Tips Penggunaan Kalkulator Penurunan Berat Badan

Kalkulator kalori untuk penurunan berat badan hanya memberikan estimasi kasar banyaknya pengurangan asupan kalori yang Anda butuhkan untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Satu kilogram lemak di tubuh Anda setara dengan sekitar 7.700 kalori. Dengan mengurangi asupan 700 kalori setiap hari, Anda butuh 11 hari untuk menurunkan badan sebanyak satu kilogram.  Dalam satu bulan, Anda mendapatkan pengurangan berat badan hampir tiga kilogram. Bagi kebanyakan orang yang punya masalah berat badan, hasil tersebut mungkin tidak cukup cepat. Namun, berhati-hatilah, Anda juga memiliki kebutuhan kalori minimal harian yang harus dipenuhi. Bila Anda mendapatkan asupan kalori kurang dari kebutuhan minimal tubuh Anda, efeknya bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Asupan kalori minimal harian

Asupan kalori minimal harian berbeda-beda pada setiap orang karena perbedaan komposisi tubuh dan tingkat aktivitas. Orang yang banyak menghabiskan waktu hanya duduk-duduk dengan massa otot sedikit tentu membutuhkan kalori yang berbeda dengan orang yang tinggi, berotot, dan banyak berolahraga. Kalkulator yang digunakan oleh MajalahKesehatan.com menghitung kebutuhan kalori minimal harian Anda dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan, serta tingkat aktivitas harian Anda.

Tips menurunkan berat badan

  • Kombinasikan diet dengan olah raga. Seiring waktu, tubuh kita beradaptasi dengan penurunan tingkat kalori. Tubuh kita menjadi lebih efisien dalam menggunakan energi sehingga membakar lebih sedikit lemak. Itulah sebabnya mengapa Anda akan mencapai grafik penurunan berat badan mendatar. Pada titik ini, satu-satunya pilihan adalah meningkatkan metabolisme dengan berolahraga untuk mendobrak stagnasi penurunan berat badan.
  • Hindari efek yoyo. Semakin dekat dengan target berat badan Anda, akan semakin sulit penurunan berat badan dilakukan. Selain membahayakan kesehatan, terus mengurangi asupan kalori hanya akan menurunkan metabolisme tubuh Anda lebih jauh. Ketika Anda kembali ke pola makan semula karena tidak tahan dengan diet ketat Anda,  berat badan akan cepat meningkat kembali. Inilah yang disebut “efek yoyo”. Agar tidak terjadi efek yoyo, cobalah untuk tidak menurunkan asupan kalori lebih dari 1000 kalori.  Lakukanlah pengurangan kalori secara bertahap. Pengurangan tiba-tiba (500 kalori atau lebih) bisa menyebabkan metabolisme Anda melambat.

Daftar kalori beberapa makanan

Sebagai pedoman mudah, tabel berikut berisi kandungan kalori beberapa jenis makanan.

Makanan Kalori
Nasi putih (satu piring) 304
Dada ayam 231
Jagung pipilan (secangkir) 165
Ubi jalar (ukuran sedang) 100
Roti putih (satu potong) 96
Roti gandum utuh (satu potong) 89
Jus jeruk (secangkir) 105
Cheeseburger 300
Keripik kentang (segenggam) 160
Kurma (10 biji) 230
Singkong (sedang) 200
Alpukat (sedang) 276
Yogurt  beku (1/2 cangkir) 117
Hamburger 250
Makaroni dan keju 207
Kentang utuh 237
Steak 158
Pisang besar 105
Telur orak-arik 102
Spaghetti 109

Untuk mendapatkan daftar yang lebih lengkap, Anda perlu merujuk ke buku atau situs pedoman kalori lengkap yang banyak membahas lebih rinci kandungan kalori setiap jenis makanan.


yaslim
Rekomendasi:Yaslim adalah pelangsing alami yang terbuat dari ekstrak daun jati belanda (guazumae folium) dan teh hijau. Keduanya adalah tanaman yang sudah lama dikenal luas sebagai pelangsing dan antioksidan. Yaslim berkhasiat melarutkan timbunan lemak dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).Yaslim cocok bagi Anda pria maupun wanita yang menginginkan tubuh langsing secara sehat dan alami.

2 Komentar

  1. 16 Maret 2011    

    bu dokter klo makanan yang dianjurkan untuk ginjal apa ya, thx ya

  2. dr Salma
    18 Maret 2011    

    @andy, ya makanan apa saja baik untuk ginjal asalkan tidak beracun sehingga membebani kerjanya untuk menyaring. Untuk menjaga kesehatan ginjal, yang penting cukup asupan air/cairan karena ginjal butuh air untuk memproses pembuangan sampah tubuh.

Arsip Artikel
Bergabunglah dengan ribuan orang lain yang secara otomatis mendapatkan artikel baru dari situs ini ke email mereka. Masukkan alamat e-mailmu: