Konsultasi

Susu yang Cocok untuk Anak yang Mencret


  Diposting tgl: 16 Desember 2013

  Pertanyaan

Gini dok anak saya usia 2 bulan, awal lahir dia sufor susunya Anmum dia gak ada masalah tapi ntah kenapa dia masuk usia 2bulan dia mencret2 sampe2 bbnya pernah turun 5kg. Aku bawa ke dokter spesialis anak susunya disuruh ganti u/sementara susu khusus mencret yang bebas laktosa namanya AL 110 tapi susu tersebut gak boleh dikonsumsi jangka panjang karena gak ada lanjutannya, dan alhamdulillah setelah konsumsi susu tersebut anakku gak mencret lagi dan babnya dah normal kembali. tapi kata dokternya kalau babnya dah normal kembali bisa dikasih susu Anmumnya kembali tapi kenapa anakku kembali mencret. Aku ganti sufor merk bebelove ma lactogen tetap msh mencret. sekarang aku cobakn sufor NAN ha1 hypoalergenik dia cocok dok tapi yang saya takutkan anakku gak alergi susu sapi. yang saya mau tanyakn dok anakku cocoknya susu hypoalergenik atau susu rendah laktosa? Terus kata orang susu kedelai juga baik buat anak yang sering mencret. Fesesnya anakku agak encer dok trus kaya berlendir kaya ada biji2nya. Selingan babnya jg berdekatan selingan 4jam, babnya dalam sehari lebih dari 4 kali apakah itu normal2 aja dok..? Makasih

(Adhe, Makassar)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Adhe yang baik,

Terdapat kemungkinan adanya alergi susu sapi pada anak Ibu. Dapat dilanjutkan saja dengan susu yang hypoallergenic bila memang dapat ditoleransi dengan baik. Bila diare masih berlanjut, perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium feces lengkap dan berkonsultasi ke dokter spesialis anak.

TELAH TERBIT, buku kesehatan anak "Apa Kata Dokter" oleh dr Sony Prabowo, Sp.A dan dr Salma. Dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda!
buku apa kata dokter

... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.