web analytics
MajalahKesehatan.comSpiral |

Spiral

Spiral adalah perangkat plastik kecil berbentuk T yang ditempatkan ke dalam rahim wanita untuk pengendalian kelahiran. Sebuah ikatan plastik ditautkan di ujung spiral yang menggantung melalui leher rahim ke dalam vagina. Ada dua jenis spiral: hormon dan tembaga.

  • Spiral tembaga (copper IUD). Kawat tembaga dililitkan di sekitar batang spiral bentuk T. Spiral tembaga bisa bertahan selama 10 tahun dan merupakan bentuk kontrasepsi yang sangat efektif.
  • Spiral hormon yang melepaskan hormon progestin dan sedikit lebih efektif untuk mencegah kehamilan dibandingkan spiral tembaga, selama 5 tahun. Meskipun jauh lebih populer dibandingkan spiral tembaga di Amerika Serikat, spiral hormon (yang dipasarkan dengan merek “Mirena”) tidak populer di Indonesia. Beberapa literatur menyebut spiral hormon sebagai IUS (intra-uterine system), untuk membedakannya dengan spiral tembaga atau IUD (intra-uterine device).
Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu: