Penyakit Menular Seksual

Trikomoniasis


  Diposting tgl: 25 April 2012

trikomoniasisTrikomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa Trichomonas vaginalis, parasit yang dapat menginfeksi vagina dan saluran kemih. Pada pria, infeksi hanya akan terjadi pada uretra (tabung yang membawa air seni ke penis).

Trikomoniasis bukan kondisi serius, tapi karena sering didiagnosis dengan gonore maka bisa menjadi tanda peringatan untuk infeksi yang lebih serius.

Nama Lain : Infeksi trikomonas, trikomonas vaginalis, TV.

Gejala

Pada pria, trikomoniasis cenderung tidak menunjukkan gejala apapun. Tapi, jika gejala yang muncul, seorang pria biasanya akan mengalami ketidaknyamanan pada uretra atau kepala penis meradang dan sakit. Pada wanita, infeksi biasanya jauh lebih nyaman. Protozoa dapat hidup bertahun-tahun di vagina tanpa menyebabkan sakit. Namun, ketika mulai mengembangkan gejala, infeksi biasanya cukup terlihat. Alat kelamin wanita bisa meradang atau gatal. Selain itu, keluarnya cairan kuning berbusa dari vagina bisa terjadi. Hubungan seksual dapat menyakitkan dan beberapa perempuan bahkan mengalami sakit perut bagian bawah.

Diagnosis

Selain dari pemeriksaan fisik dan wawancara (anamnesis), tes laboratorium dapat diminta oleh dokter jika dia mencurigai trikomoniasis. Dokter atau staf lab akan memasukkan spekulum ke vagina dan mengambil sampel  dengan aplikator berujung kapas (swab).  Sampel tersebut kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Protozoa trichomonas  berbentuk buah pir dan memiliki sejumlah flagela (struktur seperti ekor) pada salah satu ujungnya. Pemeriksaan diagnosis trikomoniasis biasanya dilakukan sekaligus untuk penyakit menular seksual lainnya, seperti sifilis, HIV, gonore, atau klamidia.

Cara Penularan

Trikomoniasis dengan mudah ditularkan dari orang ke orang selama hubungan seks.  Infeksi ini juga dapat menular melalui penggunaan handuk atau lap tangan yang terinfeksi dan dari ibu hamil ke anaknya.

Pengobatan

Trikomoniasis mudah diobati. Dokter dapat meresepkan obat antibiotik (misalnya metronidazol) untuk menghilangkan infeksi. Obat diberikan juga kepada pasangan pasien untuk mencegah infeksi berulang.

Prognosis

Infeksi biasanya sembuh sepenuhnya setelah perawatan antibiotik diselesaikan.  Infeksi ulang bisa terjadi bila pasangan juga memiliki trikomoniasis dan tidak diobati.

Pencegahan

Pencegahan terutama adalah dengan tidak melakukan hubungan seks dengan penderita sampai dia sembuh. Penting juga untuk membersihkan semua handuk, lap, sapu tangan atau apapun yang telah berkontak dengan daerah yang terinfeksi.

Efek Kehamilan

Trichomonas dapat menyebabkan masalah kehamilan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kuman tersebut bisa menyebabkan kelahiran prematur atau berat lahir rendah. Trichomonas dapat ditularkan ke bayi selama kelahiran dan menyebabkan infeksi pada vagina bayi. Hal ini tidak umum dan tidak serius. Jika Anda sedang hamil dan memiliki trikomoniasis, beri tahu dokter atau bidan sehingga mereka dapat membicarakan dengan Anda apakah perlu perawatan.