menghubungkan organ-organ reproduksi internal dengan alat kelamin eksternal wanita.  Vagina berakhir pada leher rahim dan merupakan tempat masuknya penis saat berhubungan seks serta jalan terakhir di mana bayi keluar saat dilahirkan.
  • Serviks (leher rahim): bagian dari organ reproduksi yang terletak antara vagina dan rahim. Sebagai pintu yang harus dilalui sperma untuk sampai ke telur, serviks mengeluarkan lendir yang dapat membantu atau menghalangi sperma membuahi telur. Bayi juga harus melalui leher rahim saat keluar rahim dan memasuki vagina.
  • Rahim (uterus): organ berotot, berongga dan elastis yang terletak di perut seorang wanita. Rahim terdiri dari tiga lapisan: peritoneum (lapisan luar), miometrium (lapisan tengah) dan endometrium (lapisan dalam). Sebuah telur yang telah dibuahi akan menanamkan dirinya ke dalam lapisan endometrium dan akan terus berkembang dalam rahim selama kehamilan.
  • Tuba falopi:  dua organ yang memanjang seperti tabung dari sisi atas rahim ke masing-masing ovarium. Mereka memiliki 20 sampai 25 struktur seperti jari yang berada tepat di atas ovarium dan berfungsi mengumpulkan telur yang matang ketika dilepaskan. Dalam tuba falopi iniliah pembuahan telur oleh sperma terjadi.
  • Ovarium (indung telur): Setiap wanita biasanya memiliki dua ovarium, satu di setiap sisi uterus. Ovarium adalah rumah bagi folikel telur. Setiap bulan, salah satu folikel telur akan matang dan melepaskan telur ke dalam tuba falopi. Ovarium juga bertanggung jawab untuk memproduksi estrogen dan progesteron, yang penting untuk fungsi reproduksi yang normal.

Konsepsi dan Kehamilan

Setelah telur dilepaskan dari ovarium, maka ia akan memulai perjalanan ke tuba falopi menuju rahim. Dalam perjalanan menuju rahim, ia mulai memproduksi enzim yang membantu untuk menarik dan membimbing setiap sperma yang mungkin telah diejakulasi ke dalam sistem reproduksi wanita saat berhubungan seks.

Meskipun seorang pria melepaskan jutaan sperma ketika ejakulasi selama orgasme, hanya beberapa ratus yang akan dapat melewati leher rahim menuju rahim dan kemudian ke tuba falopi. Hanya satu sperma yang akan dapat menembus lapisan telur untuk membuahi sel telur. Sel telur yang dibuahi kemudian akan melanjutkan perjalanan dari tuba falopi ke rahim. Setelah di rahim, sel telur akan menanamkan dirinya ke dalam lapisan endometrium dan menjadi embrio. Tubuh wanita juga mungkin mulai menampakkan tanda-tanda kehamilan.

Mencoba Hamil

Seorang wanita hanya subur untuk beberapa hari dalam setiap siklus menstruasi. Jika ingin mendapatkan kehamilan, adalah ide yang baik bagi setiap wanit untuk memetakan dan memonitor perubahan dalam tubuhnya setiap bulan. Hal ini akan membantu mengidentifikasi kapan ovulasi sedang terjadi. Memetakan perubahan bulanan juga dapat bermanfaat bagi para wanita yang berusaha untuk menghindari kehamilan. Jika mereka tahu kapan sedang berovulasi, mereka dapat mengetahui kapan harus pantang berhubungan seksual atau menggunakan kontrasepsi.

Peluang  untuk hamil terbesar jika seorang wanita berhubungan seks pada atau sekitar waktu ovulasi. Setelah ovulasi terjadi, hanya ada periode sekitar 24-jam di mana telur bisa dibuahi. Meskipun telur memiliki umur yang sangat terbatas, sperma dapat bertahan hidup di dalam tubuh wanita antara tiga sampai tujuh hari. Oleh karena itu, seorang wanita dianggap paling subur dari beberapa hari sebelum ovulasi sampai satu hari setelahnya.

Artikel/Konsultasi Terkait

  • No Related Posts Found

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Mengkudu - 27 harga produk
    27ribu
    Mengkudu