web analytics

Konsultasi

Tinja Bayi Berlendir


  Diposting tgl: 21 Agustus 2013

  Pertanyaan

Selamat siang dok... sudah 11 hari ini (tgl 09-19 agustus 2013) bayi saya (lahir 3-3-2013) babnya 4-9 kali dalam sehari dan berlendir, tapi warnanya kuning berbentuk seperti biji cabe seperti biasa. Asi hanya 3 bulan selanjutnya susu formula. Badannya kadang hangat kadang normal seperti biasa. Kalau habis minum susu kadang langsung bab dan kadang banyak tapi lebih sering hanya sedikit, tp dia aktif seperti biasa, minum susunya juga kuat tapi kalo dikasih makan pisang ga terlalu suka (biasanya suka). Dia juga lebih sering berkeringat kalo ngejan (mau bab).

Kami sudah konsultasikn ke dokter anak (tgl 12 agustus) dan diberi obat penurun panas/pereda nyeri,vitamin dan suplemen makanan bayi tapi babnya masih berlanjut sampe hari ini bahkan pd tgl 15 agustus badannya bintul2 kemerahan seperti biduran tp hanya sebentar...saya memang punya alergi telur dok dan waktu usianya kurang lebih 3 bulan dia pernah kena alergi susu (kata mantri yg menangani) selama 2 hari, badannya bengkak2 seperti biduran trus saya ganti susunya. Yang saya mau tanyakan apa penyebab babnya dan bintul2 dibadannya???. Kira2 apa yang harus kami lakukan???

(Endang Pujiati, Balikpapan)

   Jawaban dr Sony Prabowo, Sp.A

Ibu Endang yang baik,

BAB cair atau diare pada anak paling sering disebabkan oleh infeksi. Jadi perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium feces lengkap, dan selanjutnya hasilnya dikonsultasikan dengan spesialis anak.

Pemberian probiotik dan obat yang mengandung zinc dapat membantu penyembuhannya. Alergi makanan biasanya akan terjadi berulang-ulang setiap kali diberikan makanan tertentu yang menjadi penyebab alerginya tsb. Bila ada kecurigaan alergi makanan tertentu maka sebaiknya dihindari dulu selama beberapa minggu, dan setelah 2-3 minggu dapat dicoba kembali diberikan dalam jumlah sedikit. Bila terjadi reaksi alergi lagi maka dapat hampir dipastikan bahwa makanan tsb menjadi penyebab alerginya.


... dr Sony Prabowo, Sp.A adalah staf medis pada Siloam Hospital, Bali. Lulusan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya dan residensi pediatrik Davao Doctor Hospital, Davao, Filipina, ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kesehatan untuk masyarakat miskin dan pencegahan aborsi ilegal. Bila Anda memiliki masalah terkait dengan kesehatan bayi dan anak, silakan berkonsultasi dengan dr Sony melalui rubrik ini.
Klik di sini untuk menghubungi dr Sony.