web analytics

Tanda-tanda Kencing Manis

tanda diabetesKencing manis (diabetes mellitus) adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas. Diabetes terdiri dari dua jenis:

Tipe 1:

Diabetes karena tubuh tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus disuntik insulin setiap hari untuk mengendalikan kadar gula darah. Diabetes tipe 1 terjadi pada anak-anak dan remaja dan perkembangannya berlangsung cepat.

Tipe 2:

Pada diabetes tipe 2, pankreas memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak meresponnya secara normal. Jenis diabetes ini biasanya terkait dengan kegemukan dan beberapa kasus kehamilan serta baru berjangkit pada usia di atas 40 tahun.

Kadar gula darah tinggi secara lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan saraf yang mengakibatkan gangguan fungsi mata, ginjal dan saraf serta meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan impotensi.

Gejala diabetes

Pada diabetes tipe 2, kontrol gula darah dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan. Menurut berbagai penelitian, perubahan tersebut terbukti efektif menekan risiko diabetes. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyadari bila diabetes sudah ada dalam diri Anda. Sekitar 8.6% penduduk Indonesia menurut WHO mengidap diabetes, sayangnya banyak yang tidak menyadari sampai kasusnya menjadi kronis.

Seseorang dikatakan menderita diabetes bila kadar gula dalam darahnya di atas 126 mg/dl (puasa) atau 200 mg/dl (tidak puasa). Namun, kebanyakan gejala diabetes baru terlihat bila gula darah sudah di atas 270 mg/dl. Jangan mengandalkan gejala untuk mengetahui kehadiran diabetes. Satu-satunya cara yang akurat untuk mengetahuinya adalah dengan tes darah dan urin.

Gejala atau tanda-tanda diabetes yang umum terjadi adalah:

  • Dehidrasi
  • Rasa haus terus-menerus
  • Peningkatan frekuensi kencing
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Gangguan penglihatan
  • Penyembuhan luka yang lama

Catatan:

Pengukuran konsentrasi gula darah dilakukan dengan dua metode yaitu berdasarkan berat (mg/dl) dan jumlah molekul (mol/ml). Konversi dari mg/dl ke mol/ml adalah dengan membagi 18. Misalnya, 200 mg/dl sama dengan 11.1 mol/ml.

Photo credit: blueskydesert

27 Komentar

  1. 9 Januari 2011    

    kalo gejalanya “cuma” keseringan kencing…apa itu tanda2 diabetes ???

  2. dr Salma
    10 Januari 2011    

    sering kencing bisa merupakan banyak gejala masalah lain seperti masalah prostat, kehamilan,dll bukan hanya diabetes.

  3. andrea lin
    13 Januari 2011    

    Kalo suka minum jus buah,buah apa saja yg memiliki kandungan gula tinggi dan harus dihindari meski alami

  4. dr Salma
    13 Januari 2011    

    Mangga, nanas dan semangka memiliki indeks glikemik cukup tinggi sehingga disarankan untuk menjaga porsinya. Kebanyakan buah lain memiliki indeks glikemik rendah yang meningkatkan gula darah secara bertahap (tidak menimbulkan lonjakan), sehingga aman bagi penderita diabetes.

  5. faizal
    7 Februari 2011    

    hai dr. salma

    saya ingin bertanya,selain dari tanda2 awal jangkitan di atas,adakah bahagian kaki yang kelihatan seakan kulit mati adalah termasuk dalam tanda2 kecing manis?saya rasakan ianya terjadi kerana geseran akibat pergerakan yang aktif.

    apa tindakan yang perlu saya buat?jumpa doktor dan apa cara untuk inform mereka?

    thx.

  6. dr Salma
    7 Februari 2011    

    @faizal, bila yang Anda maksud kulit seakan mati adalah tidak merasakan sensasi, mungkin saja gejala kencing manis. Salah satu akibat hiperglikemi adalah kerusakan ujung-ujung saraf. Tapi, banyak penyakit lain yang juga bergejala sama, misalnya penyakit saraf, kelainan tiroid, dll.

    Diabetes juga dapat menyebabkan kulit mati (diabetic dermopathy). Kondisi ini berkembang sebagai akibat dari perubahan pada pembuluh darah yang memasok kulit. Dermopathy muncul sebagai lingkaran lonjong (oval) mengkilap atau lesi kulit tipis di bagian depan kaki bagian bawah yang tidak terasa sakit.

    Anda perlu menjumpai doktor untuk mengetahui penyebabnya, dengan pemeriksaan fisik dan laboratorium (tes darah).

  7. imah
    12 Februari 2011    

    kalau celana dalam dikerumunin semut gmn tu dok?

  8. daniel
    27 Februari 2011    

    usia 45 thn, test darah sblmnya 110, stlh 3 bln atur makan turun jd 71, tp gjala tetap persis diabetes, lelah,ngantuk. mata mulai kabur, gatal2 tp tdk sering kencing. sy jd bingung dokter,tolong ya pak dokter.trimakasih

  9. dr Salma
    28 Februari 2011    

    @daniel, lelah, ngantuk, mata mulai kabur dan gatal tidak khas diabetes, bisa masalah lain. Perlu pemeriksaan untuk memastikan apa sebabnya.

  10. luhut
    3 Maret 2011    

    saya diabet nya 160 ukuran normal kan 40 s/d 140 nak apakah saya masih gejala apa sdh termasuk diabet yang permanen dan saya juga asam ura yang tinggi 8,3 apa saran yan gsaya dapat supaya seimbang

  11. dr Salma
    4 Maret 2011    

    @luhut, Anda punya masalah metabolik kadar glukosa dan asam urat dalam darah. Semua tips gaya hidup sehat seperti diet seimbang, olahraga dll umumnya membantu memperbaiki metabolisme Anda.

  12. irwan
    10 Maret 2011    

    saya belum paham ciri2 datangnya penyakit kencing manis apa saja dok? kalau tempat bekas tidur sering di kerubunin semut itu kenapa dok?

  13. dr Salma
    10 Maret 2011    

    @irwan, ciri yang paling utama dari kencing manis adalah kadar gula darah tinggi secara konsisten. Itu hanya bisa diketahui dari hasil tes darah. Bekas tidur sering dikerubutin semut bisa mungkin saja pertanda kencing manis, kalau penderita ngompol di kasur. Tapi itu tidak bisa menjadi patokan.

  14. 26 Maret 2011    

    dok bapak saya mengalami gejala2 berukut:
    Gejala atau tanda-tanda diabetes yang umum terjadi adalah:

    Dehidrasi
    Rasa haus terus-menerus
    Peningkatan frekuensi kencing
    Kelelahan

    namun badannya masih gemuk dan penglihatannya masih oke, belum dilap, apakah itu juga merupakan ciri2 gijala diabet dok? mohon penjelasannya.

  15. dr Salma
    29 Maret 2011    

    @fitri, memang gejala2 yang dialami bapak fitri sudah mengarah ke diabetes. Coba dilakukan pemeriksaan gula darah di lab. Gejala tidak harus hadir semua, karena perjalanan penyakit dan keparahan juga berbeda-beda. Pada tahap lanjut, komplikasi diabetes adalah masalah penglihatan, ginjal, jantung,dll. Coba lihat di artikel 5 Komplikasi Diabetes Melitus

  16. erni
    29 Maret 2011    

    malam dok.anak saya usia 2thn 4bln,mengalami gejala sakit kalo kencing apakah itu diabetes.apakah balita bisa mengalami itu?terima kasih

  17. dr Salma
    31 Maret 2011    

    @erni, saya kira bukan diabetes tapi masalah lain misalnya fimosis (kulup menutup sehingga menghalangi aliran kencing), infeksi atau lainnya. Anak kecil juga bisa diabetes, tapi jenisnya lain dengan diabetes orang dewasa, yaitu diabetes tipe I yang disebabkan kelainan autoimun sehingga tidak bisa memproduksi insulin.

  18. norita mohamed
    31 Maret 2011    

    assalammualaikum dok.umr sya 53 thn. bru2 ni buat ujian darah paras gulanye 7.5…buat skali lagi ujian,blum tau kputusannya.Sbelum ni paras gula tk tinggi sbb saya selalu buat ujian darah stiap 6-9 bulan sekali. soalan pertama… adakah saya memang mengidap penyakit diabetes? soalan kedua.. bolehkah saya hanya mangawal pengambilan makanan tanpa mengambil ubat hospital sekiranya paras gula tidak melebihi 10? soalan ketiga …paras gula ditahap berapakah yg normal dan sagt baik untuk setiap individu? soalan keempat…sekiranya paras gula tlah mnjadi normal bolehkah kita berhenti dari memakan ubat? harap dok dpt jelaskan.Terima kasih.

  19. 3 April 2011    

    Dok saya bila kencing di kerumuni semut, tetapi hanya 1 jenis semut aja yang mau ngerumunin. Tidak ada tanda lain selain ini, apa ini termasuk diabetes dok, mohon saranya.

  20. dr Salma
    3 April 2011    

    @norita mohamed, wa’alaikum salam. Saya coba jawab satu-persatu. Soalan pertama: paras gula 7.5 mmol/L atau 135 mg/dl yang diuji dalam keadaan puasa termasuk di atas borderline (batas normal atas), yaitu 7 mmol/L. Kebanyakan dokter mengkategorikan Anda dalam pre-diabetes bila pengujian ulang menghasilkan paras yang sama/setara. Soalan kedua: pengambilan obat diabetes tidak hanya tergantung pada apakah paras gula di atas 10, tetapi juga apakah ada komplikasi atau sudah timbul gejala-gejala. Diet makanan yang terkelola, latihan teratur dan mengurangi berat badan sangat diperlukan untuk menjaga paras gula pada tingkat normal. Bila paras gula selalu di atas 7 mmol/L meskipun sudah melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, mungkin perlu dibantu dengan pengambilan obat. Soalan ketiga: paras gula normal berkisar antara 4 – 7 mmol/L atau 72-126 mg/dl. Soalan keempat: bila paras gula telah normal, pengambilan ubat boleh dihentikan atau diturunkan dosisnya untuk pemeliharaan saja.

  21. dr Salma
    3 April 2011    

    @Rahman, kencing dikerumuni semut bisa menjadi pertanda diabetes tapi tidak bisa menjadi sumber kesimpulan. Anda perlu diperiksa kadar gula darahnya di lab untuk memastikannya.

  22. 4 April 2011    

    Malam dok, umur saya baru 18th dok tapi kok sudah kena tematik. Apa ada komplikasix antara rematik dan diabetes dok. Dan sekarang jga saya sdh trsrang maag. Mohon saranya dok.

  23. dr Salma
    5 April 2011    

    @Firlina, rematik, maag dan diabetes cenderung tidak berhubungan tapi bisa saja seseorang memiliki ketiga-tiganya. Saya tidak dapat memberikan saran spesifik kepada Anda. Anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter Anda. Secara umum, dengan menjalankan gaya hidup yang sehat seperti olahraga teratur, makan teratur dengan menu seimbang, istirahat teratur dan mengelola stress, kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan akan lebih sehat.

  24. izati
    19 April 2011    

    assalamualaikum,nak tanya kalau slalu bgun kencing mlm dikira macam mana??

  25. dr Salma
    20 April 2011    

    @izati, mungkin saja tanda kencing manis. Coba mengambil tes gula darah untuk mengetahuinya.

  26. Fandy
    27 April 2011    

    Malam dok.
    Beberapa hari ni tiap tngah mlm aku sering kencing mulu. Sehingga tidur ku jd terganggu. Malah bisa smpe jm 3 mlm aku gk tdr. Umurku 21 thn.
    kenapa ya? apa karena aku bnyak minum? apa karena aku udah mulai kena diabetes?
    mmg aku beberapa hr ini minum susu 2x sehari,, biasa cuma 1 hari doank.
    tapi biasanya juga aku gk sering kencing kek gt,, cuma beberapa hr ini aja. Padahal pun aku sering fitnes gt.

  27. dr Salma
    27 April 2011    

    @fandy, mungkin karena banyak minum, kandung kemih hiperaktif, atau sebab lain.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu:
    Keladi Tikus - 45 harga produk
    45ribu
    Keladi Tikus