web analytics

Konsultasi

Testis Buah Hatiku Cuma Satu


  Diposting tgl: 19 December 2012

  Pertanyaan

Dear Dr Sony,

Saya ibu rumah tangga yang mempunyai buah hati yang memiliki kelainan, ketika lahir buah pelir (testisnya) cuma ada satu. Bidan yang waktu itu mengurus persalinanku menyarankan untuk menunggu sampai usia 1 thn, setelah 1 thn lebih belum juga turun (testisnya). Bahkan baru-baru ini (usia 18 bln) saya sudah melakukan USG di RS ternama di Kota Pekalongan, saya kaget ketika melihat hasil USG yang menyatakan bahwa testis yang sebelah kanan tidak ditemukan. Saya bingung Dok, apa langkah yang harus saya tempuh lagi??? Terima kasih

(Nurul Amifah, Pemalang)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Nurul Amifah yang baik,

Testis yang belum turun ke kantungnya (scrotum) pada usia 9-15 bulan harus mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan dilakukan tindakan operasi. Pemeriksaan USG tidak selalu dapat untuk menentukan beberadaan testis di rongga perut. Jadi pemeriksaan selanjutnya yang harus dilakukan adalah CT scan atau MRI perut untuk mengetahui lokasi dari testis tsb, walaupun memang ada kemungkinan bahwa testisnya tidak terbentuk.

Tapi jika memang testisnya terbentuk dan masih berada di rongga perut maka harus dilakukan tindakan operasi untuk mencegah gangguan kesuburan di kemudian hari dan resiko terjadinya kanker testis.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.